GadgetSmartphone

Alasan iPhone 14 Masih Gunakan Lightning Ketimbang USB-C

Seperti yang kita ketahui, iPhone 14 akhirnya telah resmi diumumkan oleh Apple. Namun sayangnya, smartphone tersebut masih menggunakan port Lightning ketimbang USB-C. Apasih alasan iPhone 14 masih menggunakan kabel dan port tersebut, padahal saat ini semuanya sudah berpindah ke USB-C?

Sebenarnya banyak alasannya, namun belum tentu kamu mengerti mengapa hal tersebutlah alasannya. Oleh karena itu disini Teknodaim akan memberikan kamu alasan sederhana mengapa iPhone 14 masih menggunakan port Lightning ketimbang USB-C.

Baca Juga:

Alasan iPhone 14 Gunakan Lightning Ketimbang USB-C

Alasan Iphone 14 Gunakan Lightning Ketimbang Usb C
Alasan iPhone 14 Gunakan Lightning Ketimbang USB-C | Indozone

Alasan utama mengapa semua produk terbaru Apple masih memiliki port Lightning adalah karena mereka ingin memiliki inovasi sendiri, dan tidak ikut-ikut yang lainnya. Contoh utama dari hal ini adalah ketika mereka menghilangkan charger dalam kotak smartphonenya, dan tentu saja itu merupakan inovasi baru, dan produsen smartphone Android juga mulai seperti itu.

Memang inovasi yang baru itu bagus, namun jika merugikan pengguna untuk apa? Nah, sedangkan konteksnya untuk port Lightning ini sendiri juga sama, yang dimana saat ini produk elektronik juga rata-rata menggunakan port USB-C, seperti laptop, komputer dan semacamnya.

Jadi, karena produk Apple masih menggunakan port Lightning, tentu saja kesan “universalnya” jadi hilang dan tidak efisien. Soalnya saat ini USB-C telah ditetapkan sebagai port ataupun kabel universal, yang bisa digunakan untuk mengisi daya, mentransfer file dan bahkan display port juga.

Ilustrasi Usb Type C
Ilustrasi USB Type-C | FLare

Selain itu, Apple sendiri juga menggunakan ekosistem port Lightning di semua perangkat mereka, jadi jika terdapat sebuah produk yang menggunakan USB-C, itu akan merusak ekosistemnya. Selain itu, hal ini sudah mereka tekuni sejak perilisan iPhone 5 pada tahun 2012 yang menggunakan port Lightning pertama. Tentu saja dengan waktu selama itu, mereka akan menolak untuk menggunakan port lainnya di perangkatnya.

Iphone 5
iPhone 5 | CNET

Setelah ditanyai oleh Uni Eropa mengapa mereka enggan menggunakan USB-C di perangkatnya, Apple akhirnya memberikan penjelasan terkait alasan iPhone 14 ini tidak menggunakan USB-C. Kamu bisa membaca pernyataan perwakilan Apple dibawah ini:

Peraturan yang mendorong penyelarasan jenis konektor untuk terpasang di semua ponsel cerdas, akan membekukan inovasi.

Perwakilan Apple

Memang pernyataan tersebut sangatlah benar. Namun, disini terlihat bahwa sekali lagi Apple masih ingin menekuni apa yang mereka mulai, yaitu membuat inovasi baru. Sepertinya mereka tidak terlalu perduli terhadap inovasi lain, dan hanya memedulikan dirinya sendiri.

Itulah tadi alasan sederhana mengapa Apple enggan menggunakan USB-C di produk mereka. Menurut kalian alasan iPhone 14 masih menggunakan port Lightning ini masuk akal atau tidak? Selain itu, apakah mungkin kedepannya Apple akan menggunakan port USB-C di produk mereka? Sampaikan pendapat kamu lewat kolom komentar ya!

What's your reaction?

Related Posts