5 Cara Mengatasi Touchscreen Error di HP Android

in , , , ,
Cara mengatasi touchscreen error by teknodaim

Jaman sekarang, sebagian besar pengguna perangkat ponsel sudah menggunakan ponsel layar sentuh atau Touchscreen sebagai pelengkap kesehariannya. Dalam hal ini Termasuk juga pengguna Android. Ini cara mengatasi touchscreen error.

Meskipun sebuah ponsel atau smartphone Android sudah lepas dari pabrikasi dan dirilis di pasaran, tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya mengalami kendala. Entah saat digunakan atau karena ada faktor penyebab yang lainnya.

5 Cara Mengatasi Touchscreen Error di Android

Masalah yang dimaksud salah satunya adalah masalah ketika layar sentuh yang tidak merespon sentuhan. Mungkin bisa jadi karena terlalu sering disentuh dalam waktu yang dekat. Jangan terlalu cepat dibawa ke tukang servis, coba solusi ini:

  • Coba lepas pelindung layar terlebih dahulu, bisa saja kaca atau plastik secara tidak sengaja menghambat sinyal sentuhan kalian mencapai panel display.

1. Restart dan Masuk Safe Mode

Cara mengatasi touchscreen error by teknodaim
Boot Option | How To Geek

Cara mengatasi touchscreen error di Android yang bisa dicoba sebagai langkah awal adalah melakukan Reboot atau Restart pada perangkat yang layar sentuhnya bermasalah. Karena dengan begitu, fungsi dan layanan ponsel akan di Refresh.

Atau bila masih bermasalah, coba masuk ke Safe Mode, yaitu mode sistem operasi Android yang tidak menggunakan software, layanan atau aplikasi instalan.

Cara memasukinya, tekan dan taham tombol Power. Kemudian tekan dan tahan menu Power Off dan akan muncul Prompt untuk masuk Safe Mode, pilih Accept.


2. Diagnosa Display

Cara mengatasi touchscreen error by teknodaim

Solusi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Ada banyak aplikasi yang dimaksud, dan salah satu yang umum adalah Display Tester (Gratis). Maka dari itu, instal aplikasi yang satu ini jauh-jauh hari.

Dengan aplikasi diagnosa layar tersebut, kita bisa mengetahui apakah dari keseluruhan bagian layar masih berfungsi dengan baik terhadap sensor sentuhan atau tidak. Fitur itu tersedia di bagian Tab Test, untuk mendeteksi fungsi layar.


3. Lepas SIM Card

Ilustrasi SIM Card

Cara mengatasi touchscreen error dari segi fisik lain yang bisa dicoba adalah dengan melepas kartu SIM, kemudian matikan ponsel dan hidupkan kembali tanpa kartu SIM. Jika kembali normal, masukan lagi atau ganti kartu yang baru.


4. Keringkan Ponsel

Ilustrasi | Phone Arena

Jika penyebabnya adalah karena adanya gangguan secara fisik, bisa saja salah satu yang tengah terjadi adalah komponen dalam ponsel itu ada yang terkena air. Kerusakan internal semacam itu bisa diatasi dengan menggunakan alat pengering.


5. Factory Reset

Foto Factory Reset | Black Sword

Tips kelima bisa jadi opsi terakhir yang bisa dicoba jika semua cara diatas tidak mempan. Tapi untuk melakukannya kamu perlu perangkat tambahan, berupa keyboard eksternal. Untuk Factory Reset, dapat dilakukan dengan kode ##7780##.


Itulah tadi tips atau solusi untuk permasalahan yang terjadi pada layar sentuh di smartphone Android. Atau mungkin Touchscreen-nya yang memang bermasalah dan harus diganti. Mungkin ada tanggapan dari kalian? Tulis di kolom komentar.

What do you think?