Teknodaim

    Windows 10 Akan Bisa Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator, Benarkah?

    Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan konsumen PC di seluruh dunia, bersaing dengan Linux, Apple dengan Mac OS dan lain-lain. Sementara untuk OS Android, iOS dan iPad OS memiliki ekosistem yang seperti benar-benar terpisah dengan Windows. Dan dulu hampir tidak mungkin rasanya menggunakan OS Android di PC. Tapi kini, Windows 10 bisa menjalankan aplikasi […]

    Windows 10 Bisa Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator By Teknodaim

    Ilustrasi Google Android dan Microsoft Windows | Softpedia.com

    Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan konsumen PC di seluruh dunia, bersaing dengan Linux, Apple dengan Mac OS dan lain-lain. Sementara untuk OS Android, iOS dan iPad OS memiliki ekosistem yang seperti benar-benar terpisah dengan Windows. Dan dulu hampir tidak mungkin rasanya menggunakan OS Android di PC. Tapi kini, Windows 10 bisa menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator.

    Jika dulu Windows kokoh memuncaki klasemen menjadi nomor 1, sekarang mereka telah dipepet oleh Mac OS dari Apple. Namun bukannya mengakui kekalahan, Microsoft sebagai pemiliknya malah merangkum platform saingan. Melansir dari Detik Inet, hal inilah yang membuat beredarnya rumor bahwa Android akan dapat terintegrasi ke Windows secara langsung.

    Android di PC Tanpa Emulator?

    Rumor mengatakan bahwa sistem operasi Android yang sejatinya dibuat khusus untuk device smartphone, nantinya dapat benar-benar diintegrasikan atau diinstal ke PC Windows. Jika benar, diprediksikan bahwa hal itu akan terealisasikan pada awal tahun depan, yakni 2021.

    BACA JUGA:  Kekurangan dan Kelebihan yang Ada pada iPhone 12

    Melansir dari Inetin.id, Microsoft disebut merangkul beberapa platform saingannya untuk membuat adanya integrasi OS mereka dengan Android. Sebenarnya aplikasi-aplikasi dan juga layanan Android dapat kita gunakan melalui PC dengan OS Windows. Hanya saja, kita sebagai pengguna harus menggunakan yang namanya emulator dan hal tersebut memunculkan latensi.

    Misalnya seperti saat memainkan game, Hardware tidak akan optimal untuk menjalankannya seperti Hardware bawaan dari ponsel yang memang sudah siap untuk Android.

    Windows 10 Akan Bisa Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator, Benarkah?
    Logo Android dan Windows | Gottabemobile.com

    Selain itu, pengguna juga bisa merasakan Android di Microsoft dengan menggunakan utilitas telepon yang kompatibel seperti Samsung Galaxy series. Namun jika rumor tadi benar, Microsoft pasti menginginkan integrasi secara real-time yang lebih mulus dan optimal.

    Kemungkinan raksasa teknologi besutan Bill Gates juga bakal memasukkan aplikasi Android di Microsoft Store-nya. Peluang seperti ini memang ada, namun kita tidak tahu apakah benar terealisasikan atau belum bisa dalam waktu dekat.

    BACA JUGA:  iPhone 13, Mini, Pro dan Pro Max, Harga Beserta Spesifikasi Resminya

    Antara Android dan Microsoft

    Dalam urusan bisnis, Android sebenarnya terbuka untuk berkolaborasi dengan Microsoft. Namun tentu Microsoft dan juga Google memiliki PR besar untuk menghadirkan fitur yang menarik dan wujud integrasi yang lebih meyakinkan.

    Satu hal yang masih plin-plan adalah soal dukungan Google Play, yang mana ini menjadi cukup mustahil untuk mendapat izin dari Google. Dengan demikian, maka Microsoft akan terkena kebijakan seperti yang dialami Huawei atau mungkin mereka bisa menghadirkan store aplikasinya sendiri seperti Samsung.

    Sumber informasi ini juga menyebutkan sesuatu yang cukup krusial, dimana ada laporan yang mengatakan bahwa Microsoft akan lebih mengandalkan streaming aplikasi dengan teknologi Cloud PC. Ini juga memperkuat rumor mereka ingin membawa aplikasi Android ke Windows, sekaligus dengan OS Android itu sendiri.

    Related Posts