GadgetSmartphone

Apakah Fitur Fast Charging Aman Bagi Kesehatan Baterai Ponsel? Begini Penjelasannya!

Fitur Fast Charging atau pengisian ulang cepat bukan lagi sesuatu yang aneh bagi ponsel. Soalnya fast charging merupakan salah satu fitur yang sering ada di smartphone era sekarang, supaya pengisian baterai bisa berjalan dengan cepat, terutama bagi ponsel yang memiliki baterai dengan kapasitas besar. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas apakah fast charging aman bagi baterai HP?

Penasaran bukan apakah fast charging aman bagi baterai HP atau tidak? Kalau begitu mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA:

Fast Charging Aman Bagi Baterai HP?

Menurut informasi yang kami dapatkan, fitur fast charging ini sebenarnya aman untuk baterai ponsel. Soalnya charger atau pengisi dayanya tidak akan mengalirkan daya secara berlebihan. Namun pas dengan daya yang bisa ditampung oleh baterai ponsel.

Apakah Fast Charging Aman Bagi Baterai HP
Fast Charging Aman Bagi Baterai Hp | inet.detik.com

Selain itu baterai ponsel juga diatur supaya menggunakan fast charging dalam waktu tertentu. Terus menurut informasi yang kami dapatkan juga, baterai lithium-ion secara teknis memiliki tiga fase ketika mengisi daya.

Fase pertama pengisian yang lambat, fase kedua arus akan meningkat seiring berjalannya waktu, fase ketiga arus akan berkurang sedikit demi sedikit untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan.

Oleh karena itu ketika kalian mengisi daya baterai HP kalian dari 0% sampai 50% biasanya akan cepat dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Kemudian pengisian daya akan bergerak lagi dengan normal supaya daya yang masuk ke baterai tidak berlebihan.

Fast Charging Mengurangi Umur Baterai?

Fast Charging Menurunkan Umur Baterai
Fast Charging Menurunkan Umur Baterai | style.tribunnews.com

Menurut informasi yang kami dapatkan, semakin cepat daya yang masuk kedalam baterai, maka panas yang dihasilkan akan semakin tinggi. Melihat penjelasan tersebut, bisa kita simpulkan kalau fast charging menghasilkan panas yang lebih tinggi dari charging standar.

Tentunya panas yang berlebihan akan menurunkan umur baterai, jadi secara tidak langsung fitur fast charging ini bisa mengurangi umur baterai. Oleh karena itu pengguna bisa memakai fast charging ketika mendesak dan saat senggang bisa menggunakan charging standar supaya umur baterai tetap terjaga.


Demikianlah pembahasan soal apakah fast charging aman bagi baterai HP? Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah pembahasan ini bisa menjawab pertanyaan kalian? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts