5 Tips Aman Belanja Secara Online atau di Toko Online

in , ,
Belanja aman secara online by teknodaim

Tidak bisa dipungkiri, jika aktivitas transaksi atau jual beli saat ini sudah sering sekali terjadi secara online. Hal terseut terjadi karena lebih efisien waktu dan lebih mudah, namun bukan berarti tidak ada bahaya. Maka dari itu, pahami tips belanja aman secara Online.

Malah resiko berbelanja barang atau menjual sesuatu di situs Online itu beragam, bisa jadi kualitas barang tidak sesuai keinginan, orang yang jual ternyata menipu dan lain sebagainya. Namun toko-toko Online saat ini sudah menghadirkan berbagai macam fitur canggih.

5 Tips Belanja Aman Online

Buat kamu yang jarang belanja-belanja barang di toko online, harus waspada dan benar-benar memperhatikan banyak hal. Mulai dari tempat atau platform dimana kalian bertransaksi, bagaimana sistem dan metode pembayaran yang akan kalian lakukan.

Berbelanja di situs online shop mungkin menyenangkan, karena berbeda dengan mendatangi toko secara offline. Kita pun tidak perlu repot-repot untuk menjemput barang, malah kita yang diantar barang pesanan oleh kurir. Dan berikut tips belanja aman dari Teknodaim:


1. Tips Umum

Belanja aman secara online by teknodaim
Ilustrasi Anitivirus | Freepik.com

Tips belanja aman secara Online yang pertama adalah harus mengenali jenis situs jual beli yang sedang akan jadi tempat kamu berbelanja. Pahami apakah situs itu termasuk jenis yang menjual langsung barang ke pembeli atau situs yang menyediakan lapak untuk para penjual.

Karena secara konsep dan fungsi, keduanya berbeda. Kemudian wajib untuk menginstal Anti Virus buat kamu pemula yang coba buka-buka situs yang menggunakan embel-embel menjual barang berkualitas. Karena bisa saja, situs itu malah adalah sarang Phising.


2. Tentukan Platform Favorit

Belanja aman secara online by teknodaim
Ilustrasi | Tahupedia

Jika sudah memahami poin atau tips yang pertama tadi, selanjutnya pilihlah Online Shop yang terpercaya. Lihat reputasi dan rating dari toko tersebut, bila perlu tanyakan dulu ke forum-forum dan sosial media. Perhatikan pula peraturan dan kebijakan yang diterapkannya.

Jika ada situs jual beli tidak dikenal yang meminta data-data vital seperti PIN ATM, Password Internet Banking dan berbagai data pribadi rahasia lainnya, jangan pernah mau percaya. Karena bila sebuah platform seperti demikian, bisa dipastikan itu adalah penipuan.


3. Spesifikasi dan Harga Produk

Foto iPhone | Maniak Android

Tips belanja aman Online yang dimaksud dalam hal ini adalah memperhatikan kondisi dan harga produk yang dijual oleh pedagang di toko online, apakah layak, masuk akal atau mencurigakan. Misalnya jika sebuah produk yang mestinya mahal tiba-tiba dijual jauh murah.

Tanyakan kepada penjual, apakah produk yang dijual adalah bekas, bergaransi resmi atau barang Black Market. Sebagai pembeli, pintar-pintar melakukan riset harga. Perhatikan apakah produk yang dijual terlalu mahal atau terlalu murah dan tidak masuk akal atau tidak.

Terutama perangkat elektronik seperti gadget smartphone, laptop, iPhone dan lainnya. Harus lebih berhati-hati dalam melihat kualitas, jangan sampai kamu jadi yang namanya korban produk HDC. Biasanya barang palsu atau tirual dijual dengan harga sangat murah.


4. Metode Pembayaran

Tips paling penting dalam belanja aman secara Online keempat adalah memperhatikan dengan hati-hati lewat apakah transaksi akan dilakukan. Jika memungkinkan, silahkan pilih metode paling aman yaitu dengan melakukan COD atau Cash on Delivery.

Kecuali kalian berbelanja di situs penyedia lapak terpercaya seperti Tokopedia dan semacamnya, disana ada metode otomatis yaitu Rekening Bersama. Jadi jika barang sampai tidak sesuai dengan yang diharapkan, uang kalian bisa di Refund atau batal transaksi.


5. Pengiriman Produk

Ilustrasi | Bisnis Ekonomi

Yang terakhir sebenarnya berkaitan erat dengan poin keempat, dimana dalam hal ini pembeli harus memahami metode atau jasa kurir pengiriman yang disediakan oleh penjual. Jika ada jasa pengiriman asing yang mencurigakan, dan tidak ada sistem Rekber tadi.

Sebaiknya berhati-hati karena bisa saja si penjual sedang berusaha untuk memanfaatkan keluguan kamu dalam bisnis jual beli Online, maka dari itu sebagai pembeli kamu harus pandai memilah domain situs terpercaya. Direkomendasikan ada seperti Tokopedia.


Itulah tadi beberapa tips belanja aman secara Online yang bisa penulis Teknodaim sharing, dan ini bisa dibilang merupakan hasil dari pengalaman pribadi sendiri. Mungkin kamu punya tambahan atau tanggapan sendiri? Tulis di kolom komentar aja ya.

What do you think?