Mengenal UI (User Interface) dan Fungsinya

in , , ,
Mengenal apa itu user interface by teknodaim

Pernahkah terlintas di telinga kamu istilah UI alias User Interface? Mungkin belum ya. Untuk para masyarakat khususnya yang rajin aktif menggunakan perangkat komputer, ada baiknya untuk memahami pengertian dari apa itu User Interface. Yuk simak pembahasannya.

Berdasarkan lansiran dari Wikipedia, UI bisa diartikan sebagai bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna perangkat elektronik seperti gadget smartphone atau laptop. User Interface jadi penghubung antara pengguna dan sistem operasi.

Mengenal UI (User Interface)

Secara gamblangnya, UI akan membuat pengguna dengan sistem operasi terhubung, jadi sebuah perangkat gadget bisa berjalan atau beroperasi. Singkatnya, UI adalah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat, seperti menggunakan tangan pada Touchscreen.

Tampilan antarmuka itu disebutlah dengan istilah User Interface, dimana program tersebut merupakan cara pengguna berinteraksi dengan sebuah perangkat elektronik. Istilah tersebut juga sering digunakan sebagai pengganti HCI atau Human Computer Interaction.

Mengenal apa itu user interface by teknodaim
Gambar Ilustrasi Fungsi UI | Testxperts.com

UI sendiri bisa dibilang adalah aspek yang memiliki kaitan dengan komunikasi antara pengguna dengan perangkat terutama soal Software alias perangkat lunak, termasuk juga aplikasi-aplikasi di smartphone. Simak lanjut pembahasan apa itu User Interface.

User Interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme interaksi dari Hardware ke Software sehingga membentuk pengalaman penggunaan. Dalam hal ini bisa dilihat, dipahami dan juga dimanipulasi dengan alat khusus seperti keyboard, mouse dan layar sentuh.


Fungsi UI

Jika sudah bisa mengenal UI berdasarkan pembahasan diatas, sekarang kita sama-sama bahas mengenai fungsinya. Apa fungsi dari User Interface yang dapat dijelaskan? UI yang bisa paham dengan mudah disebut dengan User Friendly, mungkin termasuk kamu.

Bisa dibilang User Interface berfungsi sebagai jembatan informasi dari sistem operasi ke penggunanya, sehingga bisa digunakan untuk fungsi tertentu. UI yang ada biasanya berbentuk Command Line Interface, Graphic User Interface, USB dan juga Apple Desktop Bus.

Mengenal apa itu user interface by teknodaim
Foto Ilustrasi | Wikipedia

User Interface tentunya menyajikan metode input dan output. Dengan begitu pengguna bisa melakukan input dan output data dan merekayasa data dengan keperluan yang pengguna butuhkan. Yang paling umum misalnya memanfaatkan perintah teks menggunakan keyboard.

Atau yang sulit, ada menjalankan sistem operasi atau perintah tertentu menggunakan CMD. Perlu diketahui bahwa, hampir semua program software menggunakan komponen yang kinerja GPU nya bisa menginput dan memanipulasi perintah serta data.


Kesimpulan Tentang User Interface

Contoh UI yang bisa dipahami dengan mudah misalnya ada pengguna yang kenal dengan tema dan skin Aero, Redmon, dan XP, dan CMD. Setiap platform atau perangkat memiliki User Interface yang berbeda-beda. Ada juga UI berdasarkan Runtime seperti GTK+ dan Java.

Kesimpulannya, UI atau User Interface adalah metode dan bisa dibilang cara pengguna bisa mengoperasikan sebuah perangkat elektronik menggunakan perangkat bantu tertentu, seperti membuat perintah pada monitor menggunakan keyboard dan juga mouse.

Sekarang mengerti apa itu User Interface, atau punya informasi tambahan seputar topik pembahasan ini? Coba deh kasih tau kita di kolom komentar. Dan juga, Subscribe Channel Teknodaim di Youtube ya, karena disana banyak konten informatif seputar teknologi.

What do you think?