Begini Cara Ampuh Mengatasi dan Basmi Virus Shortcut Tanpa Software

in , , , ,
Cara mengatasi virus shortcut dan cara menghapus virus shortcut by teknodaim

Virus Shortcut adalah salah satu jenis virus berbahaya yang sering menjangkit laptop dan komputer yang biasa didapat ketika kita mengunduh sesuatu di internet. Bagaimana cara mengatasi virus shortcut serta cara membasmi virus shortcut? Simak berikut.

Virus shortcut adalah virus yang muncul dengan bentuk shortcut-shortcut bercabang (Cloning), yang menghantui dari virus ini adalah meskipun sudah dihapus tetap saja akan kembali. Penyebarannya pun sangat cepat terhadap file lain.

Virus Shortcut Dapat Menular?

Sebelum bahas mengenai cara mengatasinya, ketahuilah apa saja yang akan diakibatkan oleh virus ini jika dibiarkan terlalu lama. Virus shortcut akan menyebabkan virus ini menciptakan file induk bernama database.mdb.

Kemudian setiap drive dan folder akan otomatis diisi file autorun.inf oleh virus ini. Selain itu virus shorcut juga akan menciptakan berbagai file cabang lain seperti microsoft.ink dan extensi.ink di banyak folder.

Jika kamu coba untuk membuka file asli, maka foldernya akan mulai disusupi virus dan akan ada banyak sekali shorcut yang bercabang. Biasanya akan ada folder Recycle yang hanya berisi file dengan nama angka yang panjang.

Parahnya lagi, virus ini bahkan dapat menular ke perangkat lain yang tidak menggunakan software antivirus. Hal itu bisa terjadi saat Flashdisk atau USB Drive dihubungkan untuk transfer data dari perangkat yang sudah terjangkit virus shortcut kemudian dihubungkan juga ke perangkat lain.


Cara Menghapus Virus Shortcut dengan Ampuh

Oke, poin utama kita adalah untuk membasminya. Cara membasmi virus shortcut atau cara mengatasi virus shortcut yang akan dilakukan adalah menggunakan perintah CMD (Command Prompt). Apa itu CMD? Silahkan Baca Selengkapnya Disini.

  • Buka Command Prompt lewat Start atau tekan Windows + R bersamaan dan ketik CMD.
Cara mengatasi virus shortcut dan cara menghapus virus shortcut by teknodaim
  • Kemudian masukan drive atau penyimpanan yang terjankit virus shortcut, misalnya Drive C. Maka ketik C: lalu tekan Enter.
Cara mengatasi virus shortcut dan cara menghapus virus shortcut by teknodaim 1
  • Setelah itu ketik perintah ini pada CMD > attrib -s -r -h /s /d dan tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat, silahkan periksa apakah perangkat kamu masih terjankit virus atau tidak lagi.

Baca Juga:


Sekian saja mengenai solusi dari masalah virus shortcut. Jika ada tambahan atau sesuatu yang ingin disampaikan terkait pembahasan ini dari kalian, silahkan tulis di kolom komentar, kita diskusikan bersama. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *