menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Dipastikan Tutup Akhir Tahun, Gimana Nasib Pengguna Yahoo Groups?

Dipastikan Tutup Akhir Tahun, Gimana Nasib Pengguna Yahoo Groups?

Yahoo Tutup

Yahoo Groups merupakan sisa dari salah satu properti induknya yaitu Yahoo lama, sekarang gilirannya akan menyusul tutup tanggal 15 Desember 2020 mendatang. Hal ini terjadi lantaran Verizon sudah membulatkan rencana untuk berhenti melakukan operasi pada Yahoo Groups tersebut.

Verizon yang membeli Yahoo pada tahun 2017, kini mengumumkan keputusan tersebut melalui email yang akan terkirim ke semua pengguna Yahoo Groups, pengumuman tersebut juga mereka posting pada situs resminya. Pengumuman ini berisi akhir dari perjalanan salah satu layanan internet yang jaya pada masanya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak berikut ini.

Pengumuman Verizon Mengenai Yahoo Groups yang Akan Tutup

Setelah menempuh kurun waktu yang cukup lama, layanan Yahoo Groups yang rilis tahun 2001 tersebut kini terus mengalami kemunduran selama bertahun-tahun, bahkan hampir sempat kehilangan sebagian besar penggunanya. Hal ini juga penulis rasakan, awalnya dulu aktif menggunakan layanan dari Yahoo, salah satunya Yahoo Mail. Sayangnya karena beberapa faktor, akhirnya banyak pengguna yang minggat, termasuk penulis Teknodaim sendiri (saya).

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Deep Web, Dark Net atau Dark Web, Serta Bahaya dan Cara Memasukinya
Yahoo Tutup 1
Ilustrasi Yahoo | searchenginejournal.com

Baca juga: Komentar Toxic Akan Ditindak Keras oleh YouTube!


Dengan dibelinya Yahoo Groups oleh Verizon pun tidak terlalu membuat perubahan yang signifikan. Penurunan tetap terjadi secara konstan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut membuat pihak Verizon mulai merencanakan untuk menghentikan layanan Yahoo secara bertahap dari tahun lalu, dan akhirnya siap menemui penuntasannya 2 bulan lagi.

Dampak Terhadap Penggunanya

Oktober 2020, Verizon mengumumkan kepada penggunanya bahwa mereka tidak bisa lagi membuat konten baru ke website Yahoo yang akan tutup setelah 15 Oktober 2020. Verizon juga berencana untuk menghapus semua data mengenai konten pengguna yang sudah ada secara permanen.

Secara diam-diam, ternyata Verizon juga menghentikan upaya pengarsipan diskusi oleh pengguna sebelumnya. Walaupun langkah-langkah tersebut dapat memungkinkan Yahoo Groups aktif lagi, tetapi tidak akan ada perubahan yang besar. Dengan demikian, Yahoo Groups kini menjadi semakin miris. Hal tersebut terjadi karena penggunanya semakin menyusut dan kabur ke layanan lainnya, yang memicu situs Yahoo Groups akan ditutup pada tauhn 2020.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Mengganti Email Facebook Termudah!

Mulai besok tepatnya 15 Desember 2020, layanan dari Yahoo Groups resmi akan berhenti beroperasi alias tutup. Mulai dari semua infrastruktur kemudian mengakhiri era internet dari Yahoo Groups. Yahoo yang sudah menemani pengguna kini mulai terpuruk dan mendapati keadaan miris seperti saat ini. Para pengguna lebih memilih layanan seperti Gmail, Google ataupun lainnya karena memang lebih praktis.


Jika kalian ingin mengumbar pendapatmu mengenai hal tersebut, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar.


Sumber: Detik Inet

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks