3 Syarat Monetisasi Fanspage di Facebook dan Tips Untuk Menyelesaikannya

in , , , ,
Syarat monetisasi fanspage by teknodaim

Tak mau kalah dengan platform raksasa YouTube, Facebook juga menghadirkan fitur serupa yang mendukung kreator dan penggunanya untuk bisa berkarya. Fitur yang dimaksud adalah Monetize, dan apa saja syarat Monetisasi Fanspage?

Pertama, pahamilah bahwa setiap platform digital punya kebijakan dan aturannya sendiri. Fitur Monetisasi yang tersedia di Facebook sekarang ini juga melarang penyalahgunaan hak untuk menayangkan konten negatif dan bersifat tidak layak.

3 Syarat Monetisasi Video Facebook

Perlu diketahui bahwa terdapat pembagian hasil dari pendapatan iklan kreator dengan pihak facebook. Pembagian hasil adalah 55% untuk kreator dan sisanya, 45% akan diambil oleh Facebook. Lalu yang terpenting, apa saja syarat jadi Ad Publisher?

1. Mempunyai 10.000 Pengikut

Syarat utama yang diterapkan oleh Facebook untuk bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari Fanspage, adalah wajib mendapatkan 10.000 Followers atau pengikut terlebih dahulu. Selisih 9.000 angka dengan syarat yang diterapkan YouTube.


2. Memenuhi Standar Kelayakan

Standar kelayakan Monetize di Fanspage itu seperti apa sih? Baca baik-baik ya agar tidak meleset dan salah paham. Pertama, perhatikan baik-baik isi dan apa yang ditayangkan pada konten video unggahan kamu. Syarat Monetisasi Fanspage.

Yang dimaksud dalam hal ini adalah konten video yang tidak melanggar standar komunitas, seperti tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi dan sara. Jika videomu seperti demikian, maka akan ditolak meski sudah memenuhi standar umum.


3. Mempunyai 30.000 Tayangan dari 1 Video yang Berdurasi 3 Menit

Syarat Monetisasi Fanspage umum yang terakhir adalah wajib mendapatkan jumlah tayangan sebanyak 30.000 pada video berdurasi minimal 3 menit. Hitungan tidak berlaku untuk orang yang menonton video sebelum menyentuh durasi 1 menit.

Buatlah konten video yang menarik, serta gunakan Custom Thumbnail untuk membuatnya lebih menarik. Sebenarnya konsep dari Fanspage mirip seperti YouTube, dimana kita bisa mengubah foto Thumbnail dan melakukan siaran langsung.


Jika kamu adalah seorang kreator yang sudah punya cukup banyak pengalaman di platform lain seperti Youtube, mungkin memenuhi syarat-syarat umum dan kelayakan bukanlah hal yang sulit. Bisa konsisten dan menjaga kualitas konten.

Teknodaim disini juga memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan, untuk belajar dan mendapatkan pengalaman dalam proses memenuhi syarat Monetisasi platform induknya Instagram dan WhatsApp tersebut. Yuk Simak tips-tips nya.


Tips Monetisasi yang Disarankan

Untuk membuat halaman atau Fanspage, yang pastinya kita sebagai pengguna memiliki akun pribadi terlebih dahulu. Nah akun tersebut akan kita gunakan untuk mencari Audiens atau pengikut halaman khusus yang kita buat, lakukan hal ini:

  • Invite atau Undang semua teman Facebook untuk menyukai Fanspage.
  • Rutin Share atau membagikan postingan Fanspage ke akun Facebook Pribadi, dan juga Grup.
  • Gunakan FB Ads.

Syarat monetisasi fanspage by teknodaim
Ilustrasi Facebook Ads | Sproutsocial.com

Ketika syarat sudah memenuhi dan sudah masuk peninjauan, jangan gegabah melakukan hal-hal yang bisa membuat penolakan. Jangan mengunggah sesuatu yang memicu kemarahan orang lain, dan menyebabkan adanya pelaporan (Reporting).

Saat Fanspage sudah masuk masa peninjauan, jangan berhenti berkreasi dalam menghadirakan konten-konten baru. Karena tim Facebook juga akan menilai seberapa kuat konsistensi kamu dalam berkarya, cari insipirasi dan referensi baru.


Sebagai penutup, atuhilah peraturan dan kebijakan yang ada di Fanspage. Karena Facebook punya hak untuk mengcabut Monetises jika didapati atau ditemukan konten-konten yang melanggar (Dismonet). Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Cara Melihat Penghasilan Youtubers Atau Channel Temanmu Sendiri