menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Hardware Perbandingan Chipset MediaTek dengan Snapdragon, Mana Lebih Baik?

Perbandingan Chipset MediaTek dengan Snapdragon, Mana Lebih Baik?

Perbandingan Chipset Mediatek Helio Dengan Snapdragon

Pada zaman modern ini, perkembangan dunia teknologi ponsel sudah sangat meningkat pesat dengan sebutan baru yakni Smartphone. Dalam perangkat pintar ini terdapat beberapa komponen penting, salah satunya Chipset prosesor yang merupakan inti dari performa. Terdapat banyak Chipset yang sudah bisa kamu lihat pada beberapa produk seperti MediaTek Helio dan Snapdragon.

Kedua Chipset tersebut tentunya sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar. Baik produk kelas entry-level menengah bahkan hingga Flagship memiliki satu jenis dari kedua Chipset tersebut. Sebenarnya masih ada banyak Chipset lainnya, tapi untuk pembahasan kali ini Teknodaim hanya akan memberikan perbandingan dan perbedaan antara MediaTek Helio dengan Snapdragon, manakah yang lebih baik? Simak terus pembahasannya berikut ini.

Chipset MediaTek

Perbandingan Chipset Mediatek Helio Dengan Snapdragon
Komponen Chipset dari MediaTek | UberGizmo

Sebelum membahas Snapdragon, kita akan membahas terlebih dahulu Chipset MediaTek yang saat ini sedang naik daun. MediaTek sendiri merupakan sebuah prosesor pendatang baru yang berasal dari negara Vietnam, berdiri sejak tanggal 21 Mei tahun 1997 yang pada saat itu masih dipimpin oleh Tsai Ming-kai. Perkembangan dari perusahaan MediaTek sendiri sudah terbilang cepat, sebab terdapat salah satu faktor yang membuatnya berbeda dari Qualcomm yakni menyediakan penawaran harga yang jauh lebih murah.

JANGAN LEWATKAN •
10 HP Murah Terbaik 2021 yang Paling Banyak Diminati

Meskipun tidak mahal seperti Qualcomm, jangan remehkan seri X sekaligus unggulan dari MediaTek antara lain Helio X27 dan Helio X30, Helio X25 dan Helio X20. Ada juga Chipset dengan Seri P dari MediaTek mulai dari Helio P20, Helio P25 dan yang terbarunya yakni Helio P60, Helio P70, Helio P80, Helio P90 hingga Helio P95 yang kabarnya akan melampaui Chipset terbaru untuk Oppo Reno5 nanti.

Chipset Qualcomm Snapdragon

Perbandingan Chipset Mediatek Helio Dengan Snapdragon 1
Komponen Chipset Qualqomm Snapdragon | CNET

Kalau bicara soal harga Chipset buatan Qualcomm memang terbilang mahal, bahkan beberapa harga dari satu Chipsetnya saja sudah bisa mendapatkan 2 sampai 3 jenis Chipset dari Mediatek dengan range yang sama. Salah satu yang membuatnya mahal adalah karena biaya produksi Snapdragon 6x lebih mahal ketimbang biaya produksi Chipset MediaTek.

Kalau kamu merupakan orang yang menilai performa dari nilai Antutu sebagai patokan untuk menilai sebuah prosesor, kamu tidaklah salah. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab skor tinggi tidak akan menjamin performa yang lebih baik.

JANGAN LEWATKAN •
Resmi Rilis, Berikut Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 10

Terdapat banyak elemen yang mendukung serta faktor yang membuat ponsel dapat melakukan kinerja dengan baik atau tidak. Sebagai contoh, apabila Chipset dari ponselmu punya skor tinggi tapi cepat memanas, alhasil seiring berjalannya waktu kamu akan merasakan lag atau drop frame rate.

Perbandingan Chipset MediaTek dengan Snapdragon

Perbandingan Chipset Mediatek Helio Dengan Snapdragon
Chipset MediaTek dan Qualqomm Snapdargon | Gizmochina.com

Hal pertama yang bisa kita bandingkan antara keduanya ada pada segi GPU yang bertugas sebagai pengolah grafis utama dalam sebuah perangkat. Kebanyakan Chipset Mediatek relatif lebih lemah apabila kita bandingkan dengan Snapdragon. Tetapi cenderung memakan RAM lebih sedikit ketimbang Snapdragon.

Kemudian dalam hal VRAM, MediaTek lebih unggul karena memiliki memori khusus untuk memproses instruksi-instruksi dan pengolahan grafis. Sedangkan Snapdragon memiliki dedicated VRAM sehingga membuatnya harus menggunakan RAM inti prosesor untuk melakukan rendering grafis.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu pada teknologi kamera dan video recording yang harus mendapatkan bantuan Chipset agar bisa sempurna. Dalam hal ini, Snapdragon bisa terbilang jauh lebih unggul dan agresif dalam merilis Chipset multimedia dengan kualitas tinggi. Sementara itu, Mediatek cenderung lebih konservatif, yang berati mereka akan selalu menghadirkan fitur yang paling baru atau paling wah pada setiap ponsel yang mereka buat.

JANGAN LEWATKAN •
Ini Cara Tepat Untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Dan yang terakhir perbandingan harganya yang mana Mediatek lebih cenderung lebih suka bermain di segmen low-end, sehingga harganya bisa jadi lebih murah. Sedangkan Snapdragon biasa dipilih buat yang ingin bermain pada kelas segmen Flagship. Yang membuat harganya cenderung lebih mahal.


Itu saja pembahasan dari Teknodaim kali ini Terkait perbandingan antara Chipset MediaTek dengan Snapdragon menurut beberapa referensi. Kalau bicara soal mana yang lebih baik, semua hal itu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi tidak ada yang sempurna, jangan lupa juga untuk tinggalin komentar ya.


Referensi: Dosen IT, Windows Camp

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks