6 Fitur Unggulan HyperOS Xiaomi yang Lebih Canggih dari MIUI

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Sistem Operasi yang digunakan Xiaomi saat ini, HyperOS, memiliki keunggulan yang lebih dari MIUI. Berikut fitur unggulan dari OS ini.

Ada 6 fitur hebat pada HyperOS Xiaomi yang jauh lebih canggih daripada MIUI.

Pada akhir tahun lalu, Xiaomi memperkenalkan HyperOS sebagai sistem operasi baru untuk perangkat HP mereka. HyperOS menggantikan MIUI yang sebelumnya digunakan.

Selain Xiaomi, beberapa merek ponsel lainnya seperti Poco dan Redmi juga telah mendapatkan pembaruan sistem operasi HyperOS. Pembaruan ini juga telah mulai tersedia untuk beberapa ponsel Xiaomi lama di Indonesia.

Apabila membandingkan antara HyperOS dan MIUI, sistem operasi baru tersebut memiliki beberapa kelebihan. Paling tidak terdapat enam fitur yang lebih maju pada HyperOS daripada MIUI.

Baca Juga: Pembaruan HyperOS Mulai Diterima Xiaomi Pad 5

Fitur Unggulan HyperOS Xiaomi

6 Fitur Unggulan HyperOS Xiaomi yang Lebih Canggih dari MIUI

Mengutip dari Gizmochina pada hari Minggu (7/4/2024), berikut adalah 6 fitur utama yang membedakan HyperOS dari MIUI Xiaomi.

BACA JUGA:  Kelebihan dan Kekurangan Yang Dimiliki Redmi Note 10

1. Dynamic Notch

Jika iPhone 15 memiliki Dynamic Island, Xiaomi memiliki fitur Dynamic Notch melalui sistem operasi HyperOS. Fitur ini adalah sebuah poni atau notch yang dapat berubah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

Sebagai contoh, ketika HP sedang dalam mode pengisian, maka di bagian atas ponsel akan muncul informasi tentang proses pengisian daya. Hal yang serupa juga terjadi bila Anda menggunakan mode Do Not Disturb (DND), mode senyap, atau mengaktifkan fitur hotspot.

Memang belum sehebat Dynamic Island versi iPhone Apple, namun fitur tersebut kemungkinan akan ditingkatkan lagi oleh Xiaomi pada pembaruan berikutnya.

2. Control Center

Sekarang, pusat kontrol yang bisa digesek dari atas ke bawah memiliki tampilan yang lebih menarik.

Bahkan, opsi yang tersedia juga hampir sama seperti yang ada di iPhone iOS.

BACA JUGA:  8 Fitur Tersembunyi MIUI 12 di HP Xiaomi yang Wajib Kalian Tahu!

3. Bloatware

Bloatware merujuk pada aplikasi yang sudah terpasang secara default pada ponsel dan langsung tersedia begitu pengguna menghidupkan perangkatnya. Xiaomi memiliki banyak aplikasi bawaan, namun dalam MIUI, penghapusan aplikasi bawaan tersebut menjadi sulit.

Sekarang di HyperOS, penghapusan menjadi lebih simpel. Ini bermanfaat bagi mereka yang jarang menggunakan aplikasi tertentu namun memakan banyak ruang memori.

Baca Juga: Xiaomi HyperOS, Memiliki Interface yang Fresh dan Fitur Canggih

4. Multitasking

Penggunaan HyperOS untuk melakukan multitasking jauh lebih unggul daripada MIUI. Dengan HyperOS, kalian dapat membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan menggunakan fitur split screen atau layar mengambang.

Dengan cara ini, kalian dapat membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa perlu mengubah tampilan secara berulang-ulang.

5. Lock screen

Sekarang, HyperOS memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan layar kunci pada perangkat HP Xiaomi, Redmi, atau Poco. Hal ini merupakan perubahan yang penting dari versi MIUI sebelumnya.

BACA JUGA:  8 Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO M3, Mana yang Lebih Gahar?

Saat ini, HyperOS memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengubah tampilan layar kunci, jenis huruf, dan gaya jam sesuai keinginan mereka. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah warna huruf dan menerapkan efek kedalaman yang akan memindahkan jam dan tanggal ke latar belakang wallpaper.

Pada pandangan pertama, tampilannya memang mirip dengan iOS iPhone yang dibuat oleh Apple. Namun, Xiaomi menambahkan variasi gaya wallpaper yang lebih banyak.

6. Galeri

Fitur yang menonjol dalam HyperOS adalah Galeri cerdas bernama smart photo cutout. Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin mengganti latar belakang dengan mudah.

Cukup dengan mengetuk dan menahan foto, kemudian pilih Change Background.

Baca Juga: Xiaomi Mi 10 Series Mendapat Update HyperOS

Fitur HyperOSHyperOSXiaomiXiaomi HyperOS

Related Posts