menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comFeaturedMengenal Jack Audio 3.5 mm, Konektor Telepon Terbaik?

Mengenal Jack Audio 3.5 mm, Konektor Telepon Terbaik?

Apple Goodbye Headphone Jack

Semenjak berkembangnya zaman, sangat banyak orang yang merasa sedih untuk Jack Audio 3.5 mm. Bagaimana tidak, karena semakin berkembangnya zaman, makin banyak smartphone dan perangkat lainnya yang tidak menggunakan konektor telepon sekaligus audio tersebut lagi.

Padahal konektor telepon ini adalah konektor terbaik pada masanya, sangat disayangkan jika konektor ini sebentar lagi akan ditinggalkan. Namun, kabar baiknya walaupun konektor telepon ini tidak akan di pasang kan dalam smartphone dan perangkat lainnya, kamu masih bisa menggunakannya dengan converter kok.

Penjelasan Apa Itu Jack Audio 3.5 mm

Jack Audio 3.5 Smartphone
Jack Audio 3.5 Smartphone | nextpit.com

Jack Audio 3.5 mm atau konektor telepon ini adalah konektor audio yang terdapat di kebanyakan smartphone zaman sekarang.

Seperti namanya, produk ini berguna untuk menyalurkan audio dari smartphone ke sebuah gadget, seperti speaker, earphone, headset dan lain-lain. Konektor telepon ini sendiri memiliki banyak tipe, namun yang Teknodaim bahas kali ini adalah konektor yang biasanya berada di smartphone dan perangkat sejenis lainnya.

Selain itu, konektor 3.5 mm sendiri sebenarnya adalah versi mini dari konektor 6.35 mm atau yang lebih di kenal dengan sebutan konektor seperempat inci. Konektor 6.35 mm ini sebelumnya telah ada sejak dekade 1870-an dan di gunakan untuk koneksi telepon manual yang di lakukan oleh operator telepon.

Walaupun konektor 6.35 mm pertama kali rilis di bandingkan dengan 3.5 mm. Sayangnya entah mengapa konektor 3.5 mm jauh lebih populer di bandingkan dengan 6.35 mm maupun di masa lalu atau sekarang.

Penggunaan Audio Jack 3.5 Sudah Lama Diandalkan

Sedangkan untuk konektor 3.5 mm sendiri sebelumnya populer sejak abad ke-20. Karena kepopulerannya semakin melesat jauh, konektor ini pun akhirnya di gunakan pada headset radio transistor. Maksudnya, konektor 3.5 mm ini mulai di buat versi portable-nya supaya memudahkan pengguna untuk mendengar suatu audio dalam kondisi yang mendesak.

Ilustrasi Cara Kerja Jack Audio 3.5 mm
Ilustrasi Cara Kerja Jack Audio 3.5 mm | Tirto.ID

Oh iya, bagi yang belum tau, konektor Jack Audio 3.5 mm ini sendiri pertama kali di hilang kan dalam smartphone milik Apple, yaitu iPhone. Namun, fakta ini sendiri belum terungkap benar atau salah. Karena terdapat juga banyak orang yang mengatakan bahwa Sony Xperia lah yang pertama kali menghilangkan perkakas ini.

Tambah Komentar