GadgetListicleSmartphone

12 Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang Wajib Kamu Ketahui Agar Tidak Ketipu

iPhone merupakan salah satu produk buatan perusahaan Apple yang diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Kepopulerannya tersebut membuat iPhone memiliki produk tiruan yang bernama HDC.

Meskipun tiruan, tapi produk iPhone HDC memiliki tampilan desain yang begitu mirip seperti iPhone asli. Bahkan mungkin tidak bisa dibedakan jika hanya melihat dari segi tampilan luarnya saja.

Meski begitu, masih ada beberapa perbedaan yang dapat kamu gunakan untuk menjadi perbedaan iPhone HDC dan Ori. Hal ini sangat penting untuk diketahui terutama buat kalian yang belum pernah pegang iPhone biar gak ketipu.

Baca Juga:

Apa itu iPhone HDC?

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iPhone | Toms Guide

iPhone HDC adalah iPhone palsu atau versi tiruan yang bukan resmi buatan perusahaan Apple. Melainkan dibuat oleh pihak ketiga yang sering menjualnya di Marketplace dengan deskripsi HDC sebagai tanda bahwa itu bukan iPhone versi original.

Meski begitu masih ada beberapa pihak yang menipu pembeli dengan menjual iPhone HDC sebagai iPhone Ori dengan harga yang mahal. Bahkan parahnya sudah ada banyak korban yang kena tipu, mereka yang mengira membeli iPhone Original ternyata malah membeli iPhone HDC dengan harga yang mahal.

Jadi sebaiknya berhati-hati dalam membeli iPhone, kalau mau aman mending beli langsung dari situs resmi seperti Apple Online Store, iBox dan toko resmi lainnya.

12 Perbedaan HP iPhone HDC dan Ori

Terdapat beberapa perbedaan yang bisa kamu pakai untuk membedakan antara iPhone HDC dan iPhone Ori. Kebanyakan perbedaannya harus kamu cek langsung melalui perangkat iPhone.

1. Spesifikasi Beda Jauh

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iPhone | Teknologi.ID

Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang paling utama terletak pada bagian spesifikasi. Dimana keduanya mempunyai spesifikasi yang tidak jelas atau berbeda jauh dari iPhone Original.

Kamu bisa bedakan saja langsung spesifikasi antara iPhone HDC dan Ori mulai dari layar, performa, kamera, baterai dan lain-lain. Pastikan bahwa iPhone yang kamu pakai memiliki spesifikasi yang sesuai dengan spesifikasi iPhone Ori.

Kamu bisa membandingkan spesifikasi iPhone yang kamu pakai melalui situs resminya GSM Arena. Sebuah situs yang menyediakan informasi lengkap semua jenis Smartphone termasuk iPhone.


2. Performa iPhone HDC Jauh lebih Lelet

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iPhone HDC Gameplay PUBG Mobile | YouTube: Escuadrat Indonesia

Terdapat beberapa jenis iPhone HDC yang menuliskan spesifikasi yang sama seperti iPhone Ori untuk mengecoh para pengguna. Supaya mereka percaya bahwa iPhone yang mereka beli adalah iPhone Ori.

Kamu bisa lihat saja langsung review-review di YouTube tentang performa iPhone HDC yang sangat-sangat meragukan. Terlebih lagi buat kamu yang hobi bermain game, sangat tidak dianjurkan membeli iPhone HDC. Sebab performa yang kamu dapatkan akan sangat mengecewakan, performanya setara dengan HP seharga dibawah 1 jutaan.


3. Kapasitas RAM Tidak Jelas

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iPhone | Apple

Sejauh ini hingga iPhone 13, Apple hanya menambahkan kapasitas RAM mulai dari 3GB, 4G dan maksimal 6GB. Sementara untuk iPhone HDC menawarkan kapasitas RAM yang tidak jelas, ada yang bertuliskan 4GB, 6GB, 8GB, 10GB, 12GB dan lainnya (sesuai keinginan penjual iPhone HDC).

Padahal itu bohong, sebab ketika dites rasanya kapasitas RAM iPhone HDC hanya berasa seperti RAM 1GB hingga 2GB saja.


4. Kamera

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
Perbedaan Kamera iPhone HDC dan Ori

Lanjut ke perbedaan iPhone HDC dan Ori pada bagian kamera dimana kualitas kamera keduanya sangat jauh berbeda. Kalau kamu ingin membeli HP dengan kamera bagus tapi harga murah, lebih baik pilih HP Android yang harga 1-2 jutaan.

Soalnya kualitas kamera iPhone HDC sama seperti HP seharga 1-2 jutaan, bahkan kamera HP Android lebih bagus dari HP HDC.

Kamu bisa lihat langsung beberapa perbedaan iPhone HDC dan Ori pada bagian kamera, baik itu kamera belakang dan kamera depan.

Perbedaan Kamera
Perbedaan Kamera HDC vs Ori | YouTube: iPhone Milenial
Perbedaan Kamera
Beda Kamera HDC vs Ori | YouTube: iPhone Milenial

5. iPhone HDC Biasanya Pakai Panel Layar IPS

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
Layar iPhone | Asia Insider

Bagian layar, kebanyakan jenis iPhone HDC biasanya menggunakan jenis panel IPS untuk tampilan layarnya. Berbeda seperti iPhone Ori yang sudah menggunakan jenis panel AMOLED atau Super AMOLED mulai dari iPhone X hingga iPhone 13 dan seterusnya.

Untuk cara membedakan layar IPS dan AMOLED atau Super AMOLED, kamu bisa membandingkannya dengan menonton layar iPhone dari jarak jauh.

Jika tampilan layar iPhone terlihat buram, maka kemungkinan besar itu iPhone HDC sebab layar IPS terlihat buram ketika dilihat dari jarak jauh.

Kemudian jika layar iPhone terlihat jernih meskipun dilihat dari jarak jauh, maka itu adalah iPhone Original. Sebab layar AMOLED atau Super AMOLED dapat menampilkan tampilan layar yang jernih meskipun dilihat dari jarak jauh sekalipun.


6. Cek Sistem Operasi atau OS iPhone

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iOS | Inside Digital

iPhone HDC tidak mampu meniru bagian OS dari iPhone Original, biasanya iPhone HDC lebih sering memakai OS dari Android. Sedangkan untuk iPhone Original atau yang asli selalu menggunakan OS berbasis iOS.

Mengenai cara cek sistem operasi atau OS, kamu bisa pergi ke Pengaturan > Mengenai atau About dan lihat sistem operasi yang digunakan.


7. Cek IMEI iPhone

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
IMEI iPhone | Erafone

Semua jenis HP mempunyai yang namanya IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Yakni sebuah nomor yang umumnya unik, untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit resmi.

Tapi iPhone HDC tidak memiliki IMEI, jadi kamu bisa mengecek IMEI pada iPhone untuk membedakan apakah iPhone HDC atau iPhone Ori.

Baca juga: 5 Cara Cek IMEI iPhone Asli Dengan Mudah!


8. Slot Kartu MicroSD

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
Slot Kartu MicroSD

Salah satu perbedaan HP iPhone HDC dan Ori yang paling mencolok terletak pada bagian slot kartu MicroSD.

Jika kamu menemukan produk iPhone yang mempunyai slot kartu MicroSD, maka dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah iPhone HDC. Sebab iPhone Ori tidak mempunyai slot kartu MicroSD.


9. Tombol Screenshot

IphonePerbedaan iPhone HDC dan Ori
Screenshot di iPhone

iPhone Original biasanya menggunakan tombol kunci dan home yang ditekan secara bersamaan untuk melakukan Screenshot. Sedangkan iPhone HDC tidak bisa mengambil Screenshot dengan menekan kedua tombol tersebut.


10. Cek Material iPhone

Perbedaan iPhone HDC dan Ori
iPhone | Apple

Apple selalu menambahkan material terbaik untuk produk-produk iPhone miliknya, material yang digunakan Apple selalu sangat bagus. Berbeda jauh seperti iPhone HDC yang sering kali menggunakan plastik sebagai material untuk bagian bodinya.


11. iPhone HDC Tidak Mempunyai iTunes

iTunes
iTunes | LifeWire

Ketika membuka iPhone Ori, pengguna akan menemukan yang namanya iTunes untuk menghubungkan iPhone dengan perangkat lain. Tapi iTunes tidak dapat ditemukan pada jenis iPhone HDC.

Ini dapat menjadi pembeda iPhone HDC dan Ori, sebab iPhone HDC biasanya selalu saja tidak bisa terhubung dengan perangkat lain.


12. Harga

iPhone
iPhone Unboxing | Apple

Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang terakhir terletak pada bagian harga, dimana iPhone HDC cenderung mempunyai harga yang jauh lebih terjangkau. Kalau kamu menemukan produk seperti iPhone 13 yang dijual seharga Rp 3-5 jutaan, maka kemungkinan besar itu adalah iPhone HDC.

Sebab iPhone 13 Original dijual dengan harga paling murah Rp 10-12 jutaan untuk varian RAM terendahnya.

Untuk kamu yang merasa bahwa iPhone HDC dapat menjadi pilihan karena harganya lebih murah. Maka kamu akan menyesal, sebab kualitas iPhone HDC lebih jelek dari kualitas HP Android resmi yang harganya dibawah iPhone HDC. Jadi jangan sampai tergiur oleh harga yang murah ya.


Demikian itulah tadi informasi terkait 12 perbedaan iPhone HDC dan Ori yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts