Mengenal Invoice, Fungsi dan Jenis-Jenisnya Pada Transaksi

in , ,
Apa itu invoice by teknodaim

Saat melakukan sebuah transaksi, hal-hal terpenting yang ada di dalamnya adalah seperti pembayaran, penerimaan barang dan juga Invoice. Apa itu Invoice atau faktur? Apalagi yang baru mau rutin berbelanja secara online, ini sangat penting.

Pengertian dan Fungsi Invoice

Secara umum, Invoice secara umum adalah sebuah dokumen tagihan yang didapat pembeli dan berisi informasi rinci mengenai produk atau barang yang ada di dalam transaksi. Spesifikasi, harga satuan, dan harga total pembayaran.

Sederhananya, Invoice itu mirip sebuah Kwitansi. Jadi Invoice akan didapat ketika sedang bertransaksi dan deal dengan satu barang yang dipilih pembeli. Di toko online seperti Tokopedia, kita akan tahu harga dan detail di dalam Invoice.

Selain itu, di transaksi online maka nomor transaksi atau nomor antrian barang yang dipesan seorang pembeli secara online ada pada Invoice. Sebelum di proses.

Apa itu invoice by teknodaim
Gambar: Media Maya

Umumnya Invoice akan di cetak dalam 3 rangkap, satu lembar di berikan kepada pembeli jika telah melunasi tagihan, satu lembar copy di gunakan sebagai arsip bagian penjualan, dan satu lembar copy lagi sebagai laporan di bagian keuangan.

Lembar faktur atau Invoice tersebut merupakan bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Sampai sini semoga kamu sudah paham apa itu Invoice.

Hampir semua pelaku bisnis atau perusahaan menggunakan Invoice, baik itu perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa, sebagai salah satu dokumen resmi penagihan kepada pelanggan mereka yang membeli barang dengan cara kredit.


Menurut KBBI, Invoice Adalah:

Dikutip dari KBBI, Invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, serta harga yang dikeluarkan penjual kepada pembeli.


Baca Juga:


Fungsi invoice

Secara umum, Invoice berfungsi sebagai lembar penagihan dari penjual yang diberikan kepada konsumen. Namun bukan hanya berisi tagihan, tapi juga berisi informasi mengenai barang yang ada di dalam transaksi serta informasi garansi.

Pada Invoice, biasanya akan ada hal-hal meliputi nomor urut invoice, nomor order atau purchase order, nomor atau kode transaksi, detail barang, daftar harga, diskon barang bila ada, biaya pengiriman atau ongkos kirim, biaya PPN serta total biaya pembayaran. Invoice juga bisa ditemukan di hotel dan penginapan lainnya.


Jenis Jenis Invoice

Sedikit melanjutkan poin sebelumnya, bahwa selain pada sistem transaksi di toko online atau toko, Invoice juga biasa ditemukan di hotel atau layanan tour ke sebuah tempat atau negara. Maka beberapa jenis Invoice adalah seperti berikut:

Invoice Biasa: Sesuai namanya, jenis ini adalah Invoice yang paling umum dan biasa digunakan pada transaksi sederhana. Yang tertera di lembarannya meliputi rincian dan jumlah barang, harga satuan dan harga total saja.

Invoice Proforma: Invoice Proforma adalah sebuah lembaran yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen dan bersifat sementara. Jadi, jenis ini bisa kita katakan sebagai pengganti jika barang dari penjual dikirim secara bertahap.

Invoice Konsuler: Invoice Konsuler adalah jenis khusus yang dipakai pada perdagangan internasional seperti kegiatan ekspor-import. Jenis ini wajib memuat pengesahan atau persetujuan khusus dari pihak negara yang bersangkutan.


Itulah tadi pembahasan detail namun singkat tentang Invoice serta fungsinya yang harus kamu ketahui. Jika sudah ada Invoice, maka sebuah transaksi sudah deal terlebih dahulu. Artinya barang siap dibayar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Mengenal Dropship, Bisnis Menjanjikan yang Bisa Dilakukan Tanpa Modal!

Tinggalkan Balasan