menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Hardware Mengenal iGPU, yang Bikin Rakitan PC Bisa Hemat Budget dan Space

Mengenal iGPU, yang Bikin Rakitan PC Bisa Hemat Budget dan Space

Apa Itu Igpu Perbedaan Gpu Dan

Ketika akan membeli laptop atau komputer, salah satu bagian dari hardware yang paling sulit untuk kita pilih adalah kartu grafis. Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar istilah Integrated, Diskrit dan Dedicated. Kali ini Teknodaim akan bahas mengenai perbedaan GPU dan iGPU, simak terus pembahasannya berikut ini.

Sebelum membeli laptop ataupun komputer, kamu perlu tahu komponen apa yang bagus, apakah produk ini cocok dengan kebutuhanmu, semua itu perlu kamu ketahui dan pahami agar tidak mengalami kerugian di masa yang mendatang. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak penjelasan dari beberapa referensi berikut.

Mengenal apa itu GPU dan iGPU

Sebelum mengetahui perbedaan antar keduanya, kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai apaitu GPU dan iGPU. Kali ini sudah Teknodaim rangkum secara ringkas agar kamu mudah mengerti dan pahami. Simak berikut.

JANGAN LEWATKAN •
Ditemukan Celah Keamanan di Prosesor AMD, Serius?

Graphic Processing Unit (GPU)

Apa Itu Igpu Perbedaan Gpu Dan 2
GTX 1650 Super | YouTube Channel: TekTick

Sebagai salah satu yang berfungsi penting dalam membantu performa prosesor, GPU merupakan sirkuit khusus yang terancang untuk memanipulasi memori dengan cepat. Hal tersebut bertujuan agar pembuatan gambar dalam frame buffer akan menjadi lebih cepat dalam output ke tampilan perangkat.

Hampir sama dengan CPU, tetapi GPU berfungsi untuk memproses semua data yang berhubungan dengan instruksi dalam menjalankan sistem komputer. Lebih tepatnya, GPU akan memproses instruksi oleh sebuah software untuk ditampilkan ke layar monitor.

GPU sendiri terbagi menjadi dua jenis, pertama yang terintegrasi langsung atau sebutannya GPU diskrit. Sedangkan satu lagi adalah VGA eksternal yang disematkan secara manual ke dalam motherboard.

Sebenarnya, tugasnya juga menampilkan gambar 2 dimensi, GUI atau proses gambar lainnya. Untuk saat ini, GPU lebih berfokus untuk memproses sebuah gambar 3 dimensi, baik pada sebuah game ataupun software editing.Selain itu, GPU saat ini juga sudah bisa membuat penggunanya masuk ke dalam VR (Virtual Reality).

JANGAN LEWATKAN •
Cara Ampuh Untuk Mengatasi FPS Drop Saat Bermain Game

Integrated Graphic Processing Unit (iGPU)

Apa Itu Igpu Perbedaan Gpu Dan 1
iGPU Intel IRIS | YouTube Channel: OWNorDisown

Intergrated Graphic Card merupakan sebuah prosesor yang memiliki sistem kemampuan ganda. Dalam prosesor iGPU terdapat inti proses untuk CPU dan GPU secara sekaligus, yang terpisah oleh sirkuit tersendiri.

Walaupun mempunyai keuntungan dengan tidak perlu membeli VGA eksternal, tetap ada kelemahan dari prosesor iGPU yaitu harus berbagi RAM serta cache yang sama. Hal tersebut malah membuatnya menjadi memiliki banyak keterbatasan,

Lalu, mengapa para produsen membuat prosesor iGPU dan kenapa terdapat beberapa konsumen yang merasa betah terhadap VGA bawaan tersebut? Jawabannya ialah, karena CPU dan GPU jika berada pada tempat yang sama dapat memungkingkan para pengguna mendapatkan efisiensi dalam meningkatkan sistem proses.

Selain itu semua, menggunakan iGPU juga membuat pengguna lebih hemat energi daripada memakai VGA eksternal. Untuk saat ini, banyak tipe iGPU yang cukup kuat untuk bermain game non-intensif.

JANGAN LEWATKAN •
Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Kerja USB

Perbedaan Antara Keduanya

Perbedaan yang cukup signifkan antara keduanya yaitu, sebuah unit terintegrasi pemrosesan grafis (GPU) tidak bisa menggunakan RAM eksternal untuk menambah memori. Dengan kata lain untuk bisa menggunakan sistem GPU, VGA Card kamu memiliki memori sendiri.

Sedangkan iGPU, merupakan sebuah suatu VGA yang terdapat dalam prosesor, dan menggunakan sistem memori sesuai kapasitas RAM eksternal yang kamu punya. Contoh dari iGPU yang sering kita lihat yaitu prosesor AMD yang kebanyakan mempunyai iGPU di dalamnya.


Itulah tadi pembahasan mengenai iGPU dan GPU dari Teknodaim. kalau kamu punya pertanyaan atau opini sendiri, bisa langsung aja tulis di kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa juga untuk dukung channel YouTube Teknodaim yang membahas informasi seputar teknologi.


Referensi: Murdockcruz, Tek.ID

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks