BeritaAplikasiMedia Sosial

TikTok, WhatsApp dan Platform Raksasa Lain Angkat Kaki dari Hongkong

Sebelum ngebahas soal WhatsApp yang kini keluar dari Hongkong, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Melanjuti Hong Kong yang tengah diberlakukan mulai tanggal 1 Juli kemarin, yaitu Undang-undang Keamanan Nasional baru. Sekarang berbagai layanan platform besar mulai hengkang dari negara tersebut, dalam hal ini salah satunya adalah WhatsApp.

UUD Keamanan Nasional Hong Kong Baru

WhatsApp membekukan layanan mereka atau memberi jeda ketika hukum keamanan nasional baru di Hong Kong mulai beroperasi. Dalam pernyataan resmi, WhatsApp dan induk perusahaan bahkan menyatakan akan segera menghentikan layanannya.

Namun ini bergantung pada lanjutan Pemerintah Hong Kong yang kini menunggu tinjauan lebih lanjut tentang dampak undang-undang tersebut, termasuk uji tuntas hak asasi manusia formal dan melakukan konsultasi dengan ahli hak asasi manusia.

Whatsapp Keluar Dari Hongkong By Teknodaim
Foto Unjuk Rasa di Hong Kong | Dunia.tempo.co

Tindakan yang sama juga diambil oleh TikTok dan Google. Raksasa Google itu bahkan langsung menghentikan semua permintaan akses data ketika hukum yang baru mulai berlaku. Kemudian, diikuti juga oleh Twitter yang kini membatasi akses layanan data.

WhatsApp yang keluar dari Hongkong serta keputusan serupa dari raksasa teknologi dan jejaring sosial lain adalah tindakan pertama dalam menanggapi undang-undang keamanan nasional baru Hong Kong yang dirumuskan China. Apa sih yang terjadi?

Undang-undang yang dimaksud pertama kali diusulkan bulan Mei, dimana Hong Kong sendiri dianggap dimerdekakan oleh China, akan mulai diatur dan dibatasi soal akses informasi dan kebebasan berbicaranya yang dimulai dalam beberapa bulan terakhir.

Lebih sederhananya, China akan menyetop peneran konsep satu negara dua sistem yang selama ini beroperasi, alias China ingin menghapusnya. Dengan adanya hal itu, unjuk rasa besar-besaran pun tak terhindarkan di Hong Kong bahkan sejak tahun lalu.

Sementara TikTok yang merupakan aplikasi asli besutan China segera menghapus aplikasinya dari Apple App Store dan Google Play Store di Hong Kong. Heeeeeem?


Sumber: Detik Inet

What's your reaction?

Related Posts