Kenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake, Solusi Untuk Hemat Daya!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Intel memperkenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake yang kabarnya sebagai solusi untuk hemat daya dan meningkatkan performa.

Kenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake (wccftech)

Kenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake (wccftech)

Majunya teknologi manufaktur CPU berdampak positif terhadap pelestarian lingkungan. Salah satu contohnya adalah chipset Alder Lake N100 yang baru Intel rilis pada awal tahun 2023. Bagaimana spesifikasi CPU ini dan apakah sesuai dengan kebutuhan kamu? Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang chipset Intel N100.

Kenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake, Solusi Untuk Hemat Daya!
Kenalkan Chipset Intel N100 Alder Lake (BOSGAME Mini PC)

1. Memiliki tingkat TDP yang sangat minim

Chipset Intel N100 memiliki rancangan untuk menjadi lebih efisien dalam penggunaan energi, sehingga menghasilkan konsumsi daya yang lebih rendah daripadab chip Intel Celeron sebelumnya.

Menurut informasi resmi dari Intel, chipset Alder Lake N100 memiliki TDP (thermal design power) sebesar 6 watt saja. Dengan TDP yang rendah, juga berarti mengurangi jumlah panas yang prosesor hasilkan.

Oleh karena itu, kebutuhan akan pendinginan aktif untuk komponen lain (seperti kipas CPU) dapat berkurang secara signifikan. Karena itu, chip N100 Alder Lake menjadi pilihan yang sempurna untuk berbagai aplikasi, termasuk pekerjaan kantor, multimedia, dan penggunaan server kecil atau di rumah. Kebutuhan utama ini dapat dipenuhi dengan mini PC dan laptop dengan spesifikasi rendah.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Chipset Snapdragon yang Digunakan Oleh Smartphone

2. Efisiensi energi yang optimal

Walaupun dalam iklannya sebagai chip hemat energi, chipset Intel N100 Alder Lake masih memberikan performa yang sangat baik untuk tugas komputasi sehari-hari dan game yang tidak terlalu berat.

Chip ini memiliki 4 inti dan 4 alur, dengan kecepatan dasar 1,8 GHz dan kecepatan turbo hingga 3,4 GHz. Menurut situs CPU Monkey, chip Intel Alder Lake N100 memiliki performa yang sama dengan Intel i5-6500T yang rilis pada tahun 2015.

Kedua CPU ini dalam pengujiannya menggunakan software benchmark seperti Cinebench R23, Geekbench 6, dan PassMark. Jika kita bandingkan dengan i5-6500T dengan TDP sekitar 35 watt, chipset N100 Alder Lake dapat dikatakan lebih unggul dalam hal performa per watt.

Tingkat kinerja ini sangat cocok untuk menangani tugas-tugas seperti spreadsheet, email, aplikasi web, dan bahkan game ringan seperti Valorant yang membutuhkan CPU yang baik.

BACA JUGA:  Satu Senior Pembuat Chipset Intel Mengundurkan Diri, Terpuruk?

BACA JUGA:

3. Chipset Intel N100 Memiliki Grafis terintegrasi kuat

Prosesor Intel N100 memiliki struktur Xe-LP yang terdiri dari 24 execution units (EU) dan fitur decoder AV1, serta kemampuan untuk memutar video dengan resolusi 8K 60 FPS.

Grafis terintegrasi ini sangat ideal bagi pengguna yang ingin menggunakannya sebagai perangkat multimedia dan gaming. Contoh penggunaannya adalah untuk memutar video dengan resolusi di atas 1080p dan bermain game ringan tanpa membutuhkan GPU tambahan.

Setelah mempelajari tentang chipset Alder Lake Intel N100, secara keseluruhan perangkat ini memberikan keefisienan energi, kinerja, dan grafis terintegrasi dalam satu paket untuk pengguna.

Dengan kata lain, jika kamu mencari sistem untuk memainkan game AAA terbaru, CPU ini bukanlah yang cocok untuk kamu. Namun, jika kamu mencari prosesor hemat daya untuk penggunaan kantor dan gaming ringan, kamu dapat mempertimbangkan beberapa mini PC dan laptop yang menggunakan chipset ini.

BACA JUGA:  8 Part atau Hardware Terbaik Untuk Build PC Editing & Desain
ChipsetKomponen KomputerKomputerMini PCProsesor

Related Posts