Hardware

Prosesor AMD vs Intel, Mana yang Lebih Unggul?

Kalau kamu adalah orang yang mendalami dunia teknologi, nama AMD dan Intel tentunya tidak asing lagi untuk kamu dengar. Siapa sih yang tidak kenal sama kedua merek terkenal yang sering memproduksi komponen komputer bernama Prosesor. Untuk itu, kali ini Teknodaim akan membahas prosesor AMD vs Intel. Mana yang lebih unggu dan apa saja perbedaan keduanya.

Mengetahui perbedaan dari prosesor AMD vs Intel sangatlah penting jika kamu ingin mendalami lebih lanjut tentang komponen komputer. Terutama ketika kamu ingin membeli laptop, kamu harus tau apakah prosesor AMD atau Intel, serta apakah cocok dengan kriteria yang kamu cari.

Aebagai contoh laptop yang menggunakan prosesor Intel lebih unggul pada bagian rendering. Sementara laptop dengan prosesor AMD lebih unggul untuk kamu pakai dalam hal gaming.

Prosesor AMD

Amd Vs Intel Bagusan Amd Atau Intel Dan Beda Amd Dan Intel
AMD Pengembang Ryzen dan Radeon | Digination.ID

Sebelum membahas lebih dalam mengenai perbedaan dari AMD vs Intel, yuk kita bahas satu persatu dulu mulai dari prosesor AMD. Yang merupakan sebuah singkatan dari nama perusahaan Advanced Micro Devices yang berfokus untuk membuat prosesor. Memiliki markas yang berada di Sunnyvale, California Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan Jerman.

Awalnya perusahaan AMD ini hanya merilis prosesor seri Althon saja. Namun kini karena mereka sudah sangat maju baik pada bidang prosesor. Bahkan saat ini sudah ada yang menduduki posisi teratas prosesor yakni seri terbaru yaitu AMD Ryzen 9 5950X yang terbukti mampu melampaui Intel Core i7-1185G7.

Prosesor Intel

Amd Vs Intel Bagusan Amd Atau Intel Dan Beda Amd Dan Intel 1
Prosesor Intel Core | Intel.com

Selanjutnya ada produsen Intel yang merupakan sebuah perusahaan multinasional berpusat pada pasar Internasional yang terletak pada negara Amerika Serikat. Intel bisa dikenal oleh dunia karena rancangan dan produksi Mikroprosesor mereka yang mengkhususkan sebuah sistem khusus dalam sebuah sirkuit yang terpadu. Dengan begitu, kini mereka sudah berhasil membuat banyak sekali prosesor dengan kualitas kelas tinggi tentunya.

Prosesor dari Intel biasanya memiliki rating TDP (Thermal Design Point) yang lebih rendah dibanding AMD yang artinya tidak cepat panas. Kalau dalam hal ini, Intel sangat unggul karena produk-produk mereka terbukti sangat optimal ketika menjaga keseimbangan suhu yang terjadi saat menjalankan suatu sistem. Kalian juga tahu kan kalau perangkat yang dipegang itu terasa panas, maka otomatis performanya juga akan menurun.

AMD vs Intel

Sebenarnya kedua produsen AMD dan Intel memiliki visi dan misi mereka masing-masing. Meskipun berbeda, tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Jadi jangan memandang rendah produk AMD karena mereka rendah karena suatu aspek tertentu, begitu pula sebailknya. Lantas apa saja sih perbedaan yang ada dari AMD vs Intel? Simak terus pembahasannya sebagai berikut.

Kelebihan Intel

Salah satu hal yang tetap membuat Intel unggul saat ini yakni pada segi multimedia. Prosesor dari Intel kebanyakan bisa menghasilkan gambar dari laptop atau PC dengan lebih tajam. Jadi kalau kamu mencari laptop atau komponen untuk rakitan PC dengan kebutuhan untuk rendering video, cobalah untuk pilih laptop dengan prosesor Intel. Sebab soal rendering, Intel dapat dikatakan lebih unggul dari AMD.

Amd Vs Intel Bagusan Amd Atau Intel Dan Beda Amd Dan Intel 4
Ilustrasi AMD vs Intel | LaptopMedia.com

Selajuntya yaitu kecocokan Motherboard yang mana Intel lebih mudah untuk kamu sesuaikan dengan Motherboard manapun tidak seperti AMD. Bahkan fakta kalau Motherboard yang cocok dengan prosesor AMD saat ini masih untuk dicari ada benarnya. Itulah kenapa Intel dapat bermain lebih duluan pada segmen rakit PC ketimbang AMD yang sebelumnya lebih ke komputer sepaket.

Kelebihan AMD

Kalau bicara soal performa dan kualitas, prosesor AMD bisa terbilang jauh lebih baik ketimbang Intel, terutama pada segmen menengah ke bawah. Prosesor AMD dengan grafis bawaan Radeon ini sanggup mengalahkan prosesor Intel yang mengandalkan grafis Intel Iris. Meskipun Intel sudah merilis prosesor terbaru dengan grafis Iris Pro, namun masih tetap bisa AMD kalahkan dengan prosesor generasi terbaru dari Radeon.

Prosesor dari AMD memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus/malware bernama Enanched Virus Protection atau disingkat EVP. Dengan kemampuan ini, memungkinkan penggunanya untuk mampu mengecek apakah ada virus atau tidak dalam sebuah file. Hal ini tentunya jelas membuat AMD lebih naik karena Intel kurang bagus kalau dalam hal mendeteksi virus seperti malware.

Perbedaan Harga Antara Intel dan AMD

Hal terakhir yang membuat perbedaan keduanya cukup menarik perhatian Gadget yakni harganya. Yang mana sesuai kita ketahui kalau saat ini, kebanyakan harga laptop dengan prosesor AMD memiliki harga yang lebih bersahabat ketimbang laptop dengan prosesor yang menggunkaan prosesor Intel. Namun kalau kamu ingin membeli prosesornya langsung secara terpisah, tergantung kebutuhan yakni AMD lebih ke gaming dan Intel lebih unggul dalam hal rendering yang cocok untuk para editor.

Setelah melihat perbedaan dari AMD vs Intel diatas, Teknodaim dapat menyimpulkan kalau prosesor AMD cocok untuk kamu para gamers yang ingin memainkan game berat dengan grafis tinggi tanpa adanya lagging. Namun kalau soal atau editing video berat, Teknodaim lebih menyarankan prosesor Intel karena bagus dalam hal rendering.


Sekali lagi Teknodaim beritahukan meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bukan berarti dapat menyimpulkan salah satunya tidak spesial, setiap barang pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing tergantung dengan pemakaian dari pengguna.

Jadi kalau kamu ingin membeli Intel untuk bermain game, itupun tidak masalah karena kekurangannya juga tidak terlalu banyak. Jangan lupa juga untuk tulis opini atau pendapat kamu terkait pembahasan kali ini pada kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts