GadgetSmartphoneTips

5 Perbedaan Utama Antara HP HDC dan HP Ori yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Buat kamu yang sering searching atau scrolling di toko online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Pasti pernah melihat sebuah penawaran tentang sebuah HP yang dijual dengan harga lebih murah dari biasanya.

Hal seperti ini perlu untuk kamu waspadai, karena bisa jadi HP tersebut merupakan HP HDC atau HP tiruan yang menyerupai produk aslinya (palsu). Mengerikannya, HDC kini telah mampu menirukan banyak jenis HP dengan sangat baik bahkan hampir tidak ada perbedaan jika hanya melihat dari segi tampilan desain saja.

Meski begitu, masih ada beberapa perbedaan yang dapat kamu gunakan untuk menjadi pembeda antara HP HDC dan Ori yakni sebagai berikut.

5 Perbedaan HP HDC dan Ori

Beberapa perbedaan yang Teknodaim berikan di bawah ini berlaku untuk semua jenis HP baik itu Android maupun iOS seperti iPhone.

Spesifikasi Berbeda Jauh

Walaupun secara desain HP HDC mampu menyamai HP Original, tapi terdapat banyak hal yang tidak dapat ditiru HP HDC. Yakni spesifikasi, dimana HP HDC biasanya memiliki spesifikasi yang tidak jelas atau berbeda jauh dari HP Original.

Spesifikasi HP
Spesifikasi HP | Androidtechno

Spesifikasi yang ada pada HP HDC biasanya tertulis sama seperti HP Ori padahal itu hanyalah sebuah ilusi belaka supaya pengguna percaya bahwa itu bukan HP HDC.

Untuk dapat melihat spesifikasi HP secara asli, kamu bisa gunakan beberapa aplikasi cek spesifikasi HP seperti CPU-Z, Geekbench, Device Info dan masih banyak lagi.

Beberapa spesifikasi penting yang perlu kamu perhatikan antara lain:

  • Layar
  • OS
  • Chipset
  • Kapasitas RAM
  • Memori Internal
  • Kamera
  • Baterai
  • Charger

HP HDC Jauh Lebih Lelet Ketimbang HP Ori

Ilustrasi Bermain Game
Perbedaan HP HDC dan Ori | Ilustrasi Bermain Game (Pexels)

Karena memiliki spesifikasi yang berbeda, maka secara otomatis HP HDC juga mempunyai perbedaan yang sangat signifikan dalam hal performa.

Kamu bisa melihat saja langsung review-review yang ada di YouTube tentang performa HP HDC yang sangat meragukan. Apalagi buat kamu yang hobi bermain game, maka HP HDC sangat tidak rekomended karena hanya akan mengecewakan.

Kualitas Kamera

HP HDC mungkin mampu meniru desain dari HP Original, tapi tidak mampu meniru kualitas kameranya. Karena memang dasarnya mereka hanya meniru desain, bukan spesifikasi jadi kamera dapat menjadi salah satu cara untuk membedakan antara HP HDC dan HP Ori.

Berikut ialah contoh dari perbedaan beberapa pengambilan foto HP HDC dan HP Ori:

Perbedaan Kamera
Perbedaan Kamera HDC vs Ori | YouTube: iPhone Milenial
Perbedaan Kamera
Beda Kamera HDC vs Ori | YouTube: iPhone Milenial
Perbedaan Kamera
Perbedaan Kamera HDC vs Ori | YouTube: iPhone Milenial

Kapasitas RAM

Ram
Ilustrasi RAM HP: HarapanRakyat,com

Kemudian aspek yang paling sering dan paling banyak HDC kurangi yaitu kapasitas RAM. Salah satu aspek paling penting dalam sebuah HP untuk bisa menjalankan suatu aplikasi atau game dengan lancar.

Misalkan kamu membeli HP dengan kapasitas RAM 8GB tapi pas kamu cek spesifikasinya malah berkapasitas 4GB atau berbeda dari yang tertera. Maka hal tersebut dapat menandakan bahwa HP kamu bisa jadi merupakan HP HDC.

Baca juga:

Harga yang Terjangkau Murah

Perbedaan HP HDC dan Ori
Ilustrasi Barang Murah | Media Konsumen

Salah satu cara supaya banyak orang yang membeli HP HDC ialah dengan menawarkan harga yang jauh terjangkau dari harga aslinya.

Padahal itu merupakan sebuah teknik marketing agar orang tertarik dan mulai mencoba untuk membeli HP HDC yang bahkan kalah dengan HP murah tapi Original.

Harga mungkin penting, tapi kualitas juga tak kalah penting untuk kamu pertimbangkan. Jangan sampai membeli barang murah yang benar-benar murahan yang justru malah bisa membuatmu menjadi rugi.


Demikian itulah tadi informasi terkait perbedaan antara HP HDC dan HP Original yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts