Cara Jitu Mengatasi Situs Atau Blog Kita yang Terkena Kloning (Copy Paste Perfect)

in , , ,
Cara mengatasi kloning web by teknodaim

Salah satu tantangan dari pengelola atau pendiri situs, adalah konten mereka yang dibayang-bayangi oleh pencurian. Bahkan ada yang namanya Copy Paste Perfect, mencuri semuanya. Lalu adakah cara mengatasi Kloning Web yang ampuh?

Tentu ada, cara yang akan kita bahas berikut bahkan juga berguna untuk Blogger mengamankan konten-konten di Blog mereka. Apalagi Kloning atau Mirror yang dilakukan bukan hanya pada konten, tetapi meliputi desain hingga ke akar-akarnya.

Cara Mengatasi Copas Blog dan Website

Ingat! Cara berikut disarankan untuk situs kalian yang benar-benar terkena Plagiat secara keseluruhan. Misalnya ketika kalian membuat postingan atau mengunggah konten, dan situs Kloning akan melakukan hal yang sama juga.

Cara mengatasi kloning web by teknodaim
Gambar: Asse-Prism

Sebelum mencobanya, ada baiknya untuk menghubungi si pemiliki situs Plagiat tersebut lebih dulu. Perfect Copy 100% memang menyakitkan dan merugikan SEO yang sudah kita rancang, namun itulah resiko dunia Blogging dan konten kreator.

  • Cobalah untuk mengganti Hosting atau VPS yang digunakan.
  • Mengganti server juga tentunya akan mengganti IP.
  • Jika situs Plagiat melakukan hal yang sama dan tetap dapat melakukan copas, lakukan sebuah percobaan.
  • Cobalah untuk mengarahkan DNS ke Random IP.

Jika cara diatas gagal dan situs kloning masih tetap dapat mencuri apapun yang kita buat di situs aslinya, berarti settingan DNS domain kamu sudah dibuatnya seperti satu tubuh dengan situs Mirror miliknya. Dan akan terus menyalin secara otomatis.

Cara mengatasi kloning web by teknodaim 1
Gambar: Ensiklo

Satu cara jitu terakhir yang ampuh sebagai cara mengatasi Kloning Web, silahkan pasang Javascript berikut ini di situs milikmu yang terkena Plagiat.

<script type=”text/javascript”>if(document.location.hostname.split(“”).reverse().join(“”) != ‘moc.odnisremina’){var e = document.body;e.parentNode.removeChild(e);window.location.replace(“https://”+”moc.odnisremina”.split(“”).reverse().join(“”)); }</script>

Keterangan: Untuk di bagian Bold (moc.odnisremina) diganti dengan Reverse Teks Domain kamu, untuk mendapatkan kode Reverse-nya silahkan buka browserling.com/tools/text-reverse dan Convert Domain situs kamu disitu.

Kemudian Copy dan Paste Script yang saya tempel diatas ke bagian Footer Website kamu, atau bisa kamu jadikan Widget HTML khusus. Cara mengatasi copas Blog atau Website yang satu ini benar-benar Worth Ith. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
5 Kelebihan Blogger dari Platform Serupa yang Lain