menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comIndonesiaCuci Foto Sendiri? Ini Ukuran Foto 3×4 dan 4×6 dalam Pixel

Cuci Foto Sendiri? Ini Ukuran Foto 3×4 dan 4×6 dalam Pixel

Ukuran foto 3x4 dalam piksel by teknodaim

Foto adalah salah satu pelengkap dokumen atau berkas-berkas untuk banyak hal, misalnya buat lamaran atau persyaratan pengajuan program tertentu. Jenis foto juga tidak banyak beragam, biasanya hanya dibedakan misalnya ukuran foto 3×4.

Mencetak foto dengan ukuran 3×4 tidak boleh sembarang, kita harus mengetahui berapa piksel sih angka aslinya untuk dicetak. Jika ukurannya 3×4 tapi dalam piksel sangat keci, kualitas foto cetakannya akan mengalami blur alias buram.

Ukuran Cetakan Foto dalam Piksel

Sebagai informasi, piksel adalah representasi sebuah titik terkecil atau unsur gambar yang hitugannya dari per inci. Istilah tersebut berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang sekarang dikenal dengan singkatan Pixel.

Berkaitan erat, resolusi adalah istilah untuk mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi gambar juga berlaku dalam pendefinisian gambar digital, video dan format-format data atau file serupa lainnya. Penting ya!

JANGAN LEWATKAN •
Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Dead Pixel Pada Layar

Resolusi yang kita ubah atau yang didapat dalam keluaran foto menentukan hasil akhir ketika foto itu dicetak nanti. Jika resolusinya lebih kecil, jadi seperti ini:

Ukuran foto 3x4 dalam piksel by teknodaim
Hasil Foto: 354 x 472 piksel | 254 x 339 piksel | 154 x 206 piksel | 54 x 72 piksel

Resolusi juga bisa dikatakan sebagai jumlah piksel dalam standar yang sudah ditentukan secara Internasional. Nah, berapa sih ukuran foto 3×4 dalam piksel?

Ukuran 3×4

Satuan cm

Foto 3×4 dalam satuan cm pada umumnya memiliki lebar 4 cm dengan panjang 3cm. Namun yang biasa kita temui adalah ukurannya dibuat 3.8 cm dengan panjang 2.8 cm. Ada sisa 0.2 cm yang menjadi batas potongan kertas, yaitu garis-garis putih yang pasti ada di setiap cetak foto.

Satuan Piksel

Sedangkan dalam ukuran piksel, 3×4 sama dengan 354 x 472 piksel.

Ukuran 4×6

Sebenarnya ukuran dasar 4×6 dan 3×4 serupa saja, hanya saja sedikit besar. Dalam satuan cm, foto 4×6 sama dengan lebar 6 cm dan panjang 4 cm, namun yang biasa kita dapati adalah panjang 5.8 cm dan lebarnya dibuat masih 4 cm saja.

JANGAN LEWATKAN •
2 Cara Membuat Latar Belakang Foto Blur dan Fokus ke Kamu Sebagai Objek Utama!

Sedangkan dalam satuan piksel, ukurannya adalah 472 x 709 piksel. Jadi jika kamu ingin melakukan cetak foto sendiri, direkomendasikan ikuti saja resolusi yang ada di artikel ini. Supaya resolusinya tepat dan kualitas gambar yang dihasilkan baik.

Buat Kamu yang Pengen Memperbaiki Foto Buram, Coba Ini:

Subscribe Teknodaim di YouTube


Baca Juga:


Semoga sekarang kamu sudah bisa mengerti ukuran foto yang sangat disarankan untuk dicetak. Mungkin ini sangat berguna buat kamu yang pengen cetak foto sendiri, atau buka usaha cetakan foto. Semoga bermanfaat dan tetaplah bahagia.

Tambah Komentar