menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comHardwareBerikut Perbandingan Chipset Exynos dengan Snapdragon

Berikut Perbandingan Chipset Exynos dengan Snapdragon

Perbandingan Chipset Exynos Dengan Snapdragon

Setelah kemarin membahas perbandingan antara Chipset MediaTek dengan Snapdragon, kali ini Teknodaim juga punya perbandingan antara Chipset Exynos dengan Snapdragon. Meskipun tidak terlalu terkenal seperti MediaTek dan Snapdragon, Exynos mampu memberikan performa yang dapat memuaskan penggunanya. Bahkan kini sudah banyak Smartphone Samsung kelas Flagship yang menggunakan Chipset ini dan mendapatkan tanggapan bagus dari masyarakat Gadget.

Chipset sendiri merupakan inti dari performa sebuah prosesor atau kata mudahnya merupakan jantung dari GPU dalam perangkat. Sudah ada banyak sekali jenis Chipset pada zaman modern saat ini, salah satunya Exynos dan Snapdragon. Mengenai hal tersebut, berikut ini perbandingan antara Chipset Snapdragon dan Exynos.

Chipset Exynos

Perbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos
Samsung Exynos | Samsung.com

Seperti biasa sebelum membahas perbandingan keduanya kita akan membahas Chipsetnya satu-persatu mulai dari Exynos. Yang merupakan nama dari Chipset yang dikembangkan langsung oleh brand ternama yakni Samsung. Exynos ini termasuk salah satu Chipset yang banyak tertanam pada beberapa smartphone keluaran dari Samsung sendiri. Meskipun begitu terdapat juga beberapa brand lain yang membeli dan ikut memasangkannya juga.

JANGAN LEWATKAN •
Daftar HP yang Akan Menggunakan Chipset Snapdragon 875

Untuk daftar dari Chipset Exynos sendiri antara lain ada Exynos 980, Exynos 9820, Exynos 9825 dan Exynos 1080. Serta Chipset terbarunya yang saat ini menduduki peringkat satu yaitu Exynos 990 yang Samsung klaim dapat kalau performanya mampu mengimbangi bahkan melebihi Chipset Snapdragon 865+.

Chipset Snapdragon

Perbandingan Chipset Exynos Dengan Snapdragon
Chipset Snapdragon | Qualcomm.com

Kemudian kita kembali membicarakan Chipset keluaran Qualcomm yaitu Snapdragon yang sudah mendapatkan range sukses pada pasaran hardware. Meskipun mempunyai harga yang mahal, ada satu hal yang membuatnya cukup mampu untuk menguasai pasar Chipset yakni performa yang semakin meningkat seiring produksinya. Teknodaim juga punya informasi mengenai Bocoran Oppo Reno5 yang kabarnya akan menggunakan Chipset kelas menengah terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 765G.

Sekali lagi Teknodaim ingin memberitahukan untuk kamu yang menilai sebuah performa dari nilai Antutu sebagai patokan. Memang benar jika nilai performa itu menurut data yang tertulis pada perangkat dalam Smartphone. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab skor tinggi tidak akan menjamin performa yang lebih baik.

JANGAN LEWATKAN •
Samsung Galaxy S21 Ultra Tidak Punya Charger Bawaan, Ini alasannya!

Perbandingan Chipset Exynos dengan Snapdragon

Perbandingan Chipset Exynos Dengan Snapdragon 1
Chipset Exynos dan Snapdragon | Notebookcheck.net

Hal pertama yang membedakan antara Exynos dan Snapdragon yaitu terletak pada Efisiensi Baterai. Yang mana Chipset dari Samsung yakni Exynos lebih unggul sehingga cocok untuk menemani penggunanya yang sering bermain game dalam kurun waktu yang terbilang lama.

Dalam hal performa, Exynos bisa terbilang kalah cepat dengan Snapdragon. Tapi perlu kamu ingat kalau perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan untuk Smartphone kelas Flagship mereka. Meskipun belum bisa mengalahkan Snapdragon secara sepenuhnya, setidaknya saat ini Exynos mampu mengimbanginya melalui deretan ponsel Flagship mereka.

Lalu ketersediaan, karena chipset Exynos mayoritasnya kebanyakan untuk beberapa perangkat-perangkat perusahaan saja. Seperti yang kamu lihat, Chipset Exynos hanya menetap untuk Samsung saja. Tapi tenang, sebab beberapa waktu ada berita kalau Chip Exynos akan masuk ke bebarapa brand terkenal seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo.

JANGAN LEWATKAN •
Bocoran Galaxy Z Flip 5G Muncul di Tenaa, Berikut Spesifikasinya

Yang terakhir yaitu segi harga, yang mana Smartphone yang Samsung tanami Chipset Exynos ini kebanyakan mempunyai nominal harga yang lebih. Hal ini dapat kamu rasakan pada Chipset Exynos 9611 dengan Snapdragon 712 yang cukup jauh berbeda. Snapdragon 712 dengan kelas Mid-Range saja memiliki performa yang sudah mirip seperti ponsel Flagship pada umumnya.


Kalau bicara soal mana yang lebih baik, Chipset Snapdragon lebih unggul untuk produk Smartphone kelas entry-level hingga menengah. Namun untuk kelas Flagship, perbandingan kualitas dari Chipset Exynos dapat mengimbangi Snapdragon dan mampu bekerja lebih maksimal. Itu saja pembahasannya, kalau kamu punya pertanyaan atau pendapat tersendiri. Bisa tulis aja langsung di kolom komentar yang tersedia.


Referensi: Jalan Tikus, NexTren

Tambah Komentar