Teknodaim

    Apa itu USB, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

    Apa itu USB dan bagimana cara kerja USB? Umumnya hardware ini adalah sebuah teknologi penghubung hardware eksternal ke laptop & PC.

    Teknologi Usb (diajartekno)

    Teknologi Usb (diajartekno)

    Sebagai sebuah perangkat canggih yang punya banyak nilai pakai, laptop dan komputer memang sangat dibutuhkan. Bagian USB pun perlu kita perhatikan. Llau, untuk apa itu USB, apa fungsi dan bagaimana cara kerja USB? Simak artikel ini baik-baik ya.

    Tidak seperti laptop yang memang sudah lengkap dengan keyboard dan trackpad, PC membutuhkan hardware eksternal yang dihubungkan lewat port Universal Serial Bus.

    Apa itu USB, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerjanya?
    Teknologi Universal Serial Bus (owon.com.hk)

    Pengertian USB

    Sekalipun orang awam, pasti pernah mendengar istilah USB urusan komputer atau laptop. Sayangnya, kebanyakan belum paham tentang fungsi serta definisi USB itu sendiri. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus.

    USB adalah sebuah teknologi penghubung agar alat elektronik hardware dapat terkoneksi ke port USB sebagaimana tujuannya. Misalnya seperti menghubungkan flash disk ke PC, scanner ke ke laptop, dan masih banyak lagi. Selain itu, kesehatan port Universal Serial Bus benar-benar perlu kita jaga.

    BACA JUGA:  Cara Menggunakan Fitur Dark Mode Pada Windows 10

    Dengan adanya Universal Serial Bus, maka pengguna dapat melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 12 Mbps. Biasanya sebuah PC atau komputer terdapat dua, bahkan lebih port Universal Serial Bus, tergantung Motherboard yang kita gunakan.


    Fungsi USB

    Teknologi ciptaan Dr. Fujio Masuoka pada tahun 1984 ini dapat kita simpulkan punya fungsi utama untuk menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lain. Umumnya seperti hardware luar yang dibutuhkan komputer atau laptop.

    Jika port atau kabel hardware yang akan dihubungkan pada Universal Serial Bus mengalami masalah, maka transfer data yang dilakukan akan terganggu bahkan merusak file dan data yang sedang di transfer itu sendiri. Tugas utama Universal Serial Bus.


    BACA JUGA:

    BACA JUGA:  Cara Merekam Layar Laptop atau PC dengan Mudah

    Kelebihan

    • Jika kita bandingkan dengan yang lainnya, teknologi Universal Serial Bus memiliki kelebihan yang lebih unggul:
    • Saat kita sambung dengan perangkat eksternal, maka komputer akan menjadi seperti sebuah Host.
    • Universal Serial Bus memungkinkan komputer atau PC tersambung dengan 127 lebih perangkat eksternal.
    • USB bersifat plug and play yang membuatnya dapat langsung kita gunakan tanpa perlu melakukan pengaturan khusus setiap kali ingin kita sambungkan.

    Bagian-bagian Universal Serial Bus meliputi port dan peripheral. Port yaitu tempat di mana pengguna dapat menghubungkan kabel eksternal. Kemudian Peripheral, perangkat tambahan.

    Hub, perangkat yang dapat membuat PC tersambung dengan perangkat lain lewat kabel. Sedangkan plug and play, adalah istilah untuk perangkat yang bisa kita gunakan tanpa harus di-setting terlebih dahulu. Paham, kan, apa itu USB?

    Cara Kerja USB

    Umumnya perangkat Universal Serial Bus memiliki dua ujung yang biasanya disambung oleh sebuah kabel. Pada bagian dalam kabel itu memiliki 4 kabel bercabang lagi yang masing-masing berwarna merah, coklat, kuning dan biru.

    BACA JUGA:  Cara Menyimpan File di Google Drive, Bisa Buat Foto, Video dan Banyak Hal

    Kabel warna-warni tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Kabel warna merah dan coklat mengalirkan daya sedangkan kabel berwarna biru dan kuning punya tugas untuk mengirimkan data. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.


    Referensi: Mas Tekno

    Hardware KomputerPCPort USBUniversal Serial BusUSB

    Related Posts