Xiaomi 14 Punya Fitur AI Tersembunyi, Begini Penjelasannya

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Xiaomi 14 memiliki berbagai fitur kecerdasan buatan yang tidak terlihat secara langsung namun sangat berguna dalam mengedit foto.

Xiaomi 14 Punya Fitur AI Tersembunyi, Begini Penjelasannya

Xiaomi 14 Punya Fitur AI Tersembunyi, Begini Penjelasannya

Xiaomi 14 memiliki berbagai fitur kecerdasan buatan yang tidak terlihat secara langsung namun sangat berguna dalam mengedit foto. Ponsel flagship dari Xiaomi ini menawarkan kualitas foto terbaik di antara ponsel-ponsel lain yang ada di pasaran.

Kemampuan kamera pada smartphone ini terutama ditentukan oleh hardware yang digunakan. Xiaomi memiliki keunggulan yang memungkinkan mereka bisa bersaing dengan merek-merek smartphone lain yang sudah memiliki fitur kecerdasan buatan (AI).

Google dan Samsung telah mempromosikan fitur AI generatif yang ada pada ponsel mereka. Bahkan, OnePlus, produsen ponsel asal China, juga turut serta dengan fitur penghapus foto yang menggunakan teknologi AI.

Xiaomi 14 Punya Fitur AI Tersembunyi, Begini Penjelasannya
Xiaomi 14

Fitur Penghapus Objek

Meskipun tidak Xiaomi promosikan, ponsel HP Xiaomi 14 sebenarnya memiliki fitur AI. Namun, ponsel ini terlihat kalah saing dengan smartphone lain yang lebih menonjolkan fitur AI mereka.

BACA JUGA:  Bocoran Galaxy A55, Pakai RAM 8GB dan Chip Exynos 1480!

Pada tahun 2017, Xiaomi telah memperkenalkan fitur penghapus objek pada MIUI 9 sebagai contoh. Fitur AI ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan objek yang mengganggu keindahan dari foto yang pengguna ambil.

Pada tahun 2019, MIUI 10 menghadirkan fitur baru yaitu pengubah langit yang memungkinkan pengguna untuk mengedit langit dalam foto mereka. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur pencahayaan dan efek pada foto sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, Xiaomi juga telah mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) ke dalam sistem operasi HyperOS pada Xiaomi 14. Meskipun demikian, fitur ini tidak secara langsung terlihat oleh banyak orang sehingga masih banyak yang belum mengetahui kehadiran fitur ini.

Fitur AI tersebunyi

HP flagship Xiaomi ini memiliki kemampuan AI yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur AI Subtitle saat menonton video. Fitur ini memungkinkan transkripsi audio dilakukan secara langsung dan real-time.

BACA JUGA:  Tecno Spark 20 Pro dengan Kamera Boba dan Performa Unggul!

AI Album Search adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari gambar tertentu dalam koleksi foto mereka dengan menggunakan deskripsi gambar. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan gambar yang mereka cari tanpa harus melihat satu per satu dalam koleksi foto mereka.

Selain fitur tersebut, terdapat juga fitur AI Portrait yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto yang sudah ada sebelumnya menjadi foto potret dengan latar belakang yang terlihat kabur. Pengguna dapat mengatur tingkat kekaburan sesuai dengan preferensi mereka.

Fitur terakhir adalah AI Expansion, yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memperluas gambar menggunakan kecerdasan buatan generatif.

Menurut analis ini, Xiaomi 14 Ultra memiliki fitur AI Expansion On-device yang memungkinkan pengguna untuk memperluas foto tanpa perlu terhubung ke internet untuk mengunggah foto ke server pusat Xiaomi.

Selain itu, ada juga opsi Erase yang terdapat pada Xiaomi 14 Ultra yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek, garis, atau orang yang dianggap mengganggu keindahan foto. Namun, menurut laporan, fitur ini masih belum sempurna, sehingga Xiaomi belum banyak membahas tentang fitur kecerdasan buatan (AI) yang Xiaomi 14 miliki.

BACA JUGA:  Ketahui Nama-nama Istilah Android dari 1.0 Hingga Android 13

Baca juga:

AndroidHP XiomiSmartphone XiaomiXiaomixiaomi 14

Related Posts