Teknodaim

    Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree

    Apakah kamu tahu apa perbedaan antara headset, earphone, dan headphone yang sering kita gunakan?

    Seorang Pria Sedang Tidak Menggunakan Headset, Melainkan Headphone (mymemory)

    Seorang Pria Sedang Tidak Menggunakan Headset, Melainkan Headphone (mymemory)

    Orang yang suka musik pasti tidak bisa lepas dari perangkat audio seperti headphone, headset, dan sejenisnya. Tetapi, apakah kamu tahu apa perbedaan antara headset, earphone, dan headphone yang sering kita gunakan?

    Walau tidak perlu mengenalinya dengan detail, memiliki pengetahuan tentang perbedaan perangkat audio akan membantu saat ingin membeli atau menggunakan perangkat tersebut. Berikut adalah kriteria unik dari masing-masing perangkat untuk membedakannya.

    BACA JUGA:

    Headphone

    Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree
    Gambar Headphone (Amazon India)

    Headphone adalah sebuah perangkat yang terdiri dari dua driver yang terhubung dengan ikat kepala. Perangkat ini biasanya diletakkan di sekitar kepala saat digunakan.

    Pada masa lalu, headphone hanya digunakan sebagai alat untuk mendengarkan audio. Namun, headphone versi terbaru sekarang sudah lengkap dengan mikrofon bawaan, bahkan lengkap dengan teknologi nirkabel dan ANC.

    BACA JUGA:  6 Alasan Mengapa Harus Memilih Keyboard Mekanik

    Headset

    Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree
    Gambar Headset (Walmart)

    Headset adalah perangkat headphone yang lengkap dengan mikrofon, sehingga tidak hanya dapat kamu gunakan untuk mendengarkan suara, tetapi juga untuk berkomunikasi. Alat ini sangat cocok kamu gunakan dalam situasi komunikasi seperti melalui Skype, call center, atau video call.

    Headset atau headphone sering digunakan untuk menghubungkan dengan PC atau laptop. Headset biasanya memiliki dua jack audio, yang pertama untuk input mikrofon dan yang kedua untuk output speaker.

    Earphone

    Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree
    Gambar Earphone (Lootdeal.in)

    Jika kita lihat dari manfaatnya, earphone sebenarnya hampir sama dengan headphone. Alat ini juga terdiri dari dua driver. Namun, earphone memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah kamub bawa ke mana saja.

    Earphone adalah alat yang bisa kamu pasang langsung di dalam telinga. Ada dua jenis earphone, yaitu yang menggunakan kabel dan yang menggunakan teknologi bluetooth.

    Handsfree

    Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree
    Gambar Handsfree (skroutz.gr)

    Handsfree adalah jenis earphone yang lengkap dengan mikrofon dan tombol fungsi tambahan. Dengan menggunakan tombol fungsi tersebut, pengguna dapat mengatur volume suara, serta menerima atau mengakhiri panggilan.

    BACA JUGA:  Samsung Galaxy Tab A8 dengan Fitur dan Harga Terbaik

    Handsfree merupakan salah satu fitur yang umumnya ada pada dashbook smartphone yang kamu punya. Dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah banyak handsfree bluetooth yang dapat kamu gunakan tanpa kabel yang dianggap mengganggu. Meskipun earphone dan handsfree sebenarnya hampir sama, tetapi banyak orang lebih sering menyebutnya sebagai earphone daripada handsfree.

    BACA JUGA:

    Penutup

    Apa perbedaan antara headset, headphone, earphone, dan handsfree menurutmu berdasarkan penjelasan di atas? Dengan adanya fitur-fitur terbaru yang canggih, membuat keempatnya juga semakin serupa.

    Mungkin kamu bisa membedakannya berdasarkan penampilan fisiknya. Selain itu, ukuran pengemudinya juga bervariasi sesuai dengan bentuk dan fungsi perangkat itu.

    Setelah memahami perbedaan antara headset, headphone, earphone, dan handsfree, sekarang saatnya memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apa yang lebih kamu butuhkan dan sukai?

    BACA JUGA:  Huawei MatePad Pro 11 (2024) Hadir dengan Fitur Pesan Satelit!

    Related Posts