Teknodaim.com

Begini Perbedaan Smart TV dan Android TV

Begini Perbedaan Smart Tv Dan Tv Box Android
Begini Perbedaan Smart Tv Dan Tv Box Android

Akhir-akhir ini, ramai orang yang mempertanyakan apa perbedaan Smart TV dan Android TV. Mereka mengatakan pertanyaan tersebut karena saat ini memang sedang ramai orang yang ingin memilih untuk membeli Smart TV atau Android TV.

Sebenarnya, perbedaan dari kedua perangkat ini tidak terlalu jauh. Mengingat mereka memiliki fungsi yang sama, yaitu menonton, jadi kita tidak perlu mempertanyakan masalah ini lebih lanjut.

Apa Perbedaan Smart TV dan Android TV?

Berikut Apa Perbedaan Smart Tv Dan Android Tv
Berikut Apa Perbedaan Smart TV dan Android TV | JD.id

Namun, karena banyak orang yang tetap ingin mengetahui fakta dari kedua perangkat ini. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini Teknodaim akan membahas perbedaan Smart TV vs Android TV dalam artikel ini.

Apa Itu Smart TV?

Apa Itu Smart Tv
Apa Itu Smart TV | Tom’s Guide

Smart TV adalah sebuah perangkat yang biasanya di lengkapi sistem operasi bawaan yang berbeda-beda (bukan Android). Maksudnya, jika kamu menyewa Wi-Fi, pasti pihak dari penyedia layanan tersebut bertanya apakah kamu ingin menyewa layanan Smart TV juga bukan? Nah, nantinya, layanan tersebut tidak akan memberikan sistem operasi Android kepada kamu, melainkan mereka akan menggunakan sistem operasi buatannya sendiri.

JANGAN LEWATKAN •
2 Cara Update Android ke Versi Terbaru (Upgrade OS)

Selain itu, berbeda dengan TV biasa, sama seperti namanya Smart TV merupakan perangkat yang bisa menggunakan koneksi Wi-Fi dan dapat menonton YouTube sesuka hati kamu. Tidak hanya itu saja, Smart TV juga memiliki beberapa fitur canggih yang jarang di miliki oleh TV lainnya.

Kelebihan Smart TV

1. Semua program dan fitur yang ada di perangkat Smart TV di tempatkan dalam satu paket.

Dengan menggunakan perangkat Smart TV, kamu akan di berikan fitur yang melimpah dalam satu paket. Maksudnya, di dalam perangkat ini kamu dapat menikmati fitur streaming, browsing dan bahkan menggunakan aplikasi sosial media tanpa harus menghubungkannya ke program internet. Umumnya, sistem operasi untuk Smart TV terdiri dari OS Tizen, OS Webos, OS Roku dan Android TV.

2. Untuk menggunakan semua hal yang ada di Smart TV, kamu hanya memerlukan satu remote.

Karena Smart TV telah mengemas segala hal yang ada di perangkat mereka menjadi satu paket, kamu dapat menggunakan Smart TV hanya dengan satu remote saja. Namun, jika kehilangan remote, ini akan menjadi hal yang lumayan rumit.

Kekurangan Smart TV

1. Harga lumayan mahal dari fitur dan hal yang di berikan. Padahal seharusnya harganya bisa lebih murah lagi.

Seperti yang kamu ketahui, harga televisi pada umumnya tidak terlalu tinggi bukan? Nah, berbeda dengan smart TV, yang di mana perangkat ini dapat kamu beli dengan harga paling murah sekitar Rp 2 jutaan.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Download Lagu dari YouTube di Android dengan Aplikasi SnapTube
2. Memiliki aplikasi yang terbatas, karena menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda.

Karena Smart TV adalah perangkat yang menggunakan sistem operasi berbeda-beda, perangkat ini memiliki aplikasi yang kurang banyak. Padahal jika Smart TV memilikinya, bisa saja perangkat ini mengalahkan Android TV.

Apa Itu Android TV?

Apa Itu Android Tv
Apa Itu Android TV | Fresh Daily News

Android TV adalah sebuah perangkat televisi yang menggunakan sistem operasi Android dan khusus di rancang untuk para pengguna agar dapat merasakan berbagai fitur Android di dalam televisi.

Selain itu, Android TV juga bisa di bilang sangat mirip dengan sistem operasi Android yang berada di smartphone. Soalnya, dengan menggunakan Android TV, pengguna dapat mengakses Google Play Store langsung dari televisi.

Tidak hanya itu saja, bahkan Android TV ini juga dapat mengakses peramban web dan menjelajah internet seperti biasa, lalu memiliki fitur pendukung Google Assistant untuk voice control loh.

Nah, seperti yang tadi sempat Teknodaim singgung pada pembahasan perbedaan Smart TV dan Android TV, bahwa perangkat tersebut memiliki sistem operasi yang berbeda-beda kan. Nah, sedangkan Android TV ini sendiri memiliki sistem operasi bawaan, yaitu Android loh.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android dan PC!

Kelebihan Android TV

1. Tidak seperti Smart TV, Android TV dapat membuat semua televisi menjadi Smart TV loh.

Seperti yang tadi sempat Teknodaim singgung, bahwa perangkat ini menggunakan Android sebagai sistem operasinya bukan? Nah, oleh karena itulah perangkat ini dapat membuat segala televisi menjadi Smart TV.

2. Harga jauh lebih murah daripada Smart TV yang bisa sampai belasan juta Rupiah dengan spesifikasi menengah.

Tidak seperti Smart TV, Android TV adalah perangkat yang bisa kamu beli dengan harga Rp 1 jutaan dengan spesifikasi yang terbilang tinggi. Jadi, jika kamu ingin memilih mana, Teknodaim lebih menyarankan Android TV.

Kekurangan Android TV

Membutuhkan televisi lain untuk menggunakannya: Kekurangan Android TV yang paling fatal adalah ini. Yap, dengan membeli perangkat ini, kamu memang akan mendapatkan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang lumayan murah. Namun, untuk menggunakan Android TV kamu memerlukan perangkat televisi lainnya.


3 Rekomendasi Smart TV Terbaik Buat Kamu Beli

Karena kebetulan di sini kita sedang membahas perbedaan Smart TV dan Android TV, Teknodaim juga ingin memberikan 3 rekomendasi Smart TV terbaik buat kamu nih. Perangkat ini sendiri bisa di bilang terbaik karena memang harga dan fitur yang di tawarkan bagus. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ingin mencari perangkat Smart TV lain, karena terdapat rekomendasi ini.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengganti Launcher Smartphone Android

1. Smart TV TCL P8M Series

Smart Tv Tcl P8m Series
Smart TV TCL P8M Series | Carousell

TCL P8M Series adalah Smart TV buatan TCL yang memiliki ukuran 43 hingga 75 inci. Smart TV ini sudah menggunakan layar 4K UHD yang akan membuat pengalaman menonton kamu menjadi semakin menyenangkan.

Untuk harga Smart TV TCL P8M Series ini sendiri terbilang lumayan murah untuk fitur yang di tawarkan, yaitu sekitar Rp 5.2 jutaan untuk varian 50 inci.


2. Smart TV Coocaa 50S5G

Smart Tv Coocaa 50s5g
Smart TV Coocaa 50S5G | Tek.id

Coocaa 50S5G adalah smart TV yang di bekali layar UHD berukuran 50 inci. Smart TV ini telah menggunakan panel IPS. Jadi, kamu tidak perlu takut menonton film terlihat burik. Selain itu, Smart TV Coocaa 50S5G ini juga sudah menggunakan teknologi audio Dolby loh.

Untuk harga Smart TV Coocaa 50S5G ini sendiri berkisar Rp 4.5 jutaan. Dengan harga segini, kamu sudah mendapatkan berbagai macam fitur yang terbilang worth-it banget.


3. Smart TV Xiaomi Mi TV 4A

Smart Tv Xiaomi Mi Tv 4a
Smart TV Xiaomi Mi TV 4A | Kompas Tekno

Xiaomi Mi TV 4A adalah Smart TV yang cocok banget buat kamu para kaum kere-hore. Bagaimana tidak, dengan harga yang murah, Smart TV berukuran 32 inci dengan resolusi HD ini memiliki banyak hal yang dapat di banggakan loh.

JANGAN LEWATKAN •
HTC Kembali Luncurkan Smartphone Baru, Seperti Apa Spesifikasinya?

Untuk harga Smart TV Xiaomi Mi TV 4A ini sendiri cuman Rp 1.9 jutaan doang. Dengan uang segitu, kamu sudah dapat menikmati Smart TV yang memiliki banyak fitur loh!


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Nah, itulah tadi perbedaan Smart TV dan Android TV, beserta rekomendasi Smart TV terbaik yang dapat kamu beli. Jadi, bagaimana, apakah artikel perbedaan Smart TV vs Android TV ini membantu bagi kamu yang ingin memilih untuk membeli yang mana? Jika iya, jangan sungkan untuk mengatakan pendapat kamu lewat kolom komentar mengenai artikel apa perbedaan Smart TV dan Android TV ini ya!


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.