GadgetSmartphone

10 Kelebihan Android Dibanding iPhone yang Harus Kamu Tahu!

Android dan iPhone keduanya merupakan sistem operasi yang kini sedang banyak digunakan oleh orang-orang. Keduanya memang berbeda, tapi masing-masing dari mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Tergantung pengguna ingin memilih yang mana, tapi kali ini kita membahas kelebihan Android dibanding iPhone.

Tapi kalau kita ingat-ingat, kebanyakan orang berkata kalau iPhone lebih bagus daripada Android. Pada faktanya dari segi pengguna saja Android lebih unggul, soalnya Google pernah berkata kalau ada 2,5 miliar pengguna sampai tahun 2019. Sedangkan untuk iPhone cuman mencapai 700 juta.

BACA JUGA:

Berikut Keunggulan Android Dibanding iPhone

Penasaran bukan apa saja keunggulan Android dibanding iPhone? Kalau begitu mari kita lihat pembahasannya di bawah ini.

1. Pengguna Bisa Menginstall Aplikasi dari luar Google Play Store

Pengguna Bisa Menginstall Aplikasi Dari Luar Google Play Store | Kelebihan Android
Pengguna Bisa Menginstall Aplikasi Dari Luar Google Play Store | nextren.grid.id

Kelebihan Android yang pertama yaitu, pengguna bisa menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Tentunya sistem ini sangat fleksibel, hal tersebut tentunya menjadi salah satu kelebihan Android dibandingkan iPhone. Berbeda dengan iPhone, iPhone sulit untuk menginstall aplikasi dari luar App Store.

2. Play Store Mempunyai Banyak Aplikasi

Play Store Mempunyai Banyak Aplikasi
Play Store Mempunyai Banyak Aplikasi | inet.detik.com

Kelebihan Android selanjutnya yaitu, play store mempunyai banyak aplikasi. Menurut informasi yang kami dapatkan App Store mempunyai aplikasi dengan jumlah 1,96 juta, sedangkan untuk play store mencapai 3,5 juta. Melihat hal tersebut tentunya kita tau kalau aplikasi di play store jauh lebih banyak dan karena itu pengguna bisa bebas memilih aplikasi yang ingin mereka install.

3. Bisa Melakukan Multitasking Dengan Mudah

Bisa Melakukan Multitasking Dengan Mudah | Kelebihan Android
Bisa Melakukan Multitasking Dengan Mudah | blackxperience.com

Kelebihan Android berikutnya yaitu bisa melakukan multitasking dengan mudah. Buat kalian yang orangnya sangat sibuk, tentunya fitru multitasking merupakan salah satu fitur yang wajib ada di smartphone kalian.

Nah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Android merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang sibuk. Dengan Android kalian bisa melakukan aktivitas yang berbeda secara bersamaan,

4. Bisa Menambahkan Penyimpanan

Bisa Menambahkan Penyimpanan | Kelebihan Android
Bisa Menambahkan Penyimpanan | nesabamedia.com

Kemudian bisa menambahkan penyimpanan. Point yang satu ini merupakan salah satu kelebihan Android, kita tau penyimpanan Smartphone era sekarang sangat besar. Tapi aplikasinya juga semakin besar karena update seiring berjalannya waktu.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Android bisa menggunakan Micro SD untuk menambah penyimpanan perangkat. Sedangkan untuk iPhone, kalau kalian kehabisan ruang penyimpanan, mau tidak mau harus menghapus aplikasi atau file yang tidak penting.

5. Memodifikasi Aplikasi

Memodifikasi Aplikasi
Memodifikasi Aplikasi | spotarya.com

Keunggulan Android selanjutnya adalah, bisa memodifikasi aplikasi. Jadi kalau kalian tidak menyukai browser bawaan dari smartphone mu, kalian bisa mengganti sistem default-nya dengan browser lain. Tentunya penggantian ini sangat mudah untuk pengguna Android, berbeda dengan iPhone yang cuman bisa pakai aplikasi built-in untuk aktivitas.

6. Bisa Memakai Berbagai Macam Headphone

Bisa Memakai Berbagai Macam Headphone
Bisa Memakai Berbagai Macam Headphone | productnation.co

Keunggulan Android berikutnya adalah, bisa memakai berbagai macam Headphone. Memang terdengan simpel, tapi hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna Android. Soalnya iPhone tidak bisa memakai berbagai macam headphone, mereka cuman bisa memakai perangkat bawaan dari Apple.

7. Memodifikasi Tampilan

Memodifikasi Tampilan
Memodifikasi Tampilan | adyblog.com

Kemudian Android bisa memodifikasi tampilan, sama seperti point sebelumnya. Hal ini memang terdengar sangat simpel, Tapi hal tersebut merupakan salah satu keunggulan Android dibandingkan iPhone.

Jadi Android mengizinkan penggunanya untuk mengganti wallpaperlock screenfont, tema dan masih banyak lainnya.

8. Bisa Mengaktifkan Guest Mode

Bisa Mengaktifkan Guest Mode
Bisa Mengaktifkan Guest Mode | techwiser.com

Perbedaan Android dan iPhone selanjutnya yaitu Android bisa mengaktifkan Guest Mode. Jadi kalau kalian merasa takut ada orang lain yang mengutak-atik handphone kalian, kalian bisa langsung mengaktifkan fitur Guest Mode.

Tentunya fitur ini sangat berguna, bukan cuman itu saja. Kalian juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa dilihat dan digunakan oleh orang lain, biasanya fitur ini cocok untuk orang tua, supaya ketika anak mereka bermain handphone milik orang tua, maka hal yang penting tetap tersimpan dengan aman.

9. Memodifikasi Pengaturan Keamanan

Memodifikasi Pengaturan Keamanan
Memodifikasi Pengaturan Keamanan | teknonisme.com

Perbedaan Android dan iPhone berikutnya yaitu Android bisa memodifikasi pengaturan keamanan. Sebenarnya sih entah itu Android atau iPhone sama-sama mempunyai fitur keamanan yang berbeda dan sama-sama ketat.

Namun untuk Android kalian bisa mengaturnya dengan lebih kompleks, contohnya kalian bisa menggunakan PIN, Pola atau Kata Sandi secara bersamaan untuk mengunci layar handphone kalian.

10. Memperbaiki Bug Dengan Cepat

Memperbaiki Bug Dengan Cepat
Memperbaiki Bug Dengan Cepat | voi.id

Terakhir yaitu memperbaiki Bug dengan cepat, buat kalian yang belum tau Android mempunyai komitmen yaitu mengatasi Bug yang ada secepat mungkin. Mangkanya ga heran sistem operasi Android rilis dengan cepat.

Alasan kenapa rilis dengan cepat yaitu untuk mengatasi Bug pada sistem operasi sebelumnya. Beda dengan Apple yang merilis sistem operasinya sangat lama, jadi biasanya setiap pengguna iPhone kalau mau update harus riset lebih dulu.


Demikianlah pembahasan soal kelebihan Android dibandingkan iPhone. Nah setelah membaca artikel ini, bagaimana menurut kalian apakah Android lebih baik? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.


What's your reaction?

Related Posts