GadgetSmartphoneTips

7 Cara Cek iPhone Bekas Supaya Tidak Zonk Saat Beli

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah dan semua Provider di Indonesia setuju untuk menghilangkan sinyal ponsel yang tidak memiliki IMEi. Karena peraturan tersebut banyak pengguna iPhone yang dimana ponselnya tiba-tiba hilang sinyal, maka dari itu banyak pengguna iPhone yang saat ini menjual ponselnya. Nah kali ini Teknodaim ingin berbagi tips cara cek iPhone bekas supaya tidak tertipu.

Biasanya ponsel yang tidak memiliki IMEI diklaim sebagai barang ilegal. Artinya ponsel tersebut tidak dibeli di toko resmi atau ponsel tersebut tidak membayar Bea Cukai. Tapi jangan salah, banyak sekali pengguna iPhone bekas yang kena tipu karena membeli tidak iPhone tidak resmi di toko yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Menarik Lainnya:

BACA JUGA:
Samsung akan Berhenti Produksi Galaxy Note Series?

Berikut Cara Cek iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu

Jadi bagaimana cara cek iPhone bekas supaya tidak tertipu? Buat kamu yang ingin membeli iPhone bekas, tapi takut tertipu, kamu bisa melihat tips di bawah ini.

1. Cek Harga Resmi Pasaran iPhone

Cek Harga Resmi Pasaran Iphone
Cek Harga Resmi Pasaran Iphone | fajar.co.id

Cara cek iPhone bekas yang pertama adalah dengan mencek harga resmi pasaran iPhone. Jadi sebelum membeli iPhone bekas atau baru, pastikan kamu harus cek harganya lebih dulu.

Tujuannya supaya ketika kamu membeli iPhone, maka uang yang kamu keluarkan tidak lebih dari harga pasarannya. Nah untuk cara ceknya sangat mudah yaitu kamu cukup cek di toko online lalu bandingkan harga tersebut dengan harga ditawarkan oleh penjual.

BACA JUGA:
10 Rekomendasi HP Oppo Harga Dibawah 2 Jutaan Terbaik Tahun 2020

2. Cek Garansi iPhone

Cek Garansi Iphone | cara cek iphone bekas
Cek Garansi Iphone | swarariau.com

Cara cek iPhone bekas selanjutnya dengan melihat garansi yang tersedia. Jadi sebelum membeli iPhone bekas, pastikan dulu bahwa iPhone yang kamu beli masih memiliki garansi, tujuannya supaya ketika iPhone yang kamu beli tidak sesuai atau tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa menukarnya dengan produk yang sama tapi lebih bagus.

Nah cara cek garansi iPhone cukup mudah, kamu tinggal masuk ke pengaturan lalu masuk ke General dan pilih About. Nantinya kamu akan melihat Serial Number. Terus kamu cocokkan Serial Number tersebut dengan Serial Number pada kotak kemasan iPhone.

Kemudian kamu masuk ke situs Check Your Service and Support Coverage, masukan Serial Number tersebut, maka website tersebut akan menampilkan informasi seperti model iPhone, masa garansi, status dukungan telepon, dan lainnya.

3. Cek Kelengkapan iPhone

Cek Kelangkapan Iphone | cara cek iphone bekas
Cek Kelangkapan Iphone | tekno.kompas.com

Cara cek iPhone bekas berikutnya adalah dengan mengecek kelengkapan iPhone. Mungkin poin yang satu ini terdengar sepele, tapi faktanya poin yang satu ini sangat penting bagi kamu yang ingin membeli iPhone atau ponsel bekas.

BACA JUGA:
Sering Terjerat Kasus, Pendiri Apple Imbau Pengguna Facebook Hapus Akunnya

Biasanya pada bagian belakang kotak terdapat informasi soal ponsel tersebut, diantaranya ada nomor model, nomor seri, IMEI, dan sebagainya. Pastikan semua keterangan yang ada di kotak tersebut sama dengan yang ada di iPhone yang kamu beli.

4. Cek Kondisi Fisik iPhone

Cek Kondisi Fisik Iphone | cara cek iphone bekas
Cek Kondisi Fisik Iphone | tekno.kompas.com

Kemudian cek kondisi fisik iPhone, Jadi ketika kamu membeli iPhone bekas, sebelum di bawa pulang, kamu harus mengecek kondisi fisik iPhone tepat di hadapan penjualnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan normal.

Yang biasanya wajib diperiksa yaitu jaringan seluler pada kartu SIM, tombol home, tombol power, earphone, kabel USB atau charger, jack audio, speaker dan baterai. Tapi akan lebih bagus lagi kalau kamu cek ke bagian detail lainnya.

5. Pastikan Semua Fitur iPhone Berfungsi Normal

Pastikan Semua Fitur Iphone Berhungsi Normal
Pastikan Semua Fitur Iphone Berfungsi Normal | tek.id

Cara cek iPhone bekas selanjutnya yaitu pastikan semua fitur iPhone berfungsi dengan normal. Jadi selain mengecek kondisi fisik iPhone, kamu juga harus mengecek semua fitur yang tersedia di iPhone.

BACA JUGA:
12 Rekomendasi HP Harga Dibawah 2 Juta Terbaik Tahun 2022

Tujuannya supaya ketika kamu menggunakan fitur tersebut bisa berjalan dengan baik. Selain itu kamu juga harus mengecek iCloud dan pastikan akunnya sudah kosong, kalau masih ada kamu harus meminta kepada penjual untuk segera mengeluarkan iCloud beserta fitur Find My iPhone.

6. Periksa IMEI iPhone

Periksa Imei Iphone | cara cek iphone bekas
Periksa Imei Iphone | meaplikasi.com

Cara cek iPhone bekas berikutnya periksa IMEI iPhone. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya hal penting yang harus kamu cek sebelum membeli iPhone bekas yaitu memeriksa IMEi terlebih dulu.

Soalnya IMEI ini merupakan salah satu elemen penting, kalau IMEI iPhone yang kamu beli mati, maka iPhone tersebut akan kehilangan jaringan seluler dan tidak bisa digunakan dengan normal. Selain iPhone semua ponsel juga memiliki IMEI.

7. Cek Dengan Aplikasi 3uTools

Cek Dengan Aplikasi 3utools
Cek Dengan Aplikasi 3utools | pukeva.com

Cara yang terakhir yaitu cek dengan menggunakan aplikasi 3uTools. Sebenarnya cara yang satu ini terbilang sangat ribet karena harus menggunakan laptop atau komputer. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengelola aplikasi, musik, foto, video, nada dering dan beberapa file multimedia lainnya.

BACA JUGA:
4 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Terus dengan aplikasi 3uTools ini kamu sepenuhnya bisa melihat beberapa status perangkat iOS yang meliputi jailbreak, aktivasi, kunci iCloud, dan status baterai.


Itulah beberapa tips cara cek iPhone bekas supaya tidak tertipu. Setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah kamu menggunakan tips yang kami bagikan saat membeli iPhone bekas? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

Related Posts