Mengenal Apa itu Rekber dan Pulber, Serta Perbedaan Keduanya

in ,
Apa itu rekber dan apa itu rekber serta perbedaan rekber dan pulber by teknodaim

Melakukan transaksi jual beli online dengan pembeli langsung kirim uang dan terima barang adalah cara yang berisiko saat ini. Banyak lapak online berkedok penipuan saat ini. Mari kita bahas perbedaan Rekber dan Pulber, apa Itu Rekber dan apa itu Pulber.

Rekber dan Pulber Sebagai Jasa Pengaman Transaksi

Rekber dan Pulber adalah kedua istilah yang dasarnya sama-sama sebagai jasa pengaman transaksi oleh pihak ketiga antara pembeli dan penjual. Saat ini kedua metode ini sudah banyak digunakan oleh para pedagang dan toko-toko online.

Dengan adanya Rekber dan Pulber, maka pelanggan akan mendapatkan fasilitas yang baik agar dapat menaruh kepercayaan mereka. Sistem keduanya pun secara umum punya prosedur dan tata cara yang sama. Tapi tetap punya perbedaan, yuk bahas.


Mengenal Apa Itu Rekber

Apa itu rekber dan apa itu rekber serta perbedaan rekber dan pulber by teknodaim 1
Gambar: Inwepo

Rekber adalah singkatan dari Rekening Bersama. Rekber adalah jasa atau layanan rekening pihak ketiga yang akan menampung uang transaksi yang dikirim oleh pembeli. Rekber bisa diandalkan ketika kita bertransaksi Online tanpa harus COD.

Rekber punya syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Secara singkatnya, Rekber menjadi perantara yang mengamankan uang dari transaksi yang kemudian di proses tergantung bagaimana Deal dari dua pihak antara penjual dan pembeli.

Sistem Kerja Rekber:

  • Penjual dan Pembeli sepakat menggunakan Rekber (Jasa Terpercaya).
  • Pembeli akan melakukan transfer uang terlebih dahulu.
  • Dana transaksi dikirimkan ke jasa Rekber.
  • Rekber bertugas untuk mengamankan dana tersebut.
  • Penjual menyerahkan barang fisik atau non-fisik ke pembeli.
  • Pembeli akan mengecek barang atau produk tersebut hingga benar-benar aman dan deal.
  • Jika sudah, pembeli akan mengonfirmasinya dan dana bisa dilanjutkan oleh jasa Rekber ke penjual.
  • Rekber mendapatkan Fee atau dana upah atas jasanya.

Rekber sudah tersedia dalam bentuk sistem otomatis saat ini, seperti yang diterapkan berbagai Startup Unicorn seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Namun di sosial media, Rekber juga tersedia dalam bentuk layanan manual.


Mengenal Apa itu Pulber

Apa itu rekber dan apa itu rekber serta perbedaan rekber dan pulber by teknodaim 2
Gambar: Suryaazuya

Dibandingkan dengan Rekber, jasa Pulber adalah penampung dana atau saldo berupa pulsa elektronik. Pulber adalah singkatan dari pulsa bersama, artinya peran jasanya hanya menerima transaksi yang dilakukan menggunakan pulsa saja.

Jika Rekber melayani dan dapat memproses transaksi dengan uang yang di transfer melalui Rekening Bank, maka Pulber menerimanya. Melainkan mereka akan bersedia jadi jasa pengaman transaksi hanya jika menggunakan pulsa sebagai pembayarannya.

Untuk prosedur dan sistem kerja yang digunakan Pulber, tidak beda jauh dengan Rekber. Hanya saja Pulber lebih dominan tersedia pada transaksi di grup atau akun-akun ringan seperti akun game dan Voucher. Terutama jual beli di Facebook.


Perbedaan Rekber dan Pulber

Kesimpulannya, Rekber adalah jasa pengaman atau perantara transaksi dari penjual dan pembeli yang hanya menggunakan pembayaran berupa uang atau Saldo Rekening. Sedangkan Pulber, adalah jasa sama yang hanya menerima pembayaran pulsa.


Baik Rekber maupun Pulber, punya tujuan yang sama yaitu untuk menjaga proses transaksi online antara penjual dan pembeli dari tindak kejahatan dan penipuan. Maka dari itu, carilah jasa Rekber dan Pulber yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
5 Jalan yang Bisa Kamu Tempuh Untuk Menghasilkan Uang dari Internet di Era Millennial Ini