Teknodaim.com

Inilah Kelebihan dan Kekurangan MacBook Air M1 yang Perlu Kamu Ketahui!

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1
Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1

Selain memproduksi iPad dan iPhone, perlu kamu ketahui kalau perusahaan Apple juga sudah banyak menghadirkan perangkat Gadget berupa laptop. Salah satunya ialah Macbook Air M1 yang baru saja dirilis pada bulan November 2020 lalu.

Berbeda seperti generasi sebelumnya, Apple memutuskan untuk memasangkan prosesor buatan mereka sendiri yakni Apple M1 ke dalam Macbook Air M1. Berikut ialah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Macbook Air M1 termasuk juga spesifikasinya.

Spesifikasi Apple Macbook Air M1

Pertama mari kita ulas sedikit tentang spesifikasi yang dimiliki oleh Apple Macbook Air M1. Laptop ini mengusung ukuran layar 13,3 inci dengan resolusi Full HD+ (1.60 x 2.560 piksel) serta tingkat kecerahan layar mencapai 400 nits dan sudah dibekali True Tone.

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1
Macbook Air M1 | The Verge

Perbedaan Macbook Air M1 yang paling mencolok ialah pada bagian performa, yang mana menggunakan salah satu prosesor teranyar Apple M1. Kecepatan prosesor tersebut mampu menghimpun hingga 8 Core CPU, 7/8 Core GPU dan 16 Core Neural Enggine. Laptop ini punya kapasitsa RAM bawaan 8GB yang bisa diperbesar hingga 16GB.

JANGAN LEWATKAN •
Chipset Intel di MacBook Pro Kini Tidak Lagi Dijual Apple

Sementara untuk ruang penyimpanan Apple memberikan memori internal SSD bawaan dengan pilihan 256GB dan 512GB, yang bisa diperbesar hingga 2TB.

Kelebihan Apple MacBook Air M1

Selanjutnya kita akan bahas Kelebihan dan Kekurangan MacBook Air M1 mulai dari kelebihannya terlebih dulu.

1. Performa Lebih Powerful

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 3
Performa Apple M1 | Medium.com

Apple sendiri yang mengklaim kalau Apple M1 terbarunya itu memiliki performa yang lebih kencang jika dibandingkan dengan prosesor Intel di generasi sebelumnya. Hal tersebut juga didukung oleh ExtremeTech yang meyakini kalau Perbedaan Macbook Air M1 yang paling utama ketimbang laptop Apple lainnya ialah pada bagian Prosesor.

Seperti yang tertulis pada GeekBench 5, prosesor Apple M1 mampu menghasilkan skor sebesar 1687 single core dan skor 7433 multi-core. Hasil Pengujian ini lebih tinggi dibanding skor Intel Core i9-9980HK yang hanya mendapatkan skor 1149 untuk single core dan multi-core dengan skor 7329.

2. Kehadiran Teknologi Neural Network Processing

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 5
2 Model Macbook Air | kakakumag.com

Keberadaan teknologi Neural Engine sendiri merupakan salah satu hal yang penting dalam kelebihan dan kekurangan Macbook Air M1. Dengan teknologi ini, memungkinkan prosesor untuk mampu bekerja dengan lebih efisien. Sehingga performa yang didapatkan bisa meningkat berkali-kali lipat dibandingkan performa CPU atau GPU prosesor lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Performa Chipset Terbaru dari Apple M1 di Macbook

Bahkan MacBook Air M1 sudah bisa dianggap sebagai satu-satunya laptop Apple yang sangat unggul dalam hal performa. Berpotensi besar mampu memaksimalkan kinerja hardware dari sekian banyak spek PC lainnya yang menggunakan prosesor Intel atau AMD.

3. Lebih Hemat Daya

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 4
Benchmark Penggunaan Baterai Macbook Air M1 | Gizmochina.com

MacBook Air M1 juga memiliki kapasitas baterai besar yakni 49,9 W/h, mampu menjalankan pemutaran film di Internet hingga 15 Jam. Lengkap dengan charger adaptor USB Type-C berkecepatan 30 Watt.

Selain itu, perbedaan Macbook Air M1 yang efisien juga membuatnya tidak menghabiskan begitu banyak daya baik untuk penggunaan sehari-hari.

4. Tidak Bising

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 8
Wujud Macbook Air M1 | 9To5Mac

Seperti yang kita tahu, kalau laptop biasa akan mulai mengeluarkan suara bising karena komponen kipas yang bekerja terlalu lama. Namun Apple Macbook Air M1 dapat mengatasi hal tersebut, hal tersebut dikarenakan performa dari prosesor Apple M1 miliknya.

