Pengertian RAM, Fungsi Serta Masing-Masing Kapasitasnya Pada Smartphone Atau Komputer

in ,
Apa itu ram, apa fungsi ram dan bagaimana cara memilih ram by teknodaim

Bagi kamu yang sering menggunakan gadget seperti Laptop, Smartphone atau bahkan Komputer, setidaknya pasti pernah mendengar kata RAM. Apa itu RAM, apa fungsi RAM serta bagaimana cara memilih RAM yang baik dan benar?

Random Access Memory atau RAM adalah sebuah perangkat yang digunakan pada gadget atau komputer untuk dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Tentu, RAM berdampak terhadap kecepatan kinerja sebuah perangkat, entah itu komputer, laptop ataupun android.

Mengenal Lebih Jauh Tentang RAM dan Fungsinya

RAM memiliki kemampuan khusus untuk mengakses data secara acak, karena itulah data dapat ditampilkan lebih cepat. RAM juga menyimpan data sementara pada sebuah perangkat di saat belum sempat disimpan ke HDD atau SSD.

Sayangnya, tidak seperti Hard Disk atau Solid State Drive, RAM hanya menyimpan sebuah data sementara dan akan hilang secara otomatis saat perangkat dimatikan.

Apa itu ram apa fungsi ram dan bagaimana cara memilih ram by teknodaim

Penjelasannya adalah, ketika pengguna membuka sebuah program atau data maka akan terjadi pemindahan data dari Hard Disk menuju RAM.

Mengapa seperti itu? Karena data yang diambil RAM akan dapat diakses lebih mudah dibandingkan pada memori lain. Jadi, mengakses data dari RAM tak akan memerlukan waktu lama atau Lag Time. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula data atau memori sebuah program dapat diakses.

Jika kamu punya komponen-komponen pada PC yang mempuni, kualitas dan kapasitas RAM adalah suatu hal yang juga tak kalah penting harus diperhatikan.


Baca Juga:


Fungsi RAM yang Utama

Apa itu ram apa fungsi ram dan bagaimana cara memilih ram by teknodaim
Gambar: Dekstop dan Contoh Pemakaian RAM

Pada dasarnya, RAM memiliki fungsi untuk membaca data. Namun hardware yang satu ini bekerja lebih cepat dibanding HDD. Tugas RAM itu membaca dan menyimpan data sementara saja, bukan permanen atau ruang penyimpanan.

Jika kamu bingung lebih cepat dan responsive mana antara RAM dan SSD, jawabannya adalah RAM. Namun hal ini wajar saja, karena tugas RAM lebih sedikit dibanding SSD sebagai penyimpanan data lebih lama atau permanen.

Kapasitas RAM

Apa itu ram apa fungsi ram dan bagaimana cara memilih ram by teknodaim 1
Gambar: Contoh RAM dengan Kapasitas 10 GB (10240 MB)

Seperti yang sudah dibahas tadi. Sebagai penyimpanan dan data sementara dan pengakses cepatnya, semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin bagus performa dan kecepatannya terutama untuk mengimbangi komponen lain.

Jika komputer kamu saat ini mengalami kinerja yang lamban, coba cek kapasitas atau ukuran RAM yang dipakai pada perangkat apakah berkapasitas cukup atau tidak. Jika merasa kurang, kamu bisa melakukan Upgrade RAM yang lebih tinggi.



Apalagi bagi yang mau rakit PC, performanya akan semakin baik jika RAM yang digunakan juga berkapasitas baik. Jika Motherboard kamu mendukung lebih dari satu slot RAM, isilah keduanya opsional sesuai kebutuhan yang tepat.

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu RAM, apa fungsi RAM sedangkan cara memilih RAM yang baik itu berdasarkan merk atau brand serta yang utama itu adalah kapasitasnya. Soal RAM, kamu sekarang paham? Semoga bermanfaat.


Referensi: Nesaba Media

0/5 (0 Reviews)