GadgetAndroidiOS

Mending Pilih iPhone atau Android? Jangan Sampai Salah!

Walaupun sekarang sudah tahun 2022, masih banyak orang yang bingung mending pilih iPhone atau Android. Padahal hal ini bisa dihindari sesuai preferensi masing-masing pengguna.

Namun disini kami akan memberikan kamu beberapa alasan bagus iPhone atau Android agar kamu dapat memilihnya. Walaupun perbandingan ini sendiri tidak terlalu penting mengingat kedua kubu memiliki harga masing-masing.

Alasan Mending Pilih iPhone atau Android

Mending Pilih iPhone atau Android
iPhone vs Android | Esasaja

Pertama-tama disini kami akan memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing smartphone. Untuk yang pertama kita akan membahas iPhone, mengingat lebih banyak orang yang menyukai smartphone tersebut.

Kelebihan iPhone

Kelebihan Iphone
Kelebihan iPhone | Hybrid

iPhone sendiri memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Android, mengingat ini adalah smartphone buatan salah satu perusahaan terbesar di dunia, yaitu Apple. Jadi tidak mengejutkan bila iPhone memenangkan perbandingan mending iPhone atau Android ini nantinya.

1. OS dan UI Sederhana, Namun Mulus

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa iPhone memiliki sistem operasi (OS) yang sederhana. iOS sendiri memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna smartphone iPhone ini.

Soalnya Apple masih memberikan update untuk pengguna smartphone jadul mereka, seperti iPhone 6 keatas. Jadi bagus iPhone atau Android dalam hal OS? Tentu saja iPhone bila kamu pengguna awam yang ingin “asal jadi.”

2. iPhone Tidak Memiliki Bloatware / Aplikasi Iklan

Kita semua mengetahui bahwa iPhone itu memiliki sistem operasi yang anti bloatware atau aplikasi bawaan yang dari iklan. Tidak seperti Android yang kebanyakan memiliki aplikasi bloatware, seperti Xiaomi salah satunya. Jadi menurut kamu, mending pilih iPhone atau Android dalam hal sistem operasi?

3. iPhone Lebih Awet untuk Jangka Panjang

Kalian pasti mengetahui bahwa iPhone adalah pilihan yang paling cocok untuk smartphone jangka panjang. iPhone 6 saja yang dirilis pada tahun 2014 saja masih awet sampai sekarang. Jadi menurut kamu bagus iPhone atau Android untuk jangka panjang? Tentu saja iPhone!

4. Kinerja yang Sangat Baik

Berkat iOS, sistem operasi iPhone, smartphone ini memiliki kinerja yang sangat baik karena penyesuaian sistem operasinya yang luar biasa hebat. Jadi tidak heran bahwa rata-rata smartphone iPhone dapat bermain game ataupun sosmed dengan lancar.

5. iPhone Memiliki Branding yang Eksklusif

Branding iPhone sendiri selalu saja eksklusif, namun banyak yang beranggapan bahwa mereka meniru smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Namun tidak dipungkiri lagi bahwa iPhone memang jago dalam hal branding berkat tim marketing mereka.

6.Kualitas Kamera yang di Akui di Dunia

Jika ada yang bertanya mending pilih iPhone atau Android, pasti pengguna iPhone akan langsung memamerkan kualitas kamera mereka. Namun Android juga memiliki kualitas kamera yang luar biasa, salah satunya dari Google Pixel Series.

7. Dimiliki oleh Apple

Banyak orang yang sangat kagum dengan Apple, karena mereka sering sekali mengeluarkan produk yang luar biasa. Mengingat iPhone adalah bagian dari ekosistem Apple, tentu saja iPhone memiliki masa depan yang cerah.

8. Banyak Pilihan Aksesoris

Jika menurut kamu logo Apple masih kurang, iPhone memiliki banyak sekali pilihan aksesoris, maupun dari smartphone lawas sampai baru mereka loh. Jadi bagus iPhone atau Android dalam pilihan aksesoris? Tentu saja itu preferensi masing-masing dari kalian!

9. Privasi yang Terjaga Ketat

Rata-rata orang penting, seperti presiden menggunakan perangkat iPhone, karena privasinya terjaga dengan ketat dan menjaga data-data penting yang ada di dalam. Ini adalah poin besar bagi iPhone. Soalnya banyak sekali scam di internet sekarang, jadi kalian harus berhati-hati saat menjelajahi internet ya!

Kekurangan iPhone

Kekurangan Iphone
Kekurangan iPhone | detik

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tentu saja smartphone dari Apple ini memiliki kekurangan yang tidak bisa kamu lewatkan! Dengan mengetahui kekurangan iPhone ini, kamu mungkin akan melirik pilihan smartphone Android.

1. Memiliki Harga Mahal

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa iPhone memiliki harga yang mahal, dan banyak orang yang tidak mampu membelinya. Sepertinya Apple lebih menargetkan orang yang mampu dibandingkan pasar global. Jadi mending iPhone atau Android? Bagi kamu yang kurang dana, Android sendiri lebih memuaskan.

2. Pilihan yang Terbatas

Selain itu, Apple adalah perusahaan yang mengembangkan iPhone sendirian. Jadi pilihannya pun terbatas, tidak seperti Android yang memiliki banyak vendor, seperti Samsung, OPPO, dan masih banyak lagi.

3. Ekosistem Cloud yang Cenderung Rendah

Kita mengetahui bahwa Google selaku pembuat sistem operasi Android memiliki ekosistem Cloud yang hebat. Tidak seperti Apple, sistem cloud mereka cenderung rendah dibandingkan dengan Google. Bagi kamu yang selalu ingin menggunakan Cloud, pasti bertanya bagus iPhone atau Android dalam hal seperti ini bukan.

4. Personalisasi yang Terbatas

iPhone memiliki sistem operasi iOS yang membataskan penggunaannya untuk melakukan personalisasi, seperti ROOT, ganti icon dan semacamnya. Jadi ini sendiri bisa dibilang kekurangan yang besar bagi iPhone. Mungkin karena alasan ini, pertanyaan mending pilih iPhone atau Android sudah tidak dibutuhkan lagi.

Kelebihan Android

Kelebihan Android
Kelebihan Android | Good News from Indonesia

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone, pasti kamu penasaran bukan bagaimana dengan Android? Tenang, disini kami memberikan informasi lengkap kepada kamu, jadi pertanyaan mending pilih iPhone atau Android bisa kamu putuskan sendiri.

1. Banyak Harga dan Varian Smartphone

Tidak seperti Apple, Android memiliki banyak sekali pilihan smartphone dan harga. Jadi pertanyaan mending pilih iPhone atau Android sendiri tidak masuk akal disini. Jadi pilihlah yang cocok dengan kamu, dan bukan karena gengsi.

2. Memiliki Port Charging Universal

Kita mengetahui bahwa Android memiliki port charging yang universal, mulai dari USB type-C, Micro USB, bahkan bisa menggunakan Lightning dari Apple juga. Berkat hal ini, kamu lebih leluasa untuk menggunakan perangkat lainnya juga, seperti laptop, headset dan semacamnya. Bagaimana menurut kamu, alasan mending pilih iPhone atau Android ini cukup bagus bukan?

3. Pilihan Personalisasi yang Luar Biasa Banyak

Seperti yang tadi kami katakan, iPhone memiliki kekurangan yang fatal, yaitu dalam hal personalisasi smartphone. Berbeda dengan Android yang memiliki sangat banyak pilihan personalisasi.

Bahkan bila kamu adalah orang yang expert dalam hal smartphone, seperti ROOTING dan semacamnya, kamu dapat mempersonalisasi UI dari sistem ini. Seperti menganti icon bar, ganti icon, ganti ROM, dan masih banyak lagi. Jadi bagus iPhone atau Android nih dalam hal personalisasi? Tentu saja Android dong!