5. Harga Terjangkau

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 9
Harga Macbook Air M1 | Apple.com

Salah satu yang menjadi Perbedaan Macbook Air M1 dari laptop Apple lainnya ialah harga yang diterapkan. Meskipun punya spesifikasi yang sangat legit, Macbook Air M1 dijual dengan harga bisa dibilang terjangkau yakni 999 $ atau sekitar Rp 14 Jutaan.

JANGAN LEWATKAN •
Apple MacBook Air Rilis, Performa Wussh Harga Bersahabat?

Kelebihan dan Kekurangan Macbook Air M1 mungkin mungkin bisa dibilang cukup signifikan dengan harganya yang terjangkau.

Kekurangan Apple Macbook Air M1

Selain kelebihan, Apple Macbook Air M1 juga punya beberapa kekurangan yang cukup signifikan adapun sebagai berikut.

1. Tidak Mendukung Windows Boot Camp

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 10
Windows 10 di Macbook | YouTube Channel: Daniel About Tech

Bagi yang belum tahu, Windows Boot Camp merupakan sebuah utilitas bawaan pada perangkat Mac yang dapat membantu pengguna beralih Sistem Operasi. Hal ini sangatlah penting untuk pengguna Mac OS untuk dapat menggunakan OS Windows 10.

Dengan tidak mendukungnya sistem Windows Boot Camp, sekaligus juga akan menyulitkan pengguna Macbook Air M1 dalam menginstal driver yang berasal dari Windows.

2. Tidak Bisa Pakai eGPU

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 11
Ilustrasi Laptop dengan eGPU | YouTube Channel: TricK i Know

Kemampuan dari eGPU dalam laptop sangatlah penting, sebab berfungsi sebagai sirkuit elektronik khusus untuk mengelola performa memori dengan cepat. Terutama dalam hal render gambar atau pembuatan frame yang ditujukan untuk suatu tampilan perangkat seperti Proyektor.

JANGAN LEWATKAN •
Hasil Benchmark Chipset Apple M1 Tembus Angka Sejuta

Perbedaan Macbook Air M1 dengan laptop Apple lainnya ialah tidak mendukung penggunaan sistem eGP, meskipun hadir dengan port jenis Thunderbolt. Tapi ketika driver eGPU dicolokkan ke dalam sistem, Macbook Air M1 hanya bisa mendeteksinya saja.

3. Tidak Mendukung Multiple External Display

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 6
Dual Layar Macbook Air M1 | Mac World

Pada MacBook Air M1, pengguna hanya mampu menggunakan satu media display dengan resolusi 6K pada refresh rate 60 Hz. Artinya tidak mendukung penggunaan Multiple External Display atau penggunaan dua layar sekaligus.

Multiple External Display sendiri cukup penting bagi beberapa pengguna yang berfokus pada bidang Videografi atau Animator yang membutuhkan lebih dari satu monitor.

4. Pilihan Upgrade Yang Terbatas

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 7
Ilustrasi Macbook Air M1 | The Verge

Berbeda seperti generasi sebelumnya, peningkatan spesifikasi yang Apple Store sediakan untuk Macbook Air M1 sangatlah terbatas. Pengguna hanya dapat memperluas kapasitas penyimpanan internal hingga 2TB.

Untuk kamu yang ingin pakai laptop dengan eGPU kelas high-end, Macbook Air M1 tidak terlalu rekomended. Tapi untungnya, performa prosesor yang dimiliki laptop ini lebih Powerful dari prosesor Intel atau AMD.

Kesimpulan

Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air M1 13
Macbook Air M1 | 9To5Mac

Melihat beberapa kelebihan dan kekurangan Macbook Air M1 tadi, dapat disimpulkan kalau laptop ini cocok untuk kamu yang merupakan seorang gamer atau editor. Soalnya punya prosesor dengan kecepatan render yang sangat legit. Selain itu harganya pun juga tergolong terjangkau untuk dibeli.

JANGAN LEWATKAN •
Hasil Benchmark Chipset Apple M1 Tembus Angka Sejuta

Dari kelebihan dan kekurangan Macbook Air M1, pengguna juga akan mengalami beberapa kesulitan terutama dalam dalam hal menginstal driver Windows 10. Laptop ini juga tidak mendukung penggunaan eGPu dan Multiple External Display, sehingga terasa tidak bisa disebut sebagai paket lengkap.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Itulah tadi pembahasan terkait Kelebihan dan Kekurangan MacBook Air M1, jika kamu ada pendapat lainnya. Jangan sungkan untuk berikan pendapat tersebut dengan menulisnya di kolom komentar yang tersedia.


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.