Teknodaim.com

Mengenal Apa itu Nanometer, ClockSpeed dan Cortex

Apa Itu Nm Nanometer Cortex
Apa Itu Nm Nanometer Cortex

Pernahkah kamu mengetahui apa itu nm (Nanometer) dan ClockSpeed hingga Cortex yang terdapat dalam sebuah prosesor atau Chipset pada Smartphone. Apa sih fungsi dan peran ketiga komponen perangkat digital tersebut? Awal mendengarnya saja kayaknya bakalan rumit untuk dipahami. Tapi tenang saja, karena Teknodaim akan selalu menyajikan pembahasan yang ringkas dan jelas sehingga mudah untuk kamu mengerti.

Kalau dari segi kemampuan, ketiga komponen tersebut mempunyai peran penting masing-masing, bahkan saling bergantungan satu sama lain. Yang artinya kalau satu komponen saja tidak lengkap, maka komponen lainnya tidak akan bisa bekerja secara optimal. Agar lebih paham, kamu bisa simak pembahasan berikut ini menurut beberapa referensi yang tertera.

Mengenal Apa itu Nanometer

1 12
Ilustrasi Nanometer | Shutterstock

Menurut Wikipedia, Nanometer atau biasa disebut dengan singkatannya nm merupakan sebuah satuan panjang SI, yang umumnya banyak orang gunakan untuk mengukur panjang gelombang cahaya tampak (400 nm hingga 700 nm) pada radiasi ultraviolet, sinar gamma dan lain sebagainya.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Spesifikasi Realme X7 5G dan Harga Resmi di Indonesia

Sementara fungsi Nanometer dalam prosesor, yaitu untuk menunjukkan berapa panjang satu buah transistor yang terdapat pada prosesor tersebut. Atau lebih tepatnya menunjukkan ukuran dari Core yang merupakan inti dari prosesor. Apabila ukurannya semakin kecil, berarti memiliki kemampuan transmisi data yang lebih cepat. Begitu pula sebaliknya.

Untuk contohnya, kamu bisa melihat salah satu produk Samsung pada yang mulai menggunakan Chipset dengan Sistem-on-Chip (SoC) yang menggunakan teknologi 10-Nanometer (nm) FinFET. Hal inilah yang juga sekaligus merupakan faktor mengapa Samsung dijuluki sebagai raksasa perusahaan pertama teknologi asal Korea Selatan yang berhasil membuat Chipset berteknologi 10 nm. Sebutan nm tersebut juga dapat kamu temukan pada bagian ujung nama Chipset HP, seperti yang tertera pada gambar berikut ini.

Apa Itu Nm Nanometer Cortex
Screenshot GSM Arena Samsung Galaxy M51

Selain Nanometer, ada pula FinFET yang menjadi jalur konduksi pada pembungkusan produk dengan lapisan tipis silikon berupa sirip yang nantinya akan menjadi bentuk utama dari device tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Huawei Mate X2 Akan Segera Meluncur, Catat Tanggalnya!

ClockSpeed

Apa Itu Nm Nanometer Cortex
Screenshot ClockSpeed

Bagi yang sering melakukan OverClock, pastinya tidak asing lagi mendengar istilah Clock Speed kecepatan dari sebuah prosesor pada smartphone dalam menyelesaikan perhitungan dasar dan proses operasi. Kecepatan tersebut bernama Hz (Hertz) yang sering kali sering mengacaukan performa dari sebuah prosesor.

Clock Speed yang merupakan komponen penting bagi Nanometer sendiri terbagi menjadi dua satuan yaitu Megahertz (MHz) dan gigahertz (Ghz). 1 Megahertz berarti punya kecepatan satu-juta siklus per detik, sementara Gigahertz memiliki kecepatan satu-miliar siklus per detik. Sebagai contoh sebuah prosesor apabila berjalan pada Clock Speed sebesar 2,6 Hz, berarti menjalankan sistem setiap 1.600.000.000 siklus per detiknya.

Dalam ClockSpeed sendiri terdapat sebuah komponen bernama Core yang berfungsi sebagai inti dari prosesor. Semakin banyak dan semakin tinggi core pada sebuah prosesor, Maka smartphone akan terasa semakin ringan. Begitu pula sebaliknya. Namun, apabila kamu membuka sebuah aplikasi yang hanya support single core, tetapi prosesor kamu punya dual core. Maka performa yang terasa hanya single core, karena dual core tidak berjalan secara optimal pada aplikasi tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Oppo Reno 5 5G Resmi Bisa dibeli di Indonesia, Ini Harga Resminya!

Cortex

Apa Itu Nm Nanometer Cortex 3
Cortex dalam Chipset | The Verge

Untuk para pengguna perangkat gadget, pasti pernah melihat smartphone dengan spesifikasi Chipset yang memiliki keterangan Cortex-A5, A7, A8, A9, A12, atau A15. Dan label tersebut selalu muncul baik pada smartphone kelas atas maupun smartphone kelas bawah.

Cortex itu sendiri adalah jenis Chip keluaran dari perusahaan ARM pembuat teknologi prosesor berbasiskan RISC sekaligus sebagai arsitekturnya. Selain itu, perlu kamu ingat bahwa, perusahaan ARM tidak membuat dan mendistribusikan prosesor, yang mereka buat hanyalah inovasi pada teknologinya. Jadi tidak heran jika perusahaan ARM ini jarang kamu dengar, bahkan malah ada yang sama sekali tidak mengetahuinya.

Salah satu teknologi ARM yang cukup berperan penting pada Cortex-A series, yakni prosesor yang menyediakan solusi untuk perangkat yang menggunakan platform dengan sistem operasi yang cukup canggih. Hal ini sudah biasa kamu lihat dan sudah banyak variasinya, mulai dari perangkat yang berbiaya murah seperti Smartphone, digital TV STB, hingga ke printer dan jaringan server. 

JANGAN LEWATKAN •
Nyawa Prosesor Intel di Produk Apple Akan Berakhir Akhir 2020!

Itulah pembahasan mengenai apa itu Nanometer, ClockSpeed hingga Cortex yang merupakan komponen penting dalam suatu prosesor atau Chipset perangkat smartphone. Kalau punya pertanyaan atau pendapat tersendiri, cus langsung saja tulis di kolom komentar yang sudah Teknodaim sediakan.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


 Referensi: RSI News

 


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.