Mengenal Algoritma, dan Apa Sih Fungsinya?

in , ,
Apa itu algoritma dan apa fungsi algoritma by teknodaim

Mungkin kalian pernah mendengar kata atau istilah Algoritma ketika bertanya kepada seseorang yang berkecimpung di dunia pemrograman atau konten kreator seperti Youtubers. Apa itu Algoritma dan apa fungsi Algoritma? Mari kita bahas.

Pengertian Algoritma

Algoritma atau Algorithm merupakan salah satu dari banyak hal yang ada di dalam dunia pemrograman. Tahukah kamu! Algoritma bukan hanya ada di dunia maya atau sesuatu yang digital saja. Algoritma ada di kehidupan sehari-hari loh.

Algoritma adalah istilah untuk pemecahan sebuah masalah. Lebih rinciannya saja, Algoritma adalah suatu urutan proses logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu permasalahan, biasanya tertuju pada komputer dan pemrograman.

Apa itu algoritma dan apa fungsi algoritma by teknodaim 1

Algoritma bisa juga dikatakan sebagai proses atau berbagai aturan yang harus diikuti oleh perhitungan atau langkah-langkah yang sudah diatur untuk memecahkan masalah, khususnya pada hal-hal digital yang banyak di komputer.

Jika sulit memahami apa itu Algoritma, maka anggap saja hal tersebut adalah berbagai aturan atau hal-hal yang wajib dilakukan sejak dari awal memulai agar terlepas dan tidak terkena sama sekali dengan masalah. Pengertian sederhana.


Fungsi Algoritma

Jika kalian bertanya, apa fungsi Algoritma. Maka jawabannya adalah sebuah pengolahan data yang diikuti oleh perhitungan logis, dengan menyusun rangkaian tak terbatas dari berbagai intruksi untuk menghitung sebuah fungsi, untuk menghasilkan output atau kondisi akhir. Salah satunya seperti Algoritma Youtube.

Beberapa bentuk Algoritma:

  • Algoritma Perulangan atau (Looping Algorithm)
  • Algoritma Percabangan atau Bersyarat (Conditional Algorithm)
  • Algoritma Sekuensial (Sequence Algorithm)

Pengertian dan Fungsi Algoritma Menurut Peneliti

Menurut S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi, Algoritma adalah suatu urutan tak terbatas yang dihasilkan oleh operasi yang sudah terdefinisi dengan baik, yang mana masing-masing nya hanya memiliki waktu dan penyimpanan yang terbatas.

Menurut Marvin Minsky, Algoritma merupakan aturan yang memberitahukan seseorang untuk bertindak atau tidak dari waktu ke waktu. Itulah beberapa penjelasan Algoritma berdasarkan analisa kedua peneliti atau ahli yang ada.


Tentang Algoritma

Apa itu algoritma dan apa fungsi algoritma by teknodaim 2

Algoritma memiliki kriteria antara satu dengan yang lain. Mulai dari adanya minimal satu Output, yang artinya Algoritma memiliki keluaran atau solusi pemecahan masalah. Algoritma ada banyak di berbagai hal, termasuk situs.

Algoritma juga memiliki Input, artinya setiap Algoritma pasti memiliki lebih atau nol pemasukan masalah yang pastinya memiliki solusi. Kedua hal tersebut, Output dan Input dapat terjadi karena adanya instruksi jelas dalam kedua prosesnya.


Cara Kerja Algoritma

Untuk lebih mengerti lagi, kita bahas mengenai cara kerja Algoritma dengan contoh berikut. Misalnya Algoritma yang ada saat kita menyeduh segelas susu:

  • Siapkan satu saset susu, 200 ml air matang (satu gelas), dan sendok.
  • Langkah selanjutnya adalah buka kemasan sasetnya.
  • Masukan ke dalam gelas.
  • Lalu masukan air matang ke dalam gelas.
  • Aduk perlahan sampai susu larut dalam air.
  • Sajikan susunya.

Sebagai contoh dari saya sebagai penulis, misalnya Algoritma pada Youtube. Untuk bisa mendapatkan urutan teratas di pencarian Platform tersebut, kamu sebagai konten kreator wajib melakukan tahapan-tahapan seperti mengisi deskripsi yang baik, tag serta judul yang tak sembarangan. Semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno

Tinggalkan Balasan