Perbedaan CV dan PT Sebagai Bentuk Badan Usaha Dalam Dunia Bisnis

in
Apa itu cv dan perbedaan cv dan pt by teknodaim

Selain Perseroan Terbatas atau yang lebih sering disebut PT, ada juga bentuk badan usaha berbasis CV. Apa itu CV dan apa perbedaan CV dan PT? Silahkan Simak pembahasan berikut baik-baik. Keduanya punya ciri-ciri dan mekanisme yang berbeda.

Apa Yang Membedakan CV dengan PT

CV (Commanditaire Vennootschap) atau Perseroan Komanditer adalah badan usaha yang tidak terikat dengan hukum, dan tidak terjerat dengan peraturan tertentu. CV dijadikan sebagai pilihan untuk menjalankan kegiatan Usaha Kecil Mengenah (UKM).

Hal itu tentunya berbeda dengan PT (Perseroan Terbatas), yang pendirinya sudah terikat dengan peraturan tertulis berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Serta PT yang dapat menjalankan berbagai kelas usaha.

Kemudian, CV tidak memungkinkan Warga Negara Asing atau WNA sebagai pendirinya. Namun tetap membutuhkan dua orang WNI minimal untuk terlibat dalam pendiriannya sama seperti PT. Sudah cukup paham apa itu CV sekarang?


Tentang Nama Perusahaan

Building in hand businessmen

Dalam Pasal 16 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007, Nama Perseroan Terbatas sudah diatur dan diwajibkan harus didahului oleh frasa PT seperti contoh misalnya ada PT. Teknodaim Media atau yang besar saat ini PT. Gudang Garam. Tbk.

Kemudian sebuah nama Perseroan tidak boleh sama atau mirip dengan nama PT yang sudah ada dan berdiri sebelumnya di wilayah Republik Indonesia berdasarkan aturan PP No 26 Tahun 1998. Perbedaan CV dan PT yang signifikan.

Sedangkan untuk CV, aturan tadi tidak berlaku bahkan tidak sedikit satu CV dengan CV yang lainnya memiliki kemiripan atau nama yang sama. Apa yang nembedakan CV dengan PT yang besar lainnya adalah pada Modal Usaha mereka.


Modal Usaha Perseroan Terbatas

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, modal usaha dasar Perseroan sudah ditentukan minimal 50 Juta. Kecuali ketentuan lain oleh undang-undang dan peraturan Indonesia yang mengatur pelaksanaan kegiatan usaha tersebut.


Modal Usaha Perseroan Komanditer

Sedangkan pada CV, tidak ada ketentuan khusus. Tentunya ini berarti bahwa CV tidak diwajibkan untuk menerima batasan usaha modal serta tidak adanya sistem kepemilikan saham pada sebuah CV. CV punya jenis Pesero Aktif dan Pesero Pasif.


Tujuan Perseroan Secara Umum

PT atau Perseroan Terbatas didirikan untuk tujuan dan maksud PT Nonfasilitas yang meliputi kegiatan usaha Perdagangan, Pembangunan (Kontraktor), Perindustrian, Pertambangan, Pengangkutan Darat, Pertanian, Percetakan, Perbengkelan, dan Jasa.

Adapun PT usaha khusus adalah sebuah perseroan yang punya tujuan dan maksud meliputi kegiatan usaha Forwading, Perusahaan Pers, Media, Perfilman, Radio Siaran, Pariwisata, Pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut dan lainnya.

Apa itu cv dan perbedaan cv dan pt by teknodaim 3

Sedangkan CV, punya batas tertentu dalam kegiatan usahanya. Artinya CV tidak dapat jadi sebuah badan usaha lengkap seperti PT. Disini juga jadi perbedaan jauh.

Batas mereka hanya pada bidang tertentu saja misalnya, Perdagangan, Pembangunan (Kontraktor) sampai dengan Gred 4, Perindustrian, Perbengkelan, Pertanian, Percetakan, dan Jasa. Sekaran paham apa yang membedakan CV dengan PT?

Selanjutnya, Perseroan Terbatas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengurus proses pendirian serta pengesahan dokumen seperti akta pendirian. Karena harus melalui proses yang sesuai dengan prosuden dari Menteri Hukum dan HAM RI.

Berbeda dengan CV yang dapat berdiri lebih singkat. Karena seperti yang kita bahas tadi, CV tidak terikat dengan UUD tertentu memang tidak membutuhkan pengesahan khusus serta biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah dibanding PT.


Sekarang, apakah kamu sudah paham apa yang membedakan CV dengan PT secara garis besar? Semoga saja sudah ya. Pelajarilah lebih dalam dan detail jika saja kamu ingin mendirikan sebuah badan usaha. Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi: Cermati.com

Jangan lewatkan •
10 Pengusaha Teknologi dan Pebisnis Terkaya di Dunia (Update 2019)

Tinggalkan Balasan