2 Metode Online Untuk Menghindarkan Anak dari Konten Negatif di Internet

in , , , , ,
Cara menjaga anak dari konten negatif dan cara menjaga anak di internet by teknodaim

Internet adalah salah satu jaringan yang sangat luas bahkan tidak terbatas, maka dari itu siapapun dapat mengaksesnya. Termasuk dari kalangan anak-anak, dan disinilah harus ada peran orang tua untuk cara menjaga anak di internet serta perlu melakukan cara menjaga anak dari Konten Negatif dengan benar. Yuk bahas sama-sama.

2 Cara Aman Anak Berinternet

Sejauh ini, mesin pencari seperti Google di Indonesia sudah dibatasi oleh Safe Search atau mesin pencari yang sudah diamankan dengan adanya pendeteksi hasil konten. Serta Internet Positif yang memblokir situs dan platform tidak pantas.

Meskipun begitu, tetap saja selalu ada konten baru yang bisa hadir kapan saja di internet, sosial media dan berbagai platform lainnya. Hal pertama yang wajib dilakukan orang tua adalah menemani si anak saat mengakses sesuatu di internet.

Kemudian ajari mereka tentang pentingnya menjaga privasi data dan informasi identitas personal, seperti tanggal lahir, tempat tinggal dan juga jangan nama sekolahnya sembarangan di internet. Kemudian instal software pemantau aktivitas anak berikut:


1. Download Qustodio

Cara menjaga anak dari konten negatif dan cara menjaga anak di internet by teknodaim 1

Qustodio adalah sebuah aplikasi yang tersedua untuk pengguna gadget berbasis iOS, Android dan pengguna Windows (PC atau laptop). Dengan aplikasi ini, orang tua bisa memantau apa saja yang dibuka oleh anak untuk beberapa waktu terakhir.

Coba Qustodio Disini


2. Download NetNanny

Cara menjaga anak dari konten negatif dan cara menjaga anak di internet by teknodaim

Solusi parental berikutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengunduh NetNanny, yaitu aplikasi yang kompitabel untuk beberapa platform, mulai dari Windows, Mac, Android dan iOS. Layanan ini tergolong premium atau berbayar.

Dengan adanya NetNanny, orang tua bisa mengetahui aktivitas anak di jejaring sosial. Mulai dari nomor telepon yang datang dan keluar, lalu lintas email, SMS dan pesan multimedia lainnya di internet. Tips-tips ini bersumber dari Detik Inet.

Coba NetNanny Disini


3. Cek Riwayat Akses Anak di Browser

Cara menjaga anak dari konten negatif dan cara menjaga anak di internet by teknodaim

Kemudian yang paling umum atau yang paling mudah, orang tua sebelumnya harus mempersiapkan akun khusus seperti akun Google yang akan digunakan untuk anak melakukan akses internet. Orang tua juga harus login akun tersebut di gadget mereka.

Pada suatu waktu ketika orang tua ingin mengetahui apa saja aktivitas si anak, apa yang ditonton di Youtube, situs apa yang di akses dan lainnya dapat di cek melalui Google Activity. Atau bisa cek riwayat akses dan penelusuran di Browser.

Coba Fitur Melihat Aktivitas Akun Google Disini


Itulah tadi beberapa tips cara menjaga anak di internet atau cara menjaga anak dari konten negatif dari berbagai sisi di dunia maya. Cara aman anak berinternet wajib diterapkan oleh para orang tua, karena menyangkut efek ke masa depan nanti.

Jangan lewatkan •
Negara dengan Pengguna Ponsel Paling Boros Paket Internet, Apakah Indonesia Juga Ikut?