Begini Cara Membedakan Akun Instagram Asli dan Plagiat

in , , , , ,
Cara membedakan akun instagram asli dan palsu by teknodaim

Instagram adalah salah satu sosial media populer yang menjadi media antara kreator untuk bisa eksis dengan konten mereka disana. Sayangnya, banyak juga memplagiati pengguna lain dengan tujuan tertentu. Bagaimana cara membedakan Akun Instagram Asli dan Palsu? Silahkan pahami dan simak artikel ini dengan benar sampai akhir.

Cara Mengenali Akun Instagram Asli atau Palsu

Para plagiat atau akun palsu yang dibuat oleh seseorang, biasanya dimanfaatkan untuk keuntungan komersil juga. Misalnya dengan mendapatkan Follower atau pengikut banyak yang tersasar, maka si plagiat dapat membuat dirinya atau brand miliknya tenar lewat pengikut-pengikut salah sasaran tadi. Ini juga pemalsuan data.

Cara membedakan akun instagram asli dan palsu by teknodaim
Gambar: Instagram

Banyaknya pengguna Instagram dan jangkauannya yang luas, semakin mendorong para pemalsu data untuk lebih sering melakukan kejahatannya. Akun palsu biasanya adalah plagiat akun dari seorang tokoh publik atau artis terkenal.


Mengenali Akun Plagiat

Cara membedakan akun instagram asli dan palsu by teknodaim 2
Gambar: Contoh Akun Official atau Akun Asli
Cara membedakan akun instagram asli dan palsu by teknodaim 1
Gambar: Salah Satu Akun Instagram Unofficial (Palsu)

Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut agar bisa mengenali akun asli yang akan di follow. Follower banyak, akan dimanfaatkan pelaku kejahatan di Instagram untuk mengiklankan produk mereka. Pelaku plagiat kebanyakan bersifat anonim.


1. Mengikuti Orang Secara Acak

Pertama, akun bodong atau akun palsu biasanya mengikuti orang-orang dari negara lain. Dan mengikuti akun yang tidak jelas identitasnya, bahkan si penggunanya sendiri pun tidak kenal sama sekali. Itu biasanya akibat Auto Follow.

Selain itu, pemilik akun palsu lebih cenderung malas untuk menulis komentar secara manual. Pemilik akun palsu juga sering berkomentar di banyak postingan.

Mereka memilih jalur instan dengan menggunakan Bot Khusus agar dapat berkomentar dengan kalimat yang sama dan di banyak postingan, yang terjadi secara otomatis dalam rentan waktu yang bisa mereka tentukan. Pernah lihat?


2. Perbedaan Lencana

Jika kamu ingin mengikuti tokoh publik ternama, pastikan ada tanda centang biru di sebelah nama penggunanya. Tanda centan tersebut merupakan tanda bahwa mereka telah di verifikasi sebagai pengguna resmi atas akun mereka yang benar.

Sedangkan si plagiat atau pengguna akun palsu, mungkin bisa saja punya banyak pengikut. Yang tersesat akibat salah kira, tapi pengguna akun palsu atau akun seorang tokoh publik tidak memiliki tanda centang atau ceklist biru di akunnya.


Baca Juga:


3. Perbedaan Engagement

Kemudian, perbedaan paling signifikan untuk membedakan akun palsu dan asli adalah dengan melihat jumlah aktivitas. Salah satunya adalah spam postingan.

Biasanya, akun plagiat cenderung punya pengikut yang tak sebanding dengan aktivitas akun, misalnya akun palsu yang punya banyak pengikut tapi mendapatkan like dan komentar yang jauh lebih sedikit di setiap postingannya.


Itulah tadi pembahasan mengenai cara membedakan akun Instagram asli dan palsu yang dapat kamu pahami agar lebih bisa berhati-hati di sosial media. Siapa tau kamu jadi target penipuan si plagiat, sekian saja dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Melupakan Password Akun Instagram Secara Tak Sengaja? Begini Cara Mengatasinya