Hardware

Sejarah Dibalik Tombol Keyboard QWERTY yang Masih Jarang Diketahui

Tombol QWERTY pastinya sudah tidak asing bagi kebanyakan dari kalian, baik itu pengguna Smartphone maupun perangkat PC atau Laptop. Tahukah kamu bahwa terdapat sejarah keyboard QWERTY yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Cukup banyak orang yang sempat mempertanyakan tentang mengapa tata letak keyboard tersusun menjadi QWERTY. Hal ini tentunya memiliki suatu alasan yaitu untuk memperlambat pengetikan dan kemacetan ketika mengetik di tombol keyboard.

Lantas mengapa diperlambat? Nah untuk mengetahui hal tersebut, mungkin kamu perlu mengetahui terlebih dulu sejarah keyboard QWERTY.

Sejarah Keyboard QWERTY

Berdasarkan informasi yang tertulis pada situs Wikipedia, tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan di ,sebuah mesin ketik buatan seseorang bernama E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan papan tombol komputer saat ini).

Sejarah Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY | Unsplash

Tata letak QWERTY pada keyboard ini kemudian dilanjutkan dan dibuat oleh Christopher Latham Sholes pada Tahun 1867. Model keyboard pertama yang diajukan olehnya berurutan seperti ini:

– 3 5 7 9 N O P Q R S T U V W X Y Z
2 4 6 8 . A B C D E F G H I J K L M

Mengapa Harus QWERTY?

Awalnya tatal letak keyboard mesin ketik dibuat manual berdasarkan huruf alfabet. Tapi ternyata susunan huruf alfabet tersebut malah membuat mesin ketik menjadi macet karena pengetikan yang terlalu cepat.

Sejarah Keyboard QWERTY
Keyboard Huruf Alfabet

Sebab ketika dua tuts dipencet bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan, maka batang yang berfungsi untuk mencetak tinta huruf pada kertas dapat saling bertumbuk. Sehingga mesin ketik menjadi macet dan tidak dapat digunakan seperti normalnya karena adanya penumpukan tinta.

Dari masalah inilah, Christopher Latham Sholes Sholes mencari ide baru bersama teman-temannya yaitu Carlos Glidden dan Samuel W. Mereka lalu menemukan ide untuk merombak susunan huruf disusun secara acak yaitu keyboard QWERTY.

Setelah itu Christopher Latham Sholes Sholes dan teman-temannya menciptakan sebuah aplikasi paten untuk mesin tulis dengan ide QWERTY mereka. Aplikasi paten tersebut bernama Sholes & Gildden Type Writter. Yang kemudian mereka daftarkan ke kantor paten Amerika Serikat (USPTO) dan disetujui pada tanggal 23 Juni 1868.

Sejarah Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY

Butuh waktu sekitar 5 tahun lebih bagi Christopher Latham Sholes Sholes dan teman-temannya berhasil menyempurnakan keyboard QWERTY. Lalu pada tahun 1878 mereka mulai menjual idenya tersebut ke pasaran dan mulai menyebar seiring berjalannya waktu hingga saat ini.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait sejarah keyboard QWERTY yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts