3 Cara Mudah Update Windows 10 ke Versi Terbaru

in , , , , ,
Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim

Cara Update Windows 10 – Versi terakhir OS Windows dari Microsoft saat ini adalah Windows 10. Para pengguna pun sekarang sudah banyak memilih Windows 10 sebagai sistem operasi mereka. Update Windows versi terbaru.

Sejak rilis di tahun 2015 lalu tepatnya pada bulan Juli, produk resmi dari Microsoft ini kemudian disempurnakan dan rilis versi Windows 10 Final di bulan April 2018. Bagi yang masih menggunakan versi lama, berikut cara memperbaruinya.

3 Cara Update Versi Terbaru Windows 10

Sekedar pengingat. Untuk dapat menggunakan layanan dan fitur-fitur dari Windows 10 dengan leluasa, silahkan lakukan Aktivasi terlebih dahulu. Jika sudah siap berikut tiga metode yang dapat kamu lakukan untuk Update OS Windows 10.

Di antara metode Update Assistant, Media Creation Tool (MCT) dan Windows Update secara manual yang sudah dijelaskan tadi, mana nih yang bakal mampu kamu ingat dan bisa dilakukan dengan mudah? Silahkan tulis di kolom komentar.

1. Update Assistant

Metode yang pertama adalah menggunakan sebuah Software namun bukan dari pihak ketiga, melainkan sebuah software resmi yang disediakan dari Microsoft sendiri. Sebelum melakukan Update dengan metode ini, persiapkan hal berikut:

  • Pastikan Jaringan Internet yang digunakan stabil, serta punya Kuota yang cukup apabila sedang tidak menggunakan WiFi. Karena ukuran Update Windows 10 bisa 2 sampai 4 GB lebih.
  • Unduh Windows 10 Update Assistant versi terbaru disini (5.47 MB).
  • Backup data penting (disesuaikan)
  • Buat Recovery Drive (disesuaikan)

Langkah Update Windows Versi Terbaru dengan Update Assistant


Buka Update Assistant yang sudah diunduh tadi dan pilih Update Now.

Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim

Setelah itu, kamu akan masuk ke tahap berikutnya yaitu pemeriksaan apakah Hardware yang digunakan sudah Kompatibel atau tidak. Jika sudah OK seperti pada gambar, lanjutkan dengan klik Next dan tunggu proses Update selesai.

Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim 1
Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim 2

Setelah Progress dari Update sudah mencapai 100% dan selesai, maka Windows akan meminta kamu untuk melakukan Restart sistem operasi. Pilih Restart Now untuk Finishing atau menyelesaikan tahap terakhir.

Setelah itu, ikuti Wizard Windows 10 Fall Creators Update hingga seluruh proses selesai untuk bisa mulai menggunakan sistem operasi Windows 10 versi terbaru.

Untuk mengecek apakah sudah betul atau belum, ketik Winver di kolom pencarian Windows 10 kemudian Enter. Windows 10 Final tampak pada gambar:

Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim 3

Baca Juga:


2. Media Creation Tool

Metode berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan MCT atau Media Creation Tool. Silahkan unduh Media Creation Tool resmi dari Microsoft disini.

Unduh Media Creation Tool Disini

Buka MCT kemudian kamu akan melihat tampilan pada gambar berikut, silahkan pilih Upgrade this PC now dan tekan pilihan Next.

Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim 4

Setelah proses Download atau Unduh selesai, maka akan muncul halaman yang berisi tentang License Terms. Silahkan pilih Accept untuk melanjutkan.

Cara update windows 10 ke versi terbaru by teknodaim 5

Setelah kamu menyetujui License terms tadi, maka Media Creation Tool akan memeriksa apakah ada pembaruan. Jika tersedia, maka Update otomatis akan mulai berjalan. Tunggu sampai selesai dan klik Instal saat ada Ready to install.

Pastikan pilihan Keep personal files and apps dalam keadaan ceklist atau centang agar software dan file milikmu tidak ikut hilang. Kemudian tunggu saja sampai selesai.


3. Windows Update

Cara ketiga sekaligus yang terakhir dalam daftar ini adalah dengan melakukan Update Windows lewat Windows Update, yang memang tersedia pada fitur Windows 10 sendiri. Jika tidak suka otomatis, kamu bisa Update Manual.

Untuk melakukan Update, silahkan buka Settings atau Pengaturan. Kemudian pilih opsi Update & Security, setelah itu klik tombol Check for updates.

Dengan mengklik Check fo updates, maka Windows akan mulai melakukan unduh untuk pembaruan, satu langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah klik Restart Now. Setelah itu maka tungguhlah Update Windows 10 sampai selesai.


Jangan lupa untuk menyesuaikan sistem operasi Windows sesuai dengan yang kompitabel antara OS 32 bit dan 64 bit. Jika belum paham kamu bisa baca artikel tentang perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dan 64 bit di halaman berikut:

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit.


Itulah tadi tips sekaligus Tutorial bagaimana untuk melakukan pembaruan sistem atau Update versi terbaru OS Windows 10. Sekian saja dan semoga bermanfaat.


Referensi & Sumber Gambar: Berakal.com

5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *