Mengenal Sejarah, Fungsi dan Cara Mengelola HTML (Ilmu Bahasa Pemrograman)

in ,
Apa itu html

Dunia teknologi tak lepas dari hadirnya berbagai inovasi baru termasuk untuk urusan Coding atau bahasa pemrograman salah satunya seperti HTML. Apa itu HTML, apa fungsi HTML dan bagaimana cara membuat HTML yang benar?

Disini kita akan memahami bersama mengenai HTML dan hal-hal yang ada di sekelilingnya. Agar lebih paham, simak pembahasan ini baik-baik sampai akhir.

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hipertext Markup Language, kata pertama dari ketiganya meliputi Hypertext adalah text yang memiliki fungsi sebagai wadah pemindahan alamat url atau yang dikenal link dari satu halaman ke halaman lain.

  • Sedangkan Markup Language bisa disebut sebagai HTML Tag.

Jika kamu sering membaca informasi atau menggunakan suatu layanan di sebuah situs atau Website, kamu sedang mengunjungi halaman yang tersusun dari HTML loh termasuk Teknodaim ini juga. Bahasa tersebut diterjemahkan oleh Komputer.

Namun HTML perlu dukungan untuk menyempurnakan fitur dan tampilannya menggunakan CSS dan juga PHP. Penasaran bagaimana contoh HTML yang menyusun website yang punya tampilan menarik serta nyaman saat di akses?

Apa itu html & Cara Membuat HTML by teknodaim

Gambar diatas merupakan salah satu contoh kerangka HTML yang menyusun bagian Footer atau bagian atas menu suatu situs. Ini hanya contoh kerangka jadi.


Sejarah HTML

Gambar: Prototypr

Hipertext Markup Language atau HTML sendiri awalnya diciptakan tahun 1980 lalu oleh sebuah perusahaan Hardware yang terkenal yaitu IMB atau singkatan dari International Bussiness Machines. Mereka yang membuat penemuan ini.

Perusahaan tersebut berhasil menciptakan sebuah bahasa dari kombinasi antara tag tertentu dengan teks, awalnya bahasa tersebut disebut dengan GML atau Geeneralized Markup Language. Inovasi baru dari cara membuat HTML.

Gambar: HTML Adalah Penempuan dari IBM

Kemudian di tahun 1986, perusahaan tersebut mengubah istilah itu menjadi Standart Generalized Markup Language dan ditetapkan sebagai standar untuk membuat dokumen. Penetapan diterapkan terhadap kegiatan kerja terkait.

Berlanjut di tahun 1989, penemuan International Standart Organization dapat inovasi baru dari sebuah tim yang dipimpin oleh Berners Lee (CERN).

Mereka berhasil membuat bahasa pemrograman untuk dokumen yang sampai saat ini dikenal dengan sebutan HTML. Hingga saat ini, HTML sudah punya versi terbaru yaitu HTML5. Versi terbaru dari generasi sebelumnya yaitu XHTML.


Baca Juga:


Apa Fungsi HTML?

HTML sangat berperan dan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi saat ini, terutama untuk urusan situs atau website. HTML adalah pondasi dasar sebelum domain dan bahasa seperti CSS, Javascript maupun PHP.

Selain itu, Tag pada HTML memiliki tugas tersendiri masing-masing, seperti membuat teks tebal, teks miring, teks bergaris dan membuat teks bergaris bawah.

Fungsi HTML lainnya adalah untuk memisahkan setiap bagian suatu website dan Blog. Jika kamu pernah di dunia Blogging, pasti tahu dengan Template yang terdiri dari navigasi, header, footer dan bagian khusus untuk menampilkan konten.

HTML juga memiliki peran untuk memisahkan bagian-bagian tersebut dengan memberikan tanda. Untuk saat ini, itu saja pengenalan terhadap HTML yang bisa Teknodaim sampaikan. Semoga kalian jadi lebih paham tentang apa itu HTML.

Untuk pengelolan HTML sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan dan layanan yang akan dibuat. Jika kamu ingin membantu menyempurnakan penjelasan ini, silahkan tulis tambahan tentang HTML di kolom komentar.


Referensi: Mas Tekno

What do you think?