Mengenal Jimmy Donal Wales, Sosok Founder Wikipedia yang Andalkan Donasi

in ,
Jimmy donal wales, dialah founder dari wikipedia by teknodaim

Jimmy Donal Wales – Bagi kalian banyak mencari informasi penting seputar topik yang ada di dunia ini menggunakan internet, pasti pernah bertemu Wikipedia di hasil pencarian (SE). Atau malah kamu selalu mencari informasi kredibel disana?

Terkadang kita juga sering mencari informasi penting terkait topik seperti siapa nama-nama penting dibalik pendiri sebuah Startup atau hal lainnya. Sama seperti tujuan Wikipedia, artikel ini juga untuk menambah wawasan kamu lewat artikel.

Inilah Sosok Pendiri Wikipedia

Meskipun sering mengunjungi Wikipedia, mungkin kamu belum mengetahui siapa sosok pendiri Wikipedia. Orang penting yang ada dibalik situs raksasa tersebut adalah Jimbo (nama panggilan), atau yang bernama Jimmy Donal Wales.

Jimmy sendiri adalah seorang pengusahan Amerika Serikat yang saat ini mengurus Wikipedia dan juga Wikia. Pria berusia 53 tahun yang akrab dipanggil Jimbo ini lahir di Huntsville, Alabama, Amerika pada tanggal 7 Agustus, 1966.

Jimmy donal wales, dialah founder dari wikipedia by teknodaim
Foto Founder Wikipedia | Evening Standard

Beliau mendirikan Wikipedia bersama dengan Larry Singer dan kawan-kawan lain pada tahun 2001 silam. Wikipedia diluncurkan di tanggal 15 Januari 2001. Situs itu tumbuh cepat dan jadi penyaji informasi secara gratis hingga sekarang.


Wikipedia Bahasa Indonesia

Untuk versi bahasa Indonesia, Wikipedia kemudian ada kurang lebih 2 tahun kemudian yaitu pada 30 Mei 2003. Dalam sebuah wawancara dengan Slashdot, ia pernah mengatakan:

Bayangkan suatu dunia di mana setiap orang bisa mendapatkan seluruh ilmu pengetahuan yang ada, itulah yang kami kerjakan.

Untuk saat ini, Wikipedia tersedia lebih dari 285 bahasa Indonesia termasuk juga untuk bahasa Aceh, Jawa, Sunda, Bugis, dan lainnya. Pendiri Wikipedia hebat ya.

Jimmy donal wales, dialah founder dari wikipedia by teknodaim

Dan tahukah kamu, kehadiran situs informasi yang mudah diakses serta gratis ini ternyata telah membunuh platform lain seperti ensiklopedi berbayar tenar seperti Britannica. Seperti yang kita ketahui, Wikipedia ini diciptakan secara kolaborasi.

Dimana informasi atau artikel yang ada disana juga bisa diedit siapa saja. Hal tersebut awalnya diragukan banyak orang, tidak sedikit yang berpikir dan ragu apakah keakuratan artikel Wikipedia bisa dipercaya atau tidak.

Namun sebuah riset dari jurnal ilmiah Nature di tahun 2005 menyatakan bahwa keakuratan Wikipedia hampir setara dengan Britannica. Dan bisa dibuktikan kan?


Penutup

Dengan page views yang bisa dikatakan sangat-sangat tinggi, situs Wikipedia sebenarnya berpotensi mengeruk uang iklan yang tinggi pula. Tapi sejak awal, sang Founder menolak ide pasang iklan bahkan sampai sekarang.

Wikipedia hanya bertahan dengan donasi seiklasnya dari para pengakses. Beliau menyatakan bahwa tujuan utama Wikipedia adalah untuk memberikan akses gratis apapun informasi kredibel untuk semua pengetahuan manusia, hebat ya.

Meskipun sudah jadi situs raksasa, namun situs Wikipedia hingga sekarang hadir untuk memberikan wawasan dan pengetahuan ke masyarakat di seluruh dunia secara gratis. Ada tanggapan yang mau disampaikan? Tulis di kolom komentar.

What do you think?