Mengenal Apa itu VGA, Serta Fungsi dan Macam-Macamnya

in ,
Apa itu vga, apa guna vga dan apa fungsi vga by teknodaim

Mungkin kamu punya temen-temen yang sering bahas tentang mana VGA untuk PC Gaming yang direkomendasikan, sedangkan kalian belum paham sama sekali apa itu VGA dan apa itu fungsi VGA. Bagi kamu yang penasaran, mari kita bahas.

Singkatnya, VGA adalah salah satu Hardware yang sangat berperan menunjang kualitas dan performa grafis atau tampilan layar sebuah PC. Saat ini, sudah ada sangat banyak macam dan inovasi keluaran VGA terbaru yang makin canggih.

Pengenalan Dasar, Apa itu VGA?

VGA Untuk PC Gaming, Apa Fungsi VGA, Apa itu VGA by Teknodaim

VGA sendiri adalah sebuah istilah singkatan dari Video Graphics Array. Perangkat ini merupakan tipe standar koneksi perangkat video seperti monitor dan proyektor. Umumnya VGA mengacu pada jenis kabel, port dan konektator.

Jika dibandingkan dengan yang sering digunakan sekarang, VGA di jaman ini telah digantikan dengan jenis kabel canggih baru seperti DVI dan HDMI.


Baca Juga:


VGA memiliki prosessor yang disebut juga dengan GPU atau Graphics Processing Unit. Artinya perangkat VGA juga memerlukan memori.

VGA Untuk PC Gaming, Apa Fungsi VGA, Apa itu VGA by Teknodaim
Gambar: Toko Abu Sidik

Awalnya, standar VGA dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 silam dan mengacu pada resolusi layar 640×480 piksel. kemudian, VGA adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.

VGA yang umum digunakan adalah super VGA atau SVGA, yaitu VGA yang memungkinkan resolusi lebih besar dari 640×480, seperti 800×600 atau 1024×768 .Sambungan VGA standar memiliki 15 pin masing-masing.

Secara ringkas, apa itu VGA? Kartu Grafis atau VGA adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menerjemahkan rakitan dari sebuah tampilan komputer ke monitor. Windows sampai saat ini pun masih menggunakan modus VGA.

Apa Fungsi VGA dan Manfaatnya? VGA Untuk PC Gaming

VGA Untuk PC Gaming, Apa Fungsi VGA, Apa itu VGA by Teknodaim

Setelah kamu memahami apa itu VGA serta dasar-dasar yang harus diketahui, kita lanjut ke manfaat atau fungsi dari VGA itu sendiri. Sampai saat ini, semua jenis Motherboard memiliki kartu VGA built-in atau slot untuk memasukan VGA.

Apa Fungsi VGA? Kartu Grafis atau VGA memiliki fungsi untuk untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor. Kemudian, fungsi lain dari VGA adalah untuk menerjemahkan output komputer ke monitor.

Fungsi VGA yang wajib kamu ketahui lainnya adalah untuk menyimpan data dari hardisk, kemudian menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses serta menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

Dengan memahami ini, kamu mengerti bahwa VGA sejatinya sangat penting untuk kebutuhan game atau mendapatkan kualitas bermain game yang baik. Saat ini brand penghasil VGA terkenal salah satunya adalah ATI dan nVidia.



Gambar: Tech Advisor

Penting: Banyak orang yang mengalami salah paham tentang VGA. Beberapa motherborad memiliki display onboard sendiri, yaitu kartu grafis internal bawaannya sendiri dan ada juga yang tidak memiliki.

VGA Untuk PC Gaming – Maka dari itu, kamu juga harus paham perbedaan VGA On-Board dan VGA eksternal atau VGA tambahan:

VGA On-Board adalah jenis yang banyak digunakan laptop atau perangkat komputer standar, artinya jenis yang satu ini seperti sudah tertanam atau dibuat bersamaan langsung dengan motherboard.

VGA ini sendiri bekerja dengan memanfaatkan RAM. Jika kamu mengharapkan kualitas dan pengalaman bermain game dengan grafik 3D dengan VGA On-Board, itu salah besar. VGA On-Board tidak mengutamakan hal semacam itu.

Dibandingkan dengan VGA On-Board yang memiliki banyak kelemahan bahkan seiring berjalannya waktu, VGA Card atau VGA Add-On adalah rekomendasi yang jauh lebih baik. Tentunya yang satu ini letaknya terpisah dari motherboard.

VGA Card memiliki socket khusus untuk dapat diinstal sebuah PC atau perangkat serupa. Selain itu VGA yang satu ini tidak bergantung pada RAM seperti VGA On-Board. Dengan VGA ini, maka editing dan bermain game akan lebih berkualitas.

Jika kamu ingin mendapatkan performa yang lebih baik dari yang sudah ada, kamu bisa menambahkan VGA yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jenis VGA Card Berdasarkan Memori

Gambar: Lab Immersa

VGA Card punya jenis-jenisnya yang masing-masing berbeda loh. Berdasarkan klasifikasi memori, berikut adalah jenis VGA Card:

  • Dynamic RAM (DRAM)

VGA Card DRAM biasanya digunakan oleh komputer yang masih berspesifikasi tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan memiliki banyak pilihan warna. Biasanya berkecepatan 80ns/70ns pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

  • EDO RAM

VGA Card EDO RAM adalah VIGA yang biasanya digunakan komputer 64 bit, dengan kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lainnya.

  • VRAM

VRAM memiliki kecepatan 20-10 n dan lebih mahal dibandingkan jenis sebelumnya. VRAM biasanya dipasang untuk keperluan desain grafis dan gaming.

  • SGRAM

SGRAM atau Synchronous Graphic RAM memiliki kecepatan kurang dari 10 ns. Kebanyakan VGA Card jenis ini digunakan pada kartu grafis kelas tinggi dengan kemampuan 3D accelerator seperti Matrox MGA millenium dan mystique 3D.

  • Rambus

Jenis VGA Card yang terakhir adalah jenis yang digunakan oleh perangkat khusus hanya untuk gaming seperti Nitendo atau Sega, dan hanya di produksi oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Jika kamu ingin membeli VGA Card untuk berbagai kebutuhan kamu saat ini, penting untuk memperhatikan apakah socket VGA sesuai dengan slot motherboard pada komputer kamu saat ini. VGA untuk PC gaming.

Kemudian perhatikan juga untuk apa tujuan kamu menambah atau mengganti VGA Card. Dan yang paling penting adalah semakin tinggi kualitas VGA, maka daya listrik yang diperlukan juga akan lebih tinggi lagi dari sebelumnya.



Untuk anak gaming, tentunya VGA berkualitas tinggi sangat diperlukan. Untuk yang sangat Worth It saat ini, mungkin kamu bisa mencoba GTX 1080 atau RTX 2060 yang relatif lumayan mahal. Semoga kamu nemuin VGA yang sesuai.


Referensi: Podfeeder

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *