Teknodaim.com

Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Chipset Mediatek Helio P60

Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek Helio P60
Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek Helio P60

Siapa sih yang ga kenal sama MediaTek, vendor yang sering memproduksi Chipset murah tapi berkualitas. Salah satu produk murahnya itu ada Helio P60 yang jika kita lihat dari angkanya merupakan prosesor dengan harga bersahabat. Meskipun sudah ada penerusnya yaitu Helio P70 dan Helio P90, Helio P60 ini masih cukup hangat loh untuk kamu pahami detailnya. Untuk itu pada artikel kali ini, Teknodaim akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan dari Chipset MediaTek Helio P60.

Sesuai informasi yang ada kalau Chipset Helio P60 ini memang mereka peruntukan untuk produk Smartphone kelas entry-level hingga menengah. Walaupun tidak termasuk salah satu Chipset Flagship, Helio P60 tersebut tetap dapat memuaskan pengguna dalam hal Gaming Mobile ringan.

Chipset Helio P60

Sebelum membahas kekurangan dan kelebihan dari Helio P60, kita akan membahas terlebih dahulu asal muasalnya. Helio P60 merupakan besutan dari brand ternama yakni MediaTek yang berada di Vietnam dan berdiri sejak tanggal 21 Mei tahun 1997. Meskipun kalau kita hitung secara logika perjalanan dari MediaTek cukup lama. Namun hal tersebut sebenarnya sudah terbilang cepat karena ada salah satu faktor yang membuatnya berbeda dari Chipset lainnya yaitu menyediakan nominal harga yang jauh lebih murah.

JANGAN LEWATKAN •
Performa Exynos 990, Chipset Saingan Snapdragon 865

Oke kembali ke pembahasan Chipset MediaTek Helio P60, prosesor ini menggunakan CPU 4x ARM Cortex-A73 up to 2.0 GHz + 4x ARM Cortex-A53 up to 2.0GHz. Yang mendukung GPU ARM Mali-G72 MP3, layar FHD+, Jaringan Dual 4G VoLTE dengan ukuran 12 nm (nanometer). Untuk lebih detailnya kamu bisa lihat sebagaimana menurut gambar berikut.

Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek Helio P60
Spesifikasi Chipset MediaTek Helio P60 | MediaTek.com

Kelebihan dari Chipset MediaTek Helio P60

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan pada kelebihan selain kekurangan dari Chipset MediaTek Helio P60 ini yaitu cocok untuk kamu para Gamers Mobile. Dengan kendali dari sumber daya CorePilot dari MediaTek, membuatnya mampu untuk mempertahankan kinerja secara konsisten pada saat bermain game kapan dan dimanapun.

Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek Helio P60 4
Chipset MediaTek Helio P60 | MediaTek.com

Kemudian juga unggul dalam hal sistem AI, yang jika kita bandingkan dengan Helio P30, Helio P60 mempunyai kinerja AI yang mencapai hingga 2-3x lipat. Hal ini dapat kamu rasakan ketika menggunakannya untuk melakukan tugas seperti kamera AI, render obyek, Smart Photo Album, pengenalan lingkungan, hingga menghilangkan lata belakang.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifikasi Oppo A92, Dibekali Layar 120Hz dan Chipset Lumayan

MediaTek helio P60 ini juga dilengkapi dengan mesin posisi GNSS yang paling akurat. Sehingga mampu untuk melakukan kompensasi mesin navigasi inersial meskipun sedang berada dalam ruangan bawah tanah atau dalam terowongan. Dengan kemampuan tersebut, Helio P60 bisa mencari sinyal lebih cepat dan jelas ketika sedang tidak tersedia.

Keunggulan yang terakhirnya yaitu terletak pada Chipset MediaTek yang menghadirkan CorePilot. Teknologi manajemen sumber daya canggih yang mampu membuat kinerja Smartphone menjadi lebih efisien dan tahan lama. Kalau kamu menggunakan Smartphone dengan Chipset ini, pasti pernah merasakan baterai yang lebih tahan lama.

Kekurangan dari Chipset MediaTek Helio P60

Setelah membahas kelebihan, kita akan membahas kekurangan dari Chipset MediaTek Helio P60 mulai dari performa yang tidak terlalu baik terutama dalam hal konsumsi daya. Sabar dulu, konsumsi daya ini dalam arti performanya itu menurun seiring berkurangnya baterai. Jadi apabila kamu menggunakan ponsel dengan Chipset Helio P60 dalam keadaan baterai low atau panas. Maka kamu akan merasakan yang namanya lag atau drop frame rate.

JANGAN LEWATKAN •
Prosesor Intel Core S-Series Terobos Kecepatan 5.3 GHz!
Kelebihan Dan Kekurangan Mediatek Helio P60 3
Chipset MediaTek Helio P60 | Gizmoclogi.ID

Selain itu, Helio P60 juga hanya mempunyai frekuensi clock yang terbilang jauh dan kurang powerfull ketimbang Chipset kelas menengah Qualcomm yaitu Snapdragon 660. Serta kurang ahli dalam kecepatan mengunduh dan mengupload sebuah file.

Kekurangan yang terakhir yaitu tidak mendukung Fast Charging. Walaupun dapat membuat baterai tahan lama, tidak berarti membuatnya dapat mempunyai charger tipe fast. Kalau kamu perhatikan beberapa produknya, kebanyakan hanya mendukung charger biasa dan tidak mendukung Quick ataupun Fast Charging.

Kalau kita hitung ternyata lebih banyak kelebihan ketimbang kekurangan, namun hal tersebut sebenarnya sudah biasa. Pasalnya setiap hal pasti memiliki aspek penting menurut visi dan misinya, jadi jangan meremehkan barang hanya dari kekurangannya saja oke.


Kayaknya itu aja pembahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Chipset Helio P60 dari Teknodaim kali ini. Kalau kamu ingin mengeluarkan pendapat atau ingin bertanya sembari mencari informasi, bisa tulis aja langsung ke kolom komentar yang tersedia.


JANGAN LEWATKAN •
Perusahaan Qualcomm Resmi Rilis Chipset Snapdragon 678

Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Referensi: Price Book, Gizmologi




Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment