5 Trik Menambah Keamanan WiFi Agar Tidak Bisa Dibobol!

in , , ,
Trik menambah keamanan wifi by teknodaim

Kamu yang menggunakan dan membayar jaringan WiFi tapi ternyata dinikmati orang lain yang tak kita kenal, pasti sangat mengesalkan. Apalagi ketika aktivitas yang dilakukan orang itu mengganggu kamu, yuk menambah keamanan WiFi.

Salah satu Provider yang sangat sering digunakan adalah IndiHome, yang punya paket sesuai dengan batasan data dan kecepatan. Teknodaim punya solusi buat kamu pengguna yang sering mendapati paket sudah terkuras dari jaringan WiFi.

5 Trik Cara Menguatkan Keamanan WiFi

Sebelum masuk ke trik atau caranya, silahkan lihat terlebih dahulu daftar pengguna jaringan dari WiFi kamu, apakah ada pengguna tidak dikenal. Caranya silahkan akses 192.168.1.1 dan login akun user atau admin. Silahkan Klik Disini.

1. Banned Mac Address

Langkah paling ampuh untuk menghilangkan akses pengguna tidak dikenal adalah dengan memblokir pengguna itu sendiri. Pada panel, pergi ke Network.

  1. Login di 192.168.1.1 terlebih dahulu, disarankan gunakan akun user saja supaya tidak ribet. Jika tidak tahu data login akun user, silahkan tanya ke teknisi atau pihak dari IndiHome.

  2. Pada panel, masuk ke opsi Network dan pilih Associated Devices. Lihat disini apakah ada Mac Address pengguna yang sekiranya tidak kenal, alias pengguna gelap.Trik menambah keamanan wifi by teknodaim

  3. Jika menemukannya, catat Mac Address perangkat itu atau salin saja.Trik menambah keamanan wifi by teknodaim

  4. Sekarang silahkan pergi ke opsi atau pengaturan Access Control List, disini ada kolom untuk memasukan Mac Address tadi. Paste disana dan pilih Mode, ada pembatasan atau Block (Banned).Trik menambah keamanan wifi by teknodaim

  5. Jika sudah, tekan tombol Add dan pemblokiran selesai.


2. Atur Password Unik

Jika kamu penasaran apakah Password pada jaringan WiFi benar-benar diretas (dijebol) atau ada orang lain yang memberitahukannya, kamu bisa lakukan uji coba. Login ke 192.168.1.1 dan masuk ke pengaturan password, lalu ubah.

Buat Password menjadi kombinasi huruf dan angka yang unik dan rasanya akan sulit untuk ditebak-tebak. Contoh, misalnya dibuat jadi seperti 4p4pasww00rdn4.


3. Aktifkan Enkripsi WPA2

Jika cara kedua tadi tidak berhasil dan tetap ada pengguna jaringan WiFi yang masuk tiba-tiba, ada kemungkinan tingkat keamanan yang kamu pasang lemah. Sekarang pergi ke pengaturan 192.168.1.1, pilih Security dan lihat pengamannya.

Jika Authentication Type yang digunakan hanya WPA-PSK atau pengaturan dasar lainnya, ganti ke yang paling aman yaitu 3 kombinasi pengaman seperti di gambar:

Trik menambah keamanan wifi by teknodaim

Selesai.


4. Matikan WPS

Pada panel 192.168.1.1, pergi ke opsi Network dan pilih WPS. Setelah di klik akan muncul tampilan dimana kamu harus mengatur apakah WPS Mode aktif atau tidak, klik opsi itu dan pilih Disable. WPS bisa memungkinkan aplikasi pembobol.


5. Setel Slot di SSD User (Cara Menguatkan Keamanan WiFi)

Jika masih tetap dibobol dan dibobol lagi, berarti kamu harus menggunakan cara terakhir yaitu dengan meniadakan slot atau ruang untuk orang lain masuk ke jaringan. Pada panel 192.168.1.1, silahkan pergi ke opsi SSID Settings.

  • Pilih SSID yang aktif, bila perlu sisakan satu 1 saja.
  • Pada SSID yang aktif, silahkan atur Maximum Clients menjadi sesuai kebutuhan.
  • Jika kamu menggunakan kabel LAN dan tidak ada saudara yang menggunakan jaringan WiFi kamu, kamu bisa mengubahnya ke 0. Sehingga tidak akan ada orang, siapapun yang bisa mengakses jaringan dari WiFi kamu.
  • Selesai.

Itulah tadi trik atau cara menambah keamanan WiFi supaya kamu atau orang-orang yang membayarnya tidak rugi. Oh iya, Teknodaim juga punya Tutorial cara menguatkan keamanan WiFi via konten video, Klik Disini. Di Subscribe juga ya.

Jangan lewatkan •
7 Modem Wifi (MiFi) Murah Terbaik, Ngebut dan Bisa Dibawa Kemana Saja