BeritaAplikasi

Whatsapp Pay Sudah Tersedia di India, Apakah Transaksinya Aman?

Pada tanggal 6 November 2020 kemarin, Whatsapp mulai menerapkan layanan pembayaran mereka yang bernama Whatsapp Pay di India. Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk mengirim uang kepada seseorang secara daring (online). Untuk mengirimnya sendiri, pengguna harus memiliki rekening bank, kartu debit dan lain-lain yang berhubungan dengan kartu rekening.

Oh iya sebelum dibagikannya fitur ini, Whatsapp sudah mendapatkan izin terlebih dahulu ya dari badan pembayaran retail India, yaitu National Payments Corporation of India (NPCI). Whatsapp Pay khusus India sendiri menggunakan infrastruktur pembayaran lokal, yaitu Unified Payment Interface (UPI).

Pemegang Semua Retail Pembayaran India, NPCI
Pemegang Semua Retail Pembayaran India, NPCI | Crypto Economy

Whatsapp Bekerjasama dengan 5 Bank India

Saat ini, Whatsapp telah bekerjasama dengan lima bank di India, diantara lain adalah ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, Jio Payments Bank dan State Bank of India. Whatsapp bekerjasama dengan lima bank tersebut agar pengiriman uang secara online dapat dilakukan. Jika tidak ada bank yang bekerjasama, sudah dipastikan layanan ini tidak akan berjalan.

Seperti yang dikatakan CEO Whatsapp sekaligus Facebook, Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan video, “sekarang sudah terdapat 10 bahasa daerah India dalam fitur Whatsapp Pay. Kami membuat berbagai bahasa tersebut dikarenakan warga India belum tentu mengetahui lancar bahasa sehari-hari yang dipakai. Oleh karena itulah terdapat 10 bahasa daerah, nantinya bahasa lain pun juga akan ditambahkan”.

Sebenarnya Whatsapp Pay ini bisa saja lebih cepat rilis di India. Namun malah terhambat dikarenakan belum mendapat lisensi pembayaran digital. Usaha ini mereka lakukan selama lebih dari 2 tahun lalu. Sebelumnya bank sentral India juga tak mengizinkan fitur ini, tapi akhirnya Whatsapp telah mendapatkan kemenangan mereka.

Ilustrasi Whatsapp Pay
Ilustrasi Whatsapp Pay | Business Standard

Whatsapp Digunakan 400 Juta Pengguna India

Whatsapp sendiri memang sangat ramai digunakan oleh rakyat India. Makanya layanan pengiriman pesan yang dimiliki oleh Facebook itu langsung meliriknya. Ngomong-ngomong, saat ini India sendiri memiliki 400 juta pengguna yang menggunakan aplikasi Whatsapp ini sebagai kebutuhan sehari-hari loh.

Untuk saat ini, belum ada informasi lebih lanjut apakah di Indonesia akan ada fitur Whatsapp Pay ini atau tidak. Tapi yang pastinya, karena tanah air kita adalah negara yang sering melakukan transaksi secara online, kemungkinan besar fitur tersebut akan segera hadir di Indonesia.


Sumber : CNN Indonesia

What's your reaction?

Related Posts