4. Dapat Menggunakan Memori Tambahan

Android memiliki slot memori tambahan atau SD Card yang luar biasa hebat. Karena terdapat smartphone dari Android yang dapat menggunakan memori tambahan hingga 1TB! Tentu saja ini adalah nilai lebih bagi Android dibandingkan dengan iPhone. Mengingat rata-rata iPhone lawas memiliki penyimpan yang cukup rendah untuk tahun 2022 ini.

Kekurangan Android

Kekurangan Android
Kekurangan Android | Price Area

Sama seperti iPhone, tentu saja Android juga memiliki kekurangan yang cukup fatal. Namun beberapa kekurangan ini bisa kamu atasi loh, dengan cara melakukan penelusuran terlebih dahulu, seperti di komunitas dan semacamnya.

1. Privasi yang Kurang Bagus

iPhone adalah perangkat yang mementingkan privasi, oleh karena itu iPhone sangat bagus dalam hal privasi dibandingkan Android. Jadi, mending pilih iPhone atau Android? Jika kamu expert, bisa saja loh Android memiliki privasi yang bagus.

Kamu dapat memodifikasi perangkat smartphone yang menggunakan Android dengan melakukan ROOTING dan semacamnya. Dengan begitu, privasi Android kamu bisa sama hebatnya dengan iPhone.

2. Pembaruan yang Terbatas dan Lama

Seperti yang tadi kami katakan, iPhone lawas sekalipun masih mendapatkan pembaruan dari Apple. Berbeda dengan Android, pembaruan Android lawas sendiri sangat terbatas dan cenderung lama.

Sebagai contoh, Android 12 baru meluncur Oktober lalu, pembaruan untuk Android 12 sendiri untuk saat ini rata-rata diaplikasikan untuk smartphone flagship. Jadi bagus iPhone atau Android nih dalam hal pembaruan? Tentu saja iPhone ya sobat Teknodaim!

3. Pemakaian yang Cukup Membingungkan Bagi Awam

Mending pilih iPhone atau Android? Tentu saja iPhone bagi kamu yang awam dalam hal smartphone! Soalnya Android sendiri cukup berbahaya jika digunakan oleh orang awam, data-data kamu bisa tersebar jika sembarangan!

Berbeda dengan iPhone yang cukup friendly dengan pengguna awam, karena UI-nya yang mulus dan bagus, cocok digunakan oleh siapapun. Namun budget orang berbeda-beda, jadi jika kamu awam, pastikan pelajari cara penggunaan Android dulu ya!

4. Sering Mendapatkan Bug

Jika melakukan update pembaruan kepada smartphone Android kamu, pastikan membaca atau menelusuri update tersebut terlebih dahulu. Soalnya sering sekali Android memberikan update yang malah membuat bug kepada smartphone penggunanya. Ini adalah nilai kurang yang sangat besar, mengingat banyak sekali pengguna Android di dunia ini.

Kesimpulan Mending Pilih iPhone atau Android

Kesimpulan Mending Pilih Iphone Atau Android
Kesimpulan Mending Pilih iPhone atau Android | Droila

Dengan semua alasan diatas, menurut kamu bagus iPhone atau Android nih? Tentu saja itu preferensi masing-masing dari kalian ya! Kalo menurutku, Android adalah pilihan yang tepat bagiku, karena aku suka melakukan modifikasi pada smartphone yang kumiliki.

Contohnya seperti ROOTING, OVERCLOCKING, MODULE THERMAL, MAGISK dan masih banyak lagi. Namun bagi kamu yang masih bingung dalam pilihanmu, kami akan memberikan penjelasan yang mudah.

Singkatnya begini. Bila kamu memiliki budget yang tinggi, ingin kualitas bagus dan asal pakai, pilih iPhone. Sedangkan bila kamu memiliki budget yang terbatas, namun ingin memiliki smartphone yang bagus, pilih Android. Ingat, jangan biarkan gengsi mengalahkan kalian ya!

What's your reaction?

Related Posts