Gadget

Steam Deck, Perangkat Komputer Mini Bisa Mainkan Semua Game Steam

Valve telah mengumumkan Steam Deck pada tanggal 15 Juli 2021 lalu dan akan resmi rilis perdana pada bulan Februari 2022 di Amerika Serikat, Kanada, UE dan inggris. Kemudian akan mulai menyusul untuk wilayah lainnya mengikuti sepanjang tahun.

Steam Deck sendiri digadang-gadang akan menjadi perangkat konsol yang kemungkinan mampu menyaingi Smartphone untuk kebutuhan game. Sebab Steam Deck mampu memainkan semua jenis game yang ada di Steam.

Apa itu Steam Deck

Apa itu Steam Deck
Steam Deck | The Gamer

Steam Deck adalah sebuah perangkat komputer game portabel berbentuk mini yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Advanced Micro Devices (AMD).

Sebagai versi mini dari sebuah komputer atau PC, Steam Deck beroperasi dengan menggunakan prosesor AMD yang sudah dimodifikasi secara khusus. Hadir dengan ruang penyimpanan yang cukup luas mulai dari 64GB hingga 512GB.

Memainkan Semua Game Steam

Perangkat ini dibekali dengan prosesor AMD APU Kostum yang didasarkan pada arsitektur Zen 2 dana punya fitur 4-core dan 8-threads. Dengan kecepatan clock variabelnya 2.4 hingga 3.5GHz. Untuk GPU, menggunakan arsitektur RDNA2 terbaru dengan 8 unit komputasi dan APU memiliki amplop daya 4-15W.

Untuk penyimpanan, Valve menyediakan tiga tingkatan berbeda yang terdiri dari eMMC 64GB, varian paling lambat yang bisa kamu dapatkan di Steam Deck. Lalu ada pula varian menengah dengan penyimpanan NVMe SSD 256GB yang lebih cepat. Sementara varian tertingginya ada NVMe SSD 512GB yang punya kecepatan lebih cepat.

Apa itu Steam Deck
Steam Deck | Valve

Selain penyimpanan internal bawaan, Valvte juga menambahkan slot kartu MicroSD untuk pengguna yang ingin menambah lebih banyak ruang penyimpanan. Semua varian akan mendapatkan kapasitas RAM 16GB LPDDR5.

Steam Deck menjalankan sistem operasi berbasis SteamOS 3.0 milik Valve yang memiliki dukungan untuk dapat menjalankan game dengan lebih lancar. Bahkan Valve sendiri telah mengklaim bahwa pengguna dapat memainkan semua jenis game Steam di Steam Deck.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait apa itu Steam Deck, perangkat komputer mini yang bisa memainkan semua game Steam. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts