Mengenal Domain, Fungsi dan Pilihannya yang Beragam Pada Sebuah Situs

in
Apa itu domain, domain adalah dan apa fungsi domain by teknodaim

Sama seperti sebuah komputer yang punya IP Addres dan DNS, sebuah website atau Platform juga memiliki alamat atau IP Addres sendiri sebagai struktur dasarnya. Salah satu yang utama adalah Domain, apa itu Domain dan apa fungsi Domain?

Pengertian Domain

IP Addres sendiri terdiri dari susunan 4 bagian yang masing-masingnya dibatasi oleh tanda titik dan memiliki nilai range dari 0 hingga 255. Mengenal Domain.

Domain adalah alamat khusus, string identifikasi yang mendefinisikan ranah otonomi administratif, wewenang atau kendali dalam Internet. Sederhananya, Domain adalah alamat pengganti premium agar lebih mudah diingat dan di akses.

Dengan adanya Domain, maka sebuah situs atau Platform punya identitas atau nama pengenal sendiri berbeda dari yang lain yang terhubung dengan web server atau bisa juga mail server di sebuah jaringan komputer atau jaringan internet.


Fungsi Domain

Apa itu domain domain adalah dan apa fungsi domain by teknodaim
Gambar: WP Beginner

Dengan Domain, maka situs yang kita buat secara otomatis akan di kelola atau diatur semuanya oleh DNS (Domain Name Server). Paham mengenai apa itu Domain sampai sini? Jika belum, coba pahami lagi penjelasannya yang ada diatas.

Setelah situs kita terhubung dengan DNS yang benar, maka akan berlanjut ke IP Server. Alamat IP tersebut adalah perantara antara komunikasi komputer dengan domain sehingga menampilkan halaman sesuai dengan yang diakses pengguna.

Dasarnya, Domain memiliki fungsi sebagai indentitas unik yang membedakan sebuah situs dengan situs lainnya. Kemudian juga merupakan hal yang perlu dimiliki agar situs mudah di Indeks mesin pencari dan ciri khas situs itu sendiri.


Jenis-Jenis Domain

Domain Name System atau DNS punya beberapa tingkatan yang sering digunakan oleh pengguna Blog atau Platform Builder saat ini, diantaranya adalah:


Top Level Domain

Gambar: Pengertian Domain

Top Level Domain atau Ekstensi adalah bagian penting yang menjadi pembeda identitas situs dengan situs lain yang menggunakan nama domain yang sama. Top Level Domain adalah seperti .com, .net, .org dan lainnya – Apa fungsi Domain.

Top Level Domain juga memiliki jenis-jenis tersendiri atau Country Code Top Level Domain disingkat (ccTLD), yang terbagi khsus untuk setiap negara yang berbeda. Misalnya seperti .id (Domain negara Indonesia), dan .jp (Domain negara Jepang).


Second Level Domain

Contoh Second Level Domain

Kemudian ada Second Level Domain, yaitu bagian yang terletak di tengah atau sebelah kirim dari Top Level Domain. Seperti Teknodaim.com, maka Teknodaim adalah Second Level Domain atau nama identitas domain dari sebuah situs.


Third Level Domain

Third Level Domain termasuk ke domain cabang atau bagian kecil yang dapat digunakan namun juga tidak. Misalnya seperti www.teknodaim.com, maka www adalah Third Level Domain sebuah situs atau ada lagi seperti otaku.dafunda.com.

Ketiga bagian utama dari Domain tadi memiliki fungsi masing-masing yang sudah diatur oleh lembaga internasional ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Sedangkan ccTLD diatur oleh masing-masing negaranya.

  • Daftar Domain-Domain Terbaik:

Domain .net – Domain ini adalah salah satu domain yang banyak digunakan oleh berbagai situs atau website saat ini, net sendiri berasal dari kata Network, yang sebenarnya ditujukan untuk situs-situs yang menghadirkan konten atau Niche materi teknologi jaringan atau Provider Internet. Tapi sekarang jadi umum.

Domain .com – Domain ini berasal dari kata Commercial yang sebenarnya ditujukan untuk situs atau website komersial yang artinya! Situs untuk mendapatkan keuntungan misalnya berupa uang dari iklan yang dipasang.

Domain .org – Domain ini sendiri sebenarnya berasal dari kata Organization, yang dalam bahasa Indonesia berarti organisasi. Maka sebenarnya Top Level Domain itu ditujukan untuk organisasi non profit yang sekarang sudah dibuka untuk umum dan bahkan untuk bisa digunakan oleh proyek yang bersifat open source.


Jika kalian saat ini tengah berencana mendirikan sebuah website dengan menggunakan Domain atau Top Level Domain Premium, disarankan untuk tidak memberikan identitas nama yang menggunakan nama atau tanda seperti ().

Sebenarnya, bukan hanya domain .com, net atau org saja yang bisa kamu gunakan untuk membuat situs seperti blog atau website informasi. Tapi ketiga yang ada di artikel ini, adalah yang direkomendasikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno