menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Hardware 8 Part atau Hardware Terbaik Untuk Build PC Editing & Desain

8 Part atau Hardware Terbaik Untuk Build PC Editing & Desain

Hardware build pc editing by teknodaim

Baik Intel, AMD, Gigabyte, Asus maupun produsen produk teknologi-teknologi lainnya terus membawa inovasi mereka dengan menghadirkan berbagai Hardware baru dengan kualitas dan performa tingginya, termasuk untuk yang suka Build PC Editing.

Tentu brand-brand raksasa tersebut bukan hanya merancang Hardware baru yang di khususkan untuk gamers-gamers saja, tapi juga memberikan persediaan baru untuk para editor profesional maupun pemula. Yaudah simak lebih lanjut berikut.

8 Rekomendasi Hardware PC Editing

Agar bisa melakukan editing, export dan rendering dengan lancar dan nyaman, Teknodaim merekomendasikan beberapa part khusus untuk kegiatan editing yang super mantap. Hardware tersebut meliputi, Prosesor, RAM, VGA Card dan lain-lain.

1. Prosesor

Hardware build pc editing by teknodaim

Salah satu Prosesor kelas atas yang cocok banget buat urusan rendering, editing dan kegiatan serupa lainnya, ada Intel Core i7-800K dengan kecepatan maksimal mencapai 4,7 GHz. i7-800K tersebut dibekali oleh cache berkapasitas 12 MB.

JANGAN LEWATKAN •
Berikut 4 Cara Mendeteksi Apakah Hard Disk Dalam Keadaan Sehat Atau Tidak

Prosesor dari pabrik Intel ini membawa 6 core dengan 12 thread dan mampu melibas Adobe Photoshop, Adobe Premier Pro, Adobe Ilustrator, AutoCAD sekaligus. Untuk harganya sendiri, ada di kisaran 5 hingga 7 Jutaan. Apakah sesuai budget?

Jika tidak, ada opsi lain yang lebih terjangkau namun dengan performa yang agak jauh yaitu AMD Ryzen 3 2200G. Digunakan buat aktivitas serupa juga sanggup.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Prosesor dan Fungsinya


2. Motherboard

Hardware build pc editing by teknodaim

Salah satu Mobo atau Motherboard yang kompitabel dengan i7-800K punya Intel adalah Gigabyte Z370 HD3. Sebagai informasi, setiap Prosesor punya dukungan Socket yang berbeda-beda jadi tidak bisa asal pasang, apalagi Build PC Editing.

Z370 HD3 punya 4 slot RAM DDR4 dengan kapasitas maksimal 64 GB. Mobo ini terbuat dari material khusus anti karat serta punya fitur temperature detection, voltage detection, overheating warning, fan speed detection, fan speed control, dan juga fan fail warning.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi SSD NVME M.2 Gaming Terbaik 2020

Sedangkan rekomendasi Motherboard buat AMD Ryzen 3 3200G, ada AsRock A30M, Asrock B450 Pro4, Asus A320-Gaming Motherboard, ROG Strix X470, atau B350M BAZOOKA. Rekomendasi Hardware PC Editing yang penting.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Motherboard ATX, Micro ATX dan Mini ITX


3. RAM

Hardware build pc editing by teknodaim

Nah buat part berikutnya, kita sarankan produk RAM dari brand Corsair yaitu Vegeance berkapasitas 16 GB atau 2 keping berkapasitas 8 GB (DDR4 PC2100). Kecepatannya pun mempuni, yaitu 2666 MHz dengan profile XMP 2.0.

RAM yang satu ini membawa keunggulan terbuat dari material heat spreader berbahan aluminium, sehingga membantu pembuangan suhu panas dengan cepat. Ingat, tidak semua kecepatan RAM akan cocok dengan Prosesor dan Motherboard.

Baca Juga: Mengenal RAM dan Fungsinya yang Sebenarnya


4. Penyimpanan

Hardware build pc editing by teknodaim

Part untuk menjadi bagian dari Build PC Editing selanjutnya adalah pilihan SSD dan HDD. Untuk yang satu ini sebenarnya relatif, tergantung kebutuhan dan sesuai dengan budget. Jika mau berhemat mungkin cukup SSD 120 GB saja.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Brand Mousepad Gaming Murah Terbaik, Kualitasnya Terjamin Slur!

Misalnya seperti SSD NVME ADATA SU650 240 GB atau varian 512 GB, ini untuk penyimpanan data internal seperti sistem operasi dan data-data instalasi software penting termasuk software editing. Sedangkan untuk eksternal, tambah HDD.

Hard Disk dalam hal ini mungkin seperti produk Seagate berkapasitas 500 GB atau 1 TB. Penyimpanan satu ini buat nyimpen data-data seperti video mentahan, foto-foto dan data-data priset yang kamu perlukan untuk editing konten.

Baca Pembahasan Seputar Topik SSD Disini


5. VGA Card

Foto Nvidia GeForce GTX TITAN X | Hardware Zone Indonesia

Untuk grafis yang dihasilkan dan pendukung rendering, tentu editing memerlukan asupan atau suplai tambahan dari kartu grafis yang cocok. Salah satu yang direkomendasikan ada Nvidia GeForce GTX 970 atau sedikit lebih ekstrim yaitu GTX TITAN X.

Tapi untuk yang sedikit lebih low budget, Daimers mungkin bisa pilih VGA Card dengan VRAM berkapasitas 4 GB seperti RX 560. Harganya pun bersahabat dengan performanya yang lumayan, atau kamu bisa baca rekomendasinya disini dulu:

JANGAN LEWATKAN •
Nyawa Prosesor Intel di Produk Apple Akan Berakhir Akhir 2020!

6. PSU (Power Supply Unit)

Untuk masalah yang satu ini tergantung dengan daya yang dibutuhkan semua komponen dalam CPU, hitung semua daya yang dibutuhkan oleh Prosesor, VGA Card dan RAM. Dan yang disarankan adalah PSU dengan kapasitas 600 Watt.

Untuk masalah PSU terbaik yang pas untuk memenuhi kebutuhan daya komponen-komponen tadi, direkomendasikan untuk memilih Cooler Master MasterWatt Lite 600W. PSU Pure yang satu ini pun sudah resmi bersertifikasi 80 Plus.

Baca Juga: 10 Rekomendasi PSU Pure yang Bersertifikasi 80+



7. Monitor

Foto Monitor Asus | Hardware Zone Singapura

Untuk masalah tampilan grafis yang muncul untuk dilihat mata sebenarnya sesuai dengan masing-masing. Mungkin kamu perlu monitor yang punya Refresh Rate dan resolusi besar, maka Asus PA249Q bisa dipertimbangkan buat kamu pilih

Monitor yang di produksi Asus satu ini punya Refresh Rate 144 Hz dan menghasilkan warna akurat yang tentunya tajam dilihat mata. Ada slot konektivitas HDMI, DVI, DisplayPort, Port D-sub serta built-in USB 3.0 hub. Ukurannya adalah 24 inci.

JANGAN LEWATKAN •
4 Spesifikasi Komputer Buat Kebutuhan Editing Video yang Rekomended!

8. Casing (Rekomendasi Hardware PC Editing Opsional)

Foto Ilustrasi Casing | Heteroku

Buat menampung semua komponen yang sudah dipilih, disarankan untuk memilih casing dengan tempat penyimpanan PSU yang letaknya di bagian bawah. Selain itu punya ukuran besar yang mendukung 5 fan berukuran 120 mm.

Casing yang dimaksud misalnya seperti Armageddon Nanotron T1X. Mungkin tampilan luarnya kurang bersahabat jika kamu merupakan editor sekaligus gamers, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kamu masing-masing.


Baca Juga:


Itulah tadi beberapa rekomendasi Hardware PC Editing yang bisa Teknodaim bagikan ke kalian. Mungkin masih ada banyak Hardware yang lebih baik atau setara dan cocok untuk direkomendasikan, bagikan ke kita di kolom komentar ya.


Referensi dan Sumber Gambar Utama: Mas Tekno, Sosointerior

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks