Serupa Tapi tak Sama, Inilah Perbedaan Cracker dan Hacker

in ,
Perbedaan hacker dan cracker by teknodaim

Setelah di sekmen sebelumnya ada pembahasan tentang 5 Tingkatan Hacker yang ada di dunia berdasarkan kemampuan dan bahayanya, kini kita akan bahas yang lebih spesifik diantaranya. Yaitu perbedaan Hacker dan Cracker, yang sama-sama pembobol.

Mungkin aktivitas mereka secara umum bisa dibilang sama yaitu sama-sama meretas. Namun dalam artian luas, banyak orang yang juga salah pengertian tentang keduanya. Ada yang beranggapan kalau keduanya sama persis dari segala aspek atau segala hal.

Apa itu Cracker, Hacker dan Bedanya?

Secara singkat, Hacker adalah pelaku atau kelompok yang memiliki keahlian peretasan meliputi sistem keamanan program atau situs. Sedangkan Cracker hanya melakukan peretasan terbatas pada program saja, meliputi Software dan aplikasi.


1. Perbedaan Skill dan Batas

Perbedaan hacker dan cracker by teknodaim 1
Gambar Ilustrasi: Apa itu Cracker

Jika didefinisikan, maka Hacker adalah sosok atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk meretas, menyusup dan juga merusak sistem komputer atau sistem operasi yang umumnya melalui serangan dengan menggunakan jaringan internet.

Sedangkan Cracker, dapat disimpulkan sebagai pelaku kejahatan yang selalu merusak sistem atau jaringan yang sudah berhasil ia retas. Misalnya seperti mengubah layanan berbayar menjadi gratis, atau game berbayar yang diubah jadi gratis serta disebarluaskan ke semua orang melalui internet. Perbedaan Hacker dan Cracker.


2. Positif dan Negatifnya

Perbedaan hacker dan cracker by teknodaim 2
Gambar Ilustrasi: Apa itu Cracker

Hacker sudah terlatih, entah itu secara Autodidak ataupun mendapatkan bimbingan tertentu dari sesamanya. Tidak semua Hacker adalah orang jahat yang selalu melakukan hal Ilegal, karena banyak juga Hacker yang bertugas menjaga keamanan.

Sedangkan Cracker adalah orang yang memanfaatkan kemampuan untuk kepentingan sendiri. Parahnya, Cracker menyebarkan program yang berhasil mereka retas dan Crack ke internet secara gratis dan membuat pembuatnya rugi besar.


3. Akses Bahasa Pemrograman

Gambar Ilustrasi: Apa itu Cracker

Hacker bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pemrograman atau Coding, artinya mereka bisa berurusan dengan masalah Coding website dan apapun yang bersifat Open Source. Pekerjaan Cracker juga termasuk dalam bagian mereka.

Sedangkan Cracker, cendung hanya mampu sampai dibatasan sebagai ahli software atau program. Tidak lebih jauh dan bahkan jarang yang mampu menyusupi sistem komputer. Tapi kalau seorang Cracker juga tergolong Hacker, bahaya banget dong.

Bisa dibilang keduanya memiliki perbedaan tentang pemahaman bahasa komputer seperti C, C++ atau bahkan sekedar ilmu dasar yaitu HTML.


4. Tujuan

Gambar Ilustrasi: Apa itu Cracker

Hacker bisa dibilang adalah orang-orang berkemampuan diatas rata-rata yang punya tujuan khusus termasuk memperbaiki sistem yang sudah dirusak oleh Cracker. Dan sebaliknya, Cracker akan berurusan dengan keamanan dari Hacker.


Mungkin kamu punya pendapat lain mengenai apa itu Cracker dan perbedaannya dengan Hacker. Terima kasih sudah mampir di Teknodaim dan semoga ini bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Duh, Ada Celah di Bluetooth yang Bisa Disusupi Hacker?