GadgetSmartphone

Sony Xperia 1, Dulu 12 Jutaan Kini Dijual Seharga 1 Jutaan Tapi Masih Sangat Oke Untuk Dipakai

Sony Xperia 1 merupakan salah satu Smartphone kelas Flagship keluaran Sony yang rilis pada tahun 2019 lalu. Tapi meskipun begitu, HP satu ini masih sangat worth it dan oke untuk dipakai di tahun 2022. Bahkan harga Sony Xperia 1 sendiri sudah turun jauh yang awal rilisnya itu seharga Rp 12 jutaan kini sudah jadi Rp 1 jutaan.

Spesifikasinya sendiri masih terbilang sangat unggul, mulai dari layar, Chipset, RAM hingga kamera. Semuanya masih dapat bersaing dengan kebanyakan HP kelas 2-3 jutaan saat ini. Seperti apakah spesifikasi Sony Xperia 1 ini? Simak informasinya berikut ini.

Spesifikasi Sony Xperia 1

Desain HP ini memiliki dimensi bodi 167 x 72 x 8.2 mm dan bobot 178 gram. bahan bodi bagian depan dan belakangnya sudah menggunakan bahan Aluminum Frame dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Jadi kalau untuk desain, HP ini masih sangat oke dan nyaman untuk dipandang.

Tampilan layarnya sendiri sudah menggunakan panel OLED dengan ukuran layar 6,5 inci dan resolusi QHD+ (1644 x 3840 piksel). Serta layarnya juga telah dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Sayangnya masih mendukung refresh rate maksimal 60Hz, karena memang pada tahun 2019 teknologi refresh rate 90Hz belum terlalu ramai seperti sekarang.

Harga Sony XPeria 1
Sony Xperia 1 | Sony

Lanjut ke performa, spesifikasi Sony Xperia 1 menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 855, mampu libas semua game Mobile. Dengan gabungan kapasitas RAM 6GB dan memori internal 64/128GB, lengkap dengan satu slot MicroSD kalau ingin menambah ruang penyimpanan.

Bagian OS, HP ini menjalankan OS Android 9 yang bisa di update ke Android 11 sehingga sangat mumpuni untuk menggunakan semua jenis aplikasi ataupun game.

Snapdragon 855
Snapdragon 855 | Qualcomm

Kekurangannya ada pada bagian kapasitas baterai dimana spesifikasi Sony Xperia 1 ini hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 3.330 mAh saja, telah mendukung Fast Charging 18W.

Daya tahan baterainya berkurang sebanyak 14% untuk bermain Mobile Legends di setingan Ultra dalam waktu 25 menit. Lalu untuk game PUBG Mobile setingan Smooth – Extreme, memakan baterai sebanyak 7% dalam waktu 15 menit.

Plus untuk game berat sekelas Genshin Impact, memakan baterai sebanyak 20% dalam waktu sekitar 15 menit.

Harga Sony XPeria 1
Sony Xperia 1 Gameplay | YouTube: Gadgetin

Baca juga:

Gunakan Fan Cooler atau Pendingin HP Supaya Performa Maksimal

Harga Sony XPeria 1
Fan Cooler HP | YouTube: Gadgetin

Oh iya karena ini merupakan HP lama yang belum mendukung teknologi pendingin bawaan seperti HP sekarang tapi telah menggunakan Chipset berat Snapdragon 855. Pastinya kamu akan merasakan panas ketika memainkannya dalam waktu lebih dari 1 jam.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan alat fan cooler atau pendingin HP supaya performanya tetap stabil.

Harga Sony Xperia 1 di Tahun 2022

Harga Sony XPeria 1
Sony Xperia 1 | Sony

Ketersediaan HP inilah yang perlu untuk kamu pertimbangkan soalnya tidak ada lagi produk resmi atau baru dari Sony. Mereka sudah lama tidak lagi menjual Sony Xperia 1 ini.

Jadi pilihan satu-satunya untuk bisa mendapatkan Sony XPeria 1 ini ialah dengan membeli barang second atau bekas. Kamu bisa cari Sony Xperia di Tokopedia, disana ada beberapa orang yang menjual HP ini dalam bentuk second atau bekas dengan harga Rp 1 jutaan.


Demikian itulah tadi informasi Sony Xperia 1 di tahun 2022 yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